Uncategorized
1

Pengalaman Baru : Apa itu Istighfar (+2)

Syiroy May 21, 2015

 

Istighfar-white

Saya Adalah pengajar di salah satu sekolah swasta umum kejuruan di daerah sidoarjo, dalam 1 sekolah Saya berisi 4 jurusan, yang mana saya mengajar di salah satu jurusan teknologi setiap jenjang pendidikan berjumlah 1 kelas, dan mayoritas mereka adalah islam (Kelas 12 (33 Siswa 100% islam, kelas 11 (36 Siswa) 100% islam dan kelas 10 (37 Siswa) 95% islam).

Suatu ketika saya mendapati salah satu siswa mengucapkan kata-kata kotor  (Jan***) dengan fasihnya, Sesuai dengan kesepatan para guru hukumanya adalah membaca istighfar (Jika dia mengucapkanya 1x  maka membaca 100x, berlaku untuk kelipatan dalam mengucapkanya jika diucapkanya secara berulang-ulang).

Maka secara otomatis Saya memanggil siswa yang bersangkutan untuk di berikan teguran yang disertai dengan hukuman yang berupa mengucapkan istighfar sebanyak 100x , tetapi hal yang cukup mencengangkan adalah siswa tersebut tidak mengetahui bacaan istighfar itu apa. Sehingga hal tersebut menjadi keprihatinan Saya sebagai guru, walaupun di sekolah Saya swasta umum yang notabene jurusan teknologi tetapi hampir 99,50% siswa adalah beragama islam tetapi untuk bacaan istighfar saya tidak mengetahui.

Berawal dari kejadian tersebut Saya sebagai guru (terutama di jurusan teknik komputer & jaringan) merasa sangat prihatin akan kejadian tersebut, semenjak saat itu Saya berupaya membuat beberapa agenda yang dapat menguatkan karakter dan kepribadian yang mencerminkan tentang agama islam (karena tidak dapat di pungkiri porsi untuk mata pelajaran agama hanya 2 jam dalam seminggu, jangankan mempunyai waktu untuk membentuk kepribadian dan karakter siswa, untuk menyelesaikan materi yang dibebankan silabus yang ada terkadang kurang mencukupi.

Diantara beberapa agenda kegiatan yang Saya canangkan diantaranya meliputi :

  1. Membuat buku yang berisi checklist mengenai dasar-dasar agama, seperti : menguasai lafadz adzan dan iqomah, bacaan kalimat-kalimat thayyibah , do’a sehari-hari ,

syiroy.blogspot.com

Contoh Buku Checklist Kami

2. Dan juga di selingi dengan mengerjakan shalat dluha berjama’ah ketika waktu istirahat seminggu sekali yang di laksanakan pada hari senin.

3. Meluangkan waktu 15 menit setelah do’a bersama di awal pelajaran untuk membaca ayat-ayat suci a;-qur’an secara bersama-sama dan fasih (karna pada awalnya setelah berdo’a awal pelajaran langsung di lanjutkan dengan pelajaran seperti biasanya).

 

Untuk siswi yang menggunakan kerudung merah muda, itu adalah siswi yang keseharianya tidak menggunakan hijab (karena ada kegiatan seperti ini, dia mempunyai inisiatif khusus untuk kegiatan ini dia memakai Hijab) :)

Untuk siswi yang menggunakan kerudung merah muda, itu adalah siswi yang keseharianya tidak menggunakan hijab (karena ada kegiatan seperti ini, dia mempunyai inisiatif khusus untuk kegiatan ini dia memakai Hijab) :)

alhamdulillah dengan adanya kejadian tersebut, yang diikuti dengan agenda-agenda yang di rencanakan walaupun masih ada beberapa kendala yang menyelimuti  setiap kegiatan karena semua kegiatan agenda yang ada merupakan hal baru yang ada di sekolah kita. Jadi banyak yang harus di sesuaikan dengan aturan yang sudah berlaku. :)

1,793 total views, 1 views today

Tagged with:

Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Avatar of Syiroy
Syiroy

~ Dengarlah hai sobat, saat kau maksiat. ~ Dan kau bayangkan ajal mendekat ~Apa kan kau buat kau takkan selamat ~ Pasti dirimu habis dan tamat ~ bukan ku sok taat ~ Sebelum terlambat ~ Ayo sama-sama kita taubat

View all posts by Syiroy →

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!