2

Yuk, Belajar Menjadi Guru Digital (+2)

Hindraswari D May 27, 2017

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tidak dipungkiri telah menyebabkan perubahan pada dunia. Apapun profesi kita saat ini kita selayaknya dapat menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi. Jika dulu seorang pendidik adalah pusat belajar, maka saat ini fungsi guru bergerak menjadi fasilitator.  Guru bukanlah satu-satunya sumber belajar. Sekarang anak didik bisa mendapatkan sumber belajar dari mana saja. Internet seperti sebuah perpustakaan besar, yang di dalamnya beribu bahkan bermilyar informasi bisa diakses dengan mudah. Guru harus berani berganti peran.  Apa yang dimaksud dengan berganti peran dan apa yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang guru digital?

Guru digital adalah sosok guru yang dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) erat dengan dunia digital seperti internet dan penggunaan program aplikasi.

Bagaimana menjadi seorang guru digital?

Sebagai fasilitator guru turut berpartisipasi dalam memberikan pelayanan untuk memudahkan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran. Teknik pembelajaran berbasis TIK perlu dikuasai oleh pendidik untuk menarik minat belajar siswa. Tidak itu saja, pemanfaatan TIK di dalam kegiatan belajar mengajar juga diharapkan bisa mengarahkan siswa untuk dapat menggunakan teknologi secara cerdas dan bijak.

Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi maka guru pun diharapkan mampu menggunakan dan memanfaatkan berbagai program aplikasi yang tersebar di internet.

    Beberapa program aplikasi di internet yang penulis gunakan untuk membantu proses KBM

  1. Slideshare
    Adalah website berbagi slide presentasi online terbesar di dunia. Di sini penulis mengunggah slide-slide presentasi yang digunakan untuk materi ajar. Tidak hanya siswa, guru atau siapapun dapat melihat dan mengunduh slide tersebut. Bagi peserta didik, slideshare juga membantu mereka untuk menemukan materi dan informasi yang bermanfaat. Sementara bagi guru, keterlibatan mereka di slideshare dapat memberikan kebermanfaatan untuk menyalurkan ide dan memperluas wawasan untuk mengembangkan profesi.
    slide

  2. Blog
  3. Penulis menggunakan blog untuk meletakkan materi pengajaran baik berupa artikel pendek, slide presentasi, video, audio, dan lain-lain. Di sana siswa juga dapat membaca materi ajar yang belum dikuasai.  Bagi guru, blog juga bisa menjadi tempat portofolio digital. Dengan blog, baik siswa dan guru dapat meningkatkan kemampuan dalam menulis, berpikir, dan berkomunikasi.
    blog

  4. Youtube
  5. Adalah sebuah situs web yang memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Di sini penulis juga meletakkan video klip karya siswa dan penulis sendiri untuk mengembangkan materi ajar.
    youtube

  6. Scribd
  7. Scribd adalah situs web berbagi dokumen. Di sini pengguna terdaftar dapat mengunggah file dokumennya dalam berbagai format serta menyimpan dokumen dalam format ipaper. Penulis menyimpan dokumen karya ilmiah dan tulisan pendek di situs Scribd.
    scribd

  8. Dropbox
  9. Adalah layanan penyimpanan data berbasis web cloud yang memungkinkan para pengguna untuk menyimpan serta berbagi data dengan pengguna lain di internet. Penulis meletakkan file-file dokumen yang diperlukan untuk mengajar di dropbox. Dengan sistem penyimpanan cloud maka penulis bisa membagi file ajar ke seluruh murid secara lebih mudah. Berbagi file dengan cara ini tentu saja lebih aman dan cepat dibandingkan bertukar flash disk.

    Sementara layanan internet lainnya seperti facebook, twitter, dan media sosial lainnya penulis gunakan untuk belajar dengan komunitas online yang mendukung mata pelajaran yang penulis ampu. Tentu masih banyak program aplikasi yang dapat guru digital manfaatkan untuk media belajar bagi siswa-siswanya. Nah, siap menjadi Guru digital?

    “Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

    1,460 total views, 3 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar