Uncategorized
54

15 Semifinalis Acer Guraru Award 2013 (+11)

Pengelola Guraru November 15, 2013

 Setelah melalui proses verifikasi dan seleksi selama kurang lebih dua minggu sejak 30 Oktober 2013, Tim Pengelola Guraru telah berhasil menentukan 15 semifinalis dari 273 blog yang dinominasikan oleh lebih dari 2000 orang. Berikut nama-nama semifinalis tersebut!

1. Sukani

20131114_Profil_Sukani

Blog: http://okemat.blogspot.com

Profil Guraru: http://guraru.org/anggota/sukani

Sebagai bentuk dedikasi Pak Sukani terhadap pendidikan, khususnya Matematika, guru SMK Bakti Idhata Jakarta ini membuat Portal Matematika berisi berbagai media pembelajaran, perangkat e-learning, contoh tugas, dan sebagainya. Tujuannya, antara lain, untuk memfasilitasi proses pembelajaran Matematika dan meningkatkan motivasi serta semangat belajar siswa. Selengkapnya tentang Pak Sukani dapat dilihat di sini dan di sini.

2. Ramdhan Hamdani

20131114_Profil_Ramdhan

Blog: http://www.pancingkehidupan.com/

Profil Guraru: http://guraru.org/anggota/ramdan69

 Ramdhan Hamdani berprofesi sebagai guru TIK di SDIT Alamy Subang. Karya tulis singkat Pak Ramdhan di bidang pendidikan telah banyak dimuat di media cetak. Webnya pun berisi hal senada–sebagian besar merupakan opini tentang aneka fenomena di bidang pendidikan, khususnya pendidikan Indonesia. Ingin tahu lebih banyak? Silakan klik di sini.

 

3. Rochimudin

20131114_Profil_Rochimudin

Blog: http://pkndisma.blogspot.com

Profil Guraru: http://guraru.org/anggota/Rochimudin

Pak Rochimudin menjadi guru sejak tahun 2008 dan kini mengajar PKn di SMA Negeri 5 Semarang. Blog Hubungan Internasional berisi aneka perangkat pembelajaran; dibuat sebagai sarana pembelajaran siswa dan pembaca lainnya untuk semakin mengenal dan memahami segala hal terkait Hubungan Internasional dan Pendidikan Kewarganegaraan SMA. Simak profil lengkap Pak Rochimudin di sini.

 

4. M. Subakri

20131114_Profil_Subakri

Blog: http://ayomendidik.wordpress.com

Profil Guraru: http://guraru.org/anggota/ayomendidik

Ayo Mendidik merupakan salah satu dari dua blog milik Pak Mokhamad Subakri. Guru SDN Jambekumbu 01 Lumajang, Jawa Timur ini dibuat untuk para rekan pendidik, berisi informasi di bidang pendidikan, perangkat pembelajaran, cerita, dan berbagai artikel lainnya. Profil lengkap Pak M Subakri dapat diunduh di sini.

 

5. Etna Rufiati

20131114_Profil_Etna

Blog: http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Profil Guraru: http://guraru.org/anggota/etnarufiati 

Meski telah pensiun sebagai guru Kimia SMA di sekolah, Bu Etna Rufiati masih aktif mendidik dan belajar, salah satunya melalui blog Motivasi Belajar Plus ini. Bu Etna menulis tentang berbagai hal, mulai dari Kimia, kesehatan, lingkungan hidup, sampai kehidupan sehari-hari. Riwayat pendidikan dan pekerjaan Bu Etna dapat dibaca di sini.

 

6. Restiningsih

20131114_Profil_Restiningsih

Blog: http://msrestyshare.wordpress.com

Profil Guraru: http://guraru.org/anggota/msresty

 Bu Restiningsih, biasa dipanggil Ms Resty oleh para siswanya, berprofesi sebagai guru di SDN Sukasari 4 sekaligus Dosen di FKIP UNIS Tangerang. Blognya berisi contoh metode pembelajaran kreatif dan bahan ajar Powerpoint, khususnya untuk pelajaran Bahasa Inggris; serta info kegiatan untuk guru.

7. R Marpu Muhidin Ilyas

20131114_Profil_RMarpu

Blog: http://marfu78.com

Profil Guraru: http://guraru.org/anggota/marfu

Kabid Pendidikan, Pengawas Yayasan, dan Kepala Sekolah SMA-MA di Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta ini merasa perlu memiliki andil agar pendidikan karakter di Indonesia berkembang sebagaimana mestinya. Maka, Pak Marpu Muhidin Ilyas pun mengumpulkan tulisannya dalam sebuah website. Selain pendidikan karakter, blog Pak Marpu juga memuat pendidikan Agama Islam dan Mind Map sebagai salah satu metode pembelajaran. Klik di sini untuk info selengkapnya.

 

 8. Tri Goesema Putra

20131114_Profil_Tri_Goesma

Blog: http://trigps.blogspot.com

Profil Guraru: http://guraru.org/anggota/trigoesema

Nama Pak Tri Goesema Putra sudah pernah muncul sebelumnya sebagai salah satu semifinalis Acer Guraru Award 2011. Guru Kimia di SMKN 1 Bangkinang, Riau ini telah aktif menulis di blognya sejak tahun 2008. Dalam blog ini, Pak Tri Goesema berbagi berbagai materi dan aneka media pembelajaran Kimia, khususnya Kimia SMK.

 

9. Rudy Hilkya

20131114_Profil_Ruddy

Blog: http://fisikarudy.wordpress.com

Profil Guraru: http://guraru.org/anggota/rudy_hilkya_gmail_com

Pak Rudy Hilkya punya banyak cara menyenangkan untuk belajar Fisika bersama para siswanya di SMA Negeri 2 Palangkaraya, yang kemudian dimuat dalam blog pribadinya. Namun, meski berjudul Blog Guru Fisika, tak hanya metode pembelajaran dan hal-hal terkait pembelajaran Fisika yang dapat ditemukan di sana. Terdapat juga tulisan Pak Rudy dengan berbagai tema lainnya, baik akademis maupun nonakademis.

 

 10. Roni Yusron Fauzi

20131114_Profil_Roni

Blog: http://gurumuda.info

Profil Guraru: http://guraru.org/anggota/roniyusron

Sebagai guru di MI dan MTs Iqro sekaligus pengelola Rumah Baca AsmaNadia Garut, minat Pak Roni Yusron Fauzi di bidang sastra dan pendidikan dituangkannya dalam blog pribadinya. Blog ini berisi info kegiatan dan opini di bidang pendidikan, artikel-artikel bertema Agama Islam, serta karya sastra berupa puisi dan cerita. Selengkapnya tentang Pak Roni Yusron dapat dibaca di sini.

 

11. Isnani Shaleh

20131114_Profil_Isnaini

Blog: http://shaleholic.com

Pak Shaleh merupakan seorang guru yang ditempatkan di Kandangan, Daha Selatan, Kalimatnan Selatan. Dalam blog Shaleholic: Berbagi Lewat Blog, ia menuliskan opini-opininya, berbagi perangkat pembelajaran, informasi lomba dan beasiswa, artikel teknologi, dan lain-lain. Klik di sini untuk tahu lebih banyak!

 

12. M Yusuf Amin Nugroho

20131114_Profil_M-Yusuf

Blog: http://tintaguru.com

Profil Guraru: http://guraru.org/anggota/jusuf.an

Walaupun bukan guru Bahasa atau Sastra Indonesia, Pak M Yusuf Amin Nugroho dikenal sebagai sastrawan, dengan nama pena Jusuf AN. Ia sudah menelurkan beberapa novel, juga antologi puisi dan cerpen bersama. Webnya, Tinta Guru, menjadi wadah menampung buah pikiran dan mengembangkan bakatnya di bidang sastra; juga merupakan ruang belajar Fiqih untuk siswanya di MTs Negeri Wonosobo. Baca profil Pak Yusuf di sini.

 

13. Siti Mugi Rahayu

20131114_Profil_Siti

Blog: http://mugiekonomi.wordpress.com

Profil Guraru: http://guraru.org/anggota/mugirahayu

 Selain mengajar, Guru Ekonomi di SMA Al Muslim Bekasi ini juga aktif sebagai seorang blogger. Dalam blognya, Bu Siti Mugi Rahayu tak hanya menulis tentang pendidikan, tapi juga kejadian sehari-hari, opini, cerpen, dan resensi buku. Ibu empat anak ini mengaku tertarik pada pendidikan humanis, pendidikan yang manusiawi dan pemperhatikan tugas tumbuh kembang anak sesuai usia dan kemampuannya. Simak profil lengkap Bu Mugi di sini.

 

14. Bayu Widayat

20131114_Profil_Bayu

Blog: http://masbay.web.id

Mengajar Kompetensi Teknik Komputer dan Jaringan di SMK IT Smart Informatika Surakarta, blog Pak Bayu Widayat memang didominasi oleh berbagai informasi dan tips menarik seputar IT. Guru yang juga praktisi serta konsultan Web Design dan Web Programming ini juga siap membantu Anda dalam permasalahan website. Silakan kenali Pak Bayu lebih jauh di sini.

 

15. Isna Puryanta

20131114_Profil_Isna

Profil Guraru: http://guraru.org/anggota/isnapuryanta

 

Pak Isna Puryanta, yang juga dikenal di media sosial dengan nama Botaksakti, berprofesi sebagai guru Bahasa Indonesia di SMAK Samaria Kudus. Tulisannya di blog Guraru kebanyakan berisi opini di bidang pendidikan dan kejadian sehari-hari yang sederhana, namun mengena.

 

 

Terima kasih kepada Guraru yang sudah berpartisipasi pada Acer Guraru Award 2013 dan selamat bagi yang terpilih! Silakan kunjungi blog dan halaman profil Guraru yang telah tercantum di atas jika ingin mengenal lebih jauh sosok serta tulisan para semifinalis terpilih. Jangan ragu juga untuk memberi ucapan selamat :)

Minggu depan kami akan mengumumkan 3 finalis yang terpilih dan akan diundang ke Jakarta untuk menghadiri Kopdar pertama Guraru sekaligus penganugerahan pemenang Acer Guraru Award 2013 yang akan diadakan Sabtu, 23 November 2013. Acara ini juga akan dihadiri oleh seluruh pemenang Acer Guraru Award sebelumnya.

Nantikan informasi selengkapnya mengenai Kopdar pertama Guraru dan pengumuman pemenangnya, Guraru! :)

 

2,220 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (54)

  1. Avatar of Bu Etna @gurutematik

    Terima kasih banyak pak Dwi, selamat juga pada pak Yusuf. Insya Allah kita dapat melayani bangsa dengan sebaik-baiknya sampai kapanpun dengan terus meningkatkan diri sesuai perkembangan jaman dan sikon negara dan bangsa Indonesia yang tercinta. Semoga generasi emas dapat terwujud, amin YRA. Terima kasih kepada seluruh Guraru yang terus give and take dan saling mendukung, terima kasih kepada pengelola Guraru yang selalu memberikan fasilitas. Salam perjuangan untuk semua Guraru.

  2. Avatar of mokhamad subakri

    Alhamdulillah
    terima kasih Ya Allah
    terima kasih Pengelola guraru.org atas kepercayaanya
    terima kasih GURARU INDONESIA
    terima kasih Bp/Ibu guru yang sudah mendukung dan setia ke http://www.ayomendidik.wordpress.com
    terima kasih buat istriku yang banyak bersabar melihat sy sering di depan laptop
    terima kasih buat siswa-siswiku anak desa yang selalu mendoakanku
    terima kasih buat semua yang sudah berbuat baik
    semoga semua ini barokah ….. :) :) :)
    buat semua guraru yang belum masuk 15 besar TETAP SEMANGAT terima kasih atas ilmu yang sudah dibagi MAJU TERUS PENDIDIKAN INDONESIA ;)

  3. Avatar of Taufik Ibrahim

    Selamat bagi para guraru yang telah berhasil menjadi semifinalis Acer Guraru Award tahun ini. Ke-15 semifinalis di atas tentunya diharapkan bisa jadi inspirasi dan motivasi bagi para guru untuk aktif ber-sosial media, nge-blog serta aktif menulis artikel sembari sharing ilmu seputar dunia pendidikan dan ICT Literate ! :)

  4. Avatar of Urip Kalteng

    Luar biasa… Guraru (guru era baru) persembahan Acer Indonesia sebagai bukti keperdulian terhadap pendidikan (Guru) Indonesia. Sudah berjalan di tahun ke-4 Acer Guraru Award ini mantap. Semoga tahun depan masih tetap berlanjut untuk memberikan motivasi kami guru Indonesia. Acer Indonesia adalah satu-satunya produsen perangkat TIK yang begitu masif memberikan banyak dukungan buat pendidikan. Saya suka ACER Indonesia :)
    Selamat yang terpilih dalam 15 finalis ini.
    Ayo rekan guraru kita optimalkan blog dan media sosial lainnya untuk saling mencerahkan dan berbagi. Kesempatan akan selalu ada di waktu berikutnya jika kita mau terus berbagi demi kemajuan diri dan rekan guru serta peserta didik kita.

  5. Avatar of Bu Etna @gurutematik

    Alhamdulillah, terima kasih ya Allah, hamba masih mendapat kesempatan untuk bergabung dengan Guraru yang amat peduli pendidikan bangsa ini. Rekan-rekan Guraru, Insya Allah saya masih dapat terus berupaya mendampingi Guraru dalam mengoptimalkan layanan pendidikan bangsa di era cyber ini, dalam usiaku yang tinggal setegak. Allahu Akbar, Allah Maha Besar.

  6. Avatar of Blasius Mengkaka

    Saya ucapkan selamat kepada 15 finalis Guraru Award 2013. Kalian semua ialah guru-guru yang hebat dan berdedikasi. Terima kasih berlimpah juga patut saya sampaikan kepada pengelola Gurau Award 2013 atas kerja keras dan komitment untuk dunia pendidikan Indonesia. Maju terus pengelola Guraru dan rekan-rekan Guraru. Salam sukses

    Blasius Mengkaka
    http://blasmkm.com

  7. Avatar of Pak Sukani @gurumelekIT

    Terimakasih pengelola Guraru atas sharing pengumuman 15 semifinalis Acer Guraru Award 2013.

    Alhamdulillah puji syukur ya Allah saya bisa masuk semifinalis. Bagi saya semua guraru adalah pemenangnya karena telah dengan ikhlas berbagi, sharing pengetahuan dan pengalamannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Guraru Jangan ragu untuk terus berbagi dan memberikan manfaat buat orang lain dan untuk Indonesia.

    >>>>>”Memberi tanpa mengharapkan balasan karena ikhlas akan menghasilkan hasil yang tak terhingga”<<<<<

    Guraru tetap semangat dalam melayani anak-anak bangsa ini dan semoga apa yang guraru lakukan, sekecil apapun itu akan dicatat dan mendapatkan balasan dari Allah SWT. Mari kita laksanakan tugas dan kewajiban kita sebagai guru dengan penuh tanggungjawab dan sebaik-baiknya.

    Terimakasih ACER Indonesia. Guraru tetap jaya.!

    Salam hormat buat guraru semuanya.

  8. Avatar of

    Saya ucapkan selamat kepada 15 finalis. Selamat berkarya dan menjadi inspirasi bagi negeri. Kepada pengelola guraru dan juri saya haturkan terima kasih dan apresiasi mendalam. Tentu bukan pekerjaan mudah memilih 15 dari 273 blog guru yang pasti memiliki kelebihan masing-masing. Bahwa info ini diposting sekitar tengah malam, mengindikasikan kerja keras dari pengelola. Semoga menjadi bagian dari amal salih, sebab yang saya pahami guraru hadir untuk kemaslahatan bangsa ini.

    Untuk sahabat guraru yang tidak terpilih sebagai finalis, secara pribadi saya kutipkan perkataan Sayidina Abu Bakar saat di baiat jadi Khalifah, ” لست بخيركم” Saya bukanlah yang terbaik.” Barangkali karena kesesuain dengan kriteria juri www[dot]marfu78[dot]com terpilih -Wallahu A’lam-, bukan berarti 258 blog guraru lainnya memiliki tidak istimewa. Saya meyakini setiap blog punya kelebihannya masing-masing.

    Namun demikian, saya mendukung komentar pa @sofwani ini:”…Sekdar masukan saja >>> Skornya berapa tuh yang masuk semifinalis ? Dengan kriteria apa saja biar kelihatan objektif…”

    Selamat kepada 273 guraru dengan 273 blognya. Prestasi yang luar biasa untuk para anggota guraru, pengelola, juri, dan tentu saja Acer.

  9. Avatar of Sawali Tuhusetya

    Rekan-rekan sejawat yang luar biasa. Selamat buat para semifinalis, semoga makin inovatif dan menginspirasi rekan-rekan sejawat yang lain dalam berperan serta mendinamiskan dunia pendidikan melalui “laboratorium virtual” yang selama ini tengah berada di persimpangan jalan. Guraru, saya kira bukan kompetisi blog biasa. Selain blog sebagai yang unsur utama, ada unsur lain yang dijadikan sebagai pertimbangan. Dedikasi terhadap dunia pendidikan dan kemampuan berjejaring sosial, baik offline maupun online, misalnya, saya kira menjadi ranah yang layak untuk disentuh. Selamat memasuki dunia Guraru yang sesungguhnya!

  10. Avatar of Rudy Hilkya

    Salam hangat kepada para guraru, salam inspirasi membangun negeri membangun putra putri bangsa menjadi warga negara yang terkemuka dan bermartabat, berkarakter bangsa
    Selamat kepada tiim juri dan pengelola guraru yang memberi kesempatan bagi semifinalis yang bakal harap-harap cemas.

    Salam kenal dan semoga bisa berjumpa dengan Bapak Ibu Guru hebat di media sosial ini

  11. Avatar of M. Yusuf Amin Nugroho

    Iya, fotoku ketukar dengan pak Marpu, syukurlah sudah diperbaiki.
    ……….
    Sepertinya, saya sudah tahu siapa ketiga finalisnya. Mungkin mereka sudah dihubungi panitia. Mungkin lho… eh, tapi 3 finalis itu pastilah di antara 15 orang di atas, mungkin anda. Tapi saya percaya, panitia dan juri tentu sudah memilih yang terbaik di antara yang baik. jadi, kalau bukan saya atau anda, ya tidak apa-apa. Teruslah ngeblog, dan berbagi. hehe..
    pengen ke ikut Kopdar juga, semoga ada modal (sempat, sehat, ragat).
    jabat erat semuanya. jaga kesehatan ya, sudah masuk musim hujan nih.

  12. Avatar of Pengelola Guraru

    Selamat siang Guraru,

    Terima kasih untuk dukungan dan masukan kepada panitia mengenai kriteria penilaian. Pada tahap verifikasi seluruh peserta dan penilaian semifinalis, panitia melakukan proses scoring dengan cara:

    1. Kuantitatif:
    – Berdasarkan jumlah dukungan yang didapat masing-masing peserta
    – Penilaian terhadap aktivitas online individu baik di blog pribadi maupun komunitas Guraru

    2. Kualitatif:

    Melihat konten blog dan aktivitas peserta di sosial media, yang mencakup:

    – Aktif berinteraksi dan berdiskusi terkait pendidikan di blog, media sosial dan komunitas Guraru
    – Konsistensi berbagi seputar materi pendukung pendidikan misalnya education resources, tips mengajar, tutorial pada blognya masing-masing
    – Aktif berjejaring dengan rekan guru dan lainnya baik secara online maupun kegiatan offline

    Semoga dapat menjawab pertanyaan Guraru sekalian.
    Sekali lagi selamat untuk 15 semifinalis!

    Jangan lupa untuk mendaftar Kopdar Guraru di: http://award.guraru.org/daftar-kopdar/ :)

  13. Avatar of

    Alhamdulillah, pengelola guraru sudah berbagi kriteria penilaian. Pertanyaan pa @sopwani dan guraru lainnya terjawab sudah. Mari lakukan yang terbaik. Terima kasih tim juri dan pengelola, walaupun sebenarnya saya masih merasa berkekurangan, saya bersyukur dan tentu saja senang akhirnya terpilih juga jadi 15 semifinalis. Menurut sahabat guraru, apakah saya pantas masuk 3 besar?

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!