6

Video Kimia Terapan: Cara Hidup Sehat yang Mudah dan Murah (+7)

Bu Etna @gurutematik March 24, 2014

Selamat Pagi Guraru. Insya Allah kita semua selalu sehat wal afiat. Saat ini cuaca kurang baik, sedang kesibukan kita yang memadat tak mungkin ditinggalkan. Untuk itu perlu sekali kita memperhatikan kesehatan anggota keluarga. Kita harus mengontrol keseimbangan tubuh agar tetap sehat sepanjang hari. Walau buruknya cuaca tampaknya disebabkan oleh alam, namun ternyata rusaknya alam akibat dari perbuatan manusia.

Untuk menuju hidup sehat tidaklah sesulit dan semahal yang dibayangkan. Insya Allah ketika kita mau membaca dan menulisnya, kemudian menerapkannya, apapun menjadi mudah, murah, dan aman. Pelajaran hidup sehat ini dipelajari oleh siswa di sekolah menengah dan juga diberikan kepada ibu-ibu PKK, perkantoran, bahkan kami para pensiunanpun mendapatkan pelajaran ini. Hal ini juga diberikan secara periodik. Misalnya kami pensiunan, setiap bulan tanggal 5 mendapat penjelasan hidup sehat, tanya jawab, dan ada makanan kecilnya. Anjuran ke dokter keluarga untuk kontrol hidup sehat juga setiap bulan, dapat vitamin dll, termasuk cek kesehatan yang terjadwal.

Sayang sekali, ketika pelajaran terapan ini semestinya dibahas, kadang terjadi sesuatu pemikiran yang menyebabkan pembelajaran menjadi sangat abstrak. Terapan kadang hanya sekilas info yang tak ada penekanannya, apalagi contoh dan bukti nyata dari kita. Karena saya guru kimia dan hidup ini sebenarnya tiada hari tanpa kimia, maka saat ini amat perlu bagi saya mengajak seluruh sahabat, termasuk siswa untuk menyadari pentingnya hidup sehat dan mencari cara mudah dan murah untuk melakukannya. Kita haruslah memperhatikan faktor ekonomi, sebab kekacauan ekonomi juga sebagai salah satu penyebab menurunnya kesehatan keluarga.

Agar tubuh kita terjaga kesehatannya, kita perlu mengatur menu makanan dan minuman. Berikut saya sematkan video kesehatan. Walau dalam bahasa Inggris, namun bahasanya mudah dan umumnya siswa mengerti dan menyukainya. Menerapkan pelajaran bahasa Inggris dalam kimia, kata mereka, hehehe. Video ini membahas tentang pH, yaitu derajat keasaman atau kadar asam basa.

Berapakah harga pH agar kesehatan tubuh kita optimal? Kita harus mengacu pada pH darah. Harga pH darah sekitar 7,3 – 7,4. Berarti darah kita relatif netral dan sedikit bersifat basa. Dianjurkan agar kesehatan tubuh kita mencapai optimal, sebaiknya pH tubuh diatur hingga berada di sekitar pH darah. Makanan yang baik dikonsumsi adalah makanan yang cenderung basa, karena lambung kita sudah bersifat asam. Namun tidak mudah memilih makanan yang bersifat basa, sebab kebanyakan makanan yang enak rasanya, bersifat asam. Itulah sebabnya, konsumsi makanan setiap hari umumnya asam.

Apa yang terjadi ketika makanan kita terlalu asam? Akan menimbulkan banyak penyakit. Mengapa? Yang jelas virus dan bakteri laju perkembang biakannya akan meningkat apabila di sekitarnya bersifat asam. Berarti asam merupakan media reproduksi yang baik bagi virus dan bakteri. Nah itu saja sudah menunjukkan bahwa terlalu asam akan membuat kita sering sakit atau dikatakan hari demi hari kesehatan menurun.

Gambar dan penjelasan dari video berikut Insya Allah dapat membantu kita untuk memilih asupan yang tepat, murah, dan mudah. Jika kita perhatikan, ternyata mayoritas asupan dianjurkan banyak sayur dan buah, di samping protein yang amat penting dan karbohidrat secukupnya. Sebab sifat basa dari mineral (ion-ion) akan membantu keseimbangan pH darah sehat dan serat-seratnya pun membantu membuang sisa makanan yang tak diperlukan tubuh, seperti kelebihan minyak/lemak yang dikenal sebagai TG = trigliserida, kolesterol jahat dll. Semoga bermanfaat, amin. Salam sehat.

 

272,301 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (6)

  1. Thx kepada silent reader, Insya Allah layanan pendidikan yang kita upayakan baik di dunia maya maupun nyata dapat membuat siswa tersugesti hingga niatnya amat kuat dalam meraih cita-citanya yg tinggi, demi masa depan yg gemilang, hidup sehat, lancar dan sukses. Amin.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar