14

Tugas Proyek Tentang Pahlawan Wanita (+6)

Bu Etna @gurutematik April 21, 2014

Selamat Siang Guraru. Insya Allah kita semua selalu sehat wal afiat. Hari ini Senin, 21 April 2014, ditetapkan menjadi Hari Kartini. Beliau adalah salah satu pahlawan wanita yang telah memperjuangkan emansipasi kaumnya. Mengapa kenangan kepada Ibu Kartini begitu luar biasa jika dibandingkan dengan pahlawan wanita lainnya? Dari pertanyaan ini, tentulah dapat bermunculan pertanyaan-pertanyaan yang lain. Oleh sebab itu saya langsung membuat tugas proyek ini.

Ibu Kartini

Dalam proyek ini siswa dapat bekerja sendiri atau berkelompok dan diharapkan hasil proyeknya dapat menjawab permasalahan yang dirumuskan sendiri oleh siswa. Tema proyek tentang perjuangan Kartini. Siswa dapat pula membandingkan perjuangan Kartini dengan pahlawan wanita yang lain.

Langkah kegiatan proyek meliputi:

  1. Merumuskan masalah.
  2. Merancang kegiatan proyek.
  3. Melaksanakan proyek.
  4. Menyusun laporan.
  5. Presentasi laporan.

Proyek hendaknya dilaksanakan melalui kolaborasi dengan teman, saudara/keluarga, masyarakat terdekat. Apabila memerlukan bimbingan, dapat dilakukan melalui socmed. Tugas proyek ini dapat dikerjakan oleh siapa pun dan dipersilakan berkonsultasi. Untuk anak-anak SD, tugas ini dapat disederhanakan, bergantung pada kebiasaan yang telah dan sedang dilaksanakan di sekolah. Untuk tugas paling sederhana, anak-anak dapat membuat suatu karangan, menulis kisah ibu kita Kartini.

Sehubungan dengan tugas proyek ini, berikut saya sematkan 2 buah video sejarah Ibu Kartini dari YouTube, part 1, part 2, dan part 3. Siswa dianjurkan merumuskan masalah berdasarkan pembahasan di segala media masa, atau mengikuti kisah R A Kartini dari ke tiga video berikut. Dari gambar yang saya pilih di atas, siswa juga diharapkan dapat menalar tulisan yang tertera di sana. Sebagai contoh, kalimat “Habis gelap terbitlah terang.” Apa artinya? Apa yang gelap? Mengapa dari gelap menjadi terang? Sejauh mana kegelapan tersebut? Apa contoh-contoh yang menunjukkan bahwa tak ada kegelapan lagi?

Bangsaku, mari kita lanjutkan perjuangan para pahlawan, termasuk perjuangan ibu Kartini. Oleh sebab itu, ayolah menulis. Kerjakanlah proyek ini, Insya Allah saya juga selalu menulis. Salam sukses.

 

3,904 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (14)

  1. Amin ya rabbal alamin. Thx pak Nur. Hehehe bpk bisa saja. Sebenarnya apa pun dpt dipelajari baik melalui proyek atau metode lainnya. Proyek bisa open ended, banyak memberi peluang siswa untuk mengembangkn diri dlm belajar. Insya Allah melalui PBL banyak aspek dpt tercover. Ayo kutunggu tulisan bpk. Salam sukses.

  2. Hehehe iya pak Isna begitulah. Sebenarnya ide membahas tentang hari Kartini sudah ada. Namun setelah membaca artikel bpk maka saya ganti artikel ini dg menugaskan siswa utk membahasnya. Eh tadi wkt home schooling ada yg mengatakan bhw sebaiknya diadakan lomba menulis tentang Kartini. Hahaha sdh terjwb ya, pak Rasyid juga menekankannya. Sip. Thx ide dan responnya. Salam.

  3. Amin ya rabbal alamin. Thx so much responnya pak Restu. Sibuk sekali ya bpk.? Hehehe semua pada sibuk. Kalau ada waktu luang, ayo pak, posting artikelnya biar web ini tak terasa sepi. Kemarin seharian tak ada yang posting. Insya Allah kesibukan kita membawa berkah, termasuk pendidikan yang selalu kita perjuangkan. Amin. Salam sukses dan sehat selalu.

  4. Pak Isna, alhamdulillah bpk telah meminta siswa untuk benar-benar “Berburu Kartini.” Sebenarnya saya juga sedang berburu Kartini dan saya melihat sendiri acara yang saya tunggu-tunggu. Saya menemukan acara sesuai dengan hati nurani kita, walau kadarnya sekian %. Alhamdulillah. Salam.

  5. Terimakasih bunda Etna atas sharingnya. Tugas proyek ini pas sekali dimana bulan ini diperingati hari Kartini. PBL nya di sekolah dapat berupa PBL tentang pahlawan wanita atau hal lainnya yang masih berhubungan dengan perjuangan kaum wanita. Saya yang berasal dari Rembang tempat dimana RA.Kartini dimakamkan tepatnya di Bulu Mantingan, menjadi rindu ingin pulang kampung. Hmzzz…

    Saya berikan Vote bun. Tetap semangat dan jaga kesehatan. Oh ya, saya senang melihat video-video tersebut.

  6. Sama-sama pak Sukani. Thx respon dan votenya. Iya pak, ibu Kartini ada dalam sejarah disebabkan oleh tulisannya. Maka kita dapat menugasi siswa untuk membahas kisah perjuangan Kartini dalam bentuk PBL agar anak bangsa dapat melanjutkan perjuangan Kartini di era cyber ini. Insya Allah tentang emansipasi wanita tak disalah artikan.

    Wah bpk dari Rembang ya, hehehe makanya bpk tertular virus menulis lebih dahulu, hehehe. Videonya sengaja saya carikan yang agak detail, namun dilarang mengcopy. Ya menontonnya kan bisa online. Saya sendiri sudah 2 x menyetelnya. Salam sehat selalu.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar