17

Tugas Proyek Dalam Upaya Menjaga Lingkungan Hidup (+6)

Bu Etna @gurutematik April 23, 2014

 

Selamat Siang Guraru. Insya Allah kita selalu sehat wal afiat. Dalam memperingati Hari Kartini, saya telah meminta anak-anak untuk tetap melakukan PBL, namun temanya khusus tentang perjuangan ibu Kartini. Kami yang memposting artikel pada 21 April 2014 berpikiran sama dan Insya Allah semua guru demikian pula. Kami sependapat bahwa seyogyanya memperingati hari Kartini dengan menulis; seperti artikel dari pak Isna dan pak Rasyid.

Dari salah satu respon artikel PBL pahlawan wanita, pak Isna menulis tentang “Berburu Kartini.” Ternyata kami berdua benar-benar melakukan perburuan itu, hehehe. Alhamdulillah pak Isna mewujudkannya dengan PBL dan siswanya Insya Allah sedang berburu. Pada 22 April saya menyaksikan anak-anak PAUD mengikuti lomba Kartini dengan berpakaian khusus. Ada yang menjadi polisi, suster, dokter, ibu rumah tangga, dll di Cito Plaza Surabaya.

Peringatan Kartini seperti di atas rasanya memang sudah umum. Namun ada suatu beda yang amat menggembirakan. Anak-anak PAUD itu ditanya satu demi satu dan beberapa berani sekali menjawab dengan lantang. Jawaban sesuai dengan pertanyaan; ini sudah cukup bagi saya untuk membuktikan bahwa lomba ini juga mengacu pada pendidikan. Di bagian lain ada sekelompok anak dan orang tua sedang duduk di lantai. Si gadis kecil itu mendengarkan tanya jawab lomba Kartini. Kemudian dia meminta kertas dan pensil pada ibunya. Dia menulis tentang Kartini yang gambarnya terpampang besar di podium. Alhamdulillah, saya turut bangga.

Ketika saya duduk di sudut ruang acara lomba Kartini tersebut, saya membuka Youtube untuk berburu Kartini lagi. Alhamdulillah saya juga menemukan sesuatu yang amat membanggakan. Majulah Kartini Indonesia, Kartini Era Baru, Kararu, saya bergumam. Saya segera pulang dan menulis artikel ini.

Dari Liputan6.com, Bogor: saya memperoleh suatu berita yang luar biasa. Pengenalan lingkungan hidup yang selama ini terus disosialisasikan ke mana-mana dengan berbagai cara, ternyata ada suatu lain yang unik. Kampanye lingkungan hidup dilakukan dengan bermain monopoli. Aneh Ya? Ini nyata lho. Seorang mahasiswi Institut Pertanian Bogor, Annisa Hasanah telah menciptakan permainan “Eco monopoly” untuk mengenalkan lingkungan hidup ke anak-anak sekolah dan masyarakat. Permainan monopoli yang biasanya itu telah disulap menjadi permainan edukatif ramah lingkungan. Subhanallah. Kartini Indonesia, saya bangga padamu. Menurut Liputan6.com ananda Annisa menyatakan:”Saya ingin menciptakan permainan yang ramah lingkungan. Dengan permainan itu diharapkan anak-anak tahu bagaimana menjaga lingkungan,” Ahad (27/11).

Berdasarkan perburuan di atas, maka saya membuat tugas proyek dalam upaya menjaga lingkungan hidup. Proyek ini dapat dilakukan sesuai tingkat pendidikan anak. Untuk anak PAUD tentunya dapat dilakukan dengan menggambar lingkungan yang bersih, atau menggambar cara membuang sampah, membersihkan ruang belajar, atau sejenisnya. Anak SD hingga SMA atau yang sederajat dapat ditingkatkan penalarannya dan kelengkapan tugas proyeknya. Insya Allah anak-anak mampu secara mandiri atau kelompok menghasilkan suatu karya, dari perumusan masalah hingga berkolaborasi dan menyusun laporannya dalam berbagai bentuk. Berikut saya cantumkan beberapa gambar dan video PBL ananda Annisa Hasanah. Insya Allah menginspirasi.

Gambar 1: Ananda Annisa Hasanah

Annisa Hasanah

Gambar 2: Game edukatif Eco monopoly untuk pengenalan lingkungan hidup yang berhasil diciptakan oleh Ananda Annisa Hasanah.

game edukatif 1

Gambar 3: Ananda Annisa sedang mengenalkan lingkungan hidup melalui eco monopolinya.

Eco monopoli 2

Gambar 4: Pemberian hadiah kepada pemenang

Eco monopoli 1

 

3,916 total views, 5 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (17)

  1. Amin YRA. Thx Pak Saleh. Teruslah menulis Pak, membuat catatan tentang masing-masing anak, menyusun soal, membuat kumpulan pertanyaan dan jawaban yang akan disampaikan ke anak, membuat catatan yang akan dijelaskan sis, menulis kegiatan kita di buku harian, dll Insya Allah tak terasa tulisan akan makin bagus. Begitu pula cara saya dulu dan cara itu selalu ku tekankan ketika saya mendidik siswa. Begitu pula hal itu saya tekankan ke guru ketika awal menjadi instruktur di tahun 80. Saat ini saya ingin sekali mendampingi bpk dan semua guru untuk terus menulis. Ibu Kartini juga menulis hehehe. Terus menulis ya Pak, Insya Allah bpk bisa. Salam perjuangan.

  2. Amin YRA. Thx Pak Nur, benar begitulah. Sebenarnya telah banyak Kartini Indonesia di era cyber ini yang sedang melanjutkan perjuangan para pahlawan dan bermanfaat bagi pendidikan. Walau kadang peringatan hari Kartini agak membelok dari tujuan ibu Kartini. Iya Pak, PBL bisa berupa game edukasi. Bahkan pengenalan lingkungan hidup bisa melalui permainan. Subhanallah. Ananda Annisa adalah Kartini era baru. Amin. Salam sukses Pak. Ayo teruslah menulis, saya selalu menunggu tulisan bpk.

  3. Terimakasih bunda Etna atas sharingnya. Luar biasa dan hebat. Pak Isna dan Bunda memiliki kesamaan dalam berburu kartini dan mewujudkannya dalam PBL. Game edukatif Eco monopoly untuk pengenalan lingkungan hidup oleh Ananda Annisa Hasanah menjadi inspirasi bagi kita semua sebagai guru untuk memotivasi anak agar terus berkarya dalam PBL. Hasilnya akan sungguh luar biasa jika proyek dari PBL tersebut memiliki hasil atau karya yang bermanfaat untuk pendidikan.

    Iya, saya sependapat ananda Annisa adalah kartini era baru (Kararu). Saya berikan Vote bun. Apa kabar? Semoga sehat selalu dan sukses!

  4. Amin ya rabbal alamin. Terima kasih banyak pak Sukani atas motivasi dan votenya. Kami beberapa Guraru masih terus saling memotivasi untuk berjuang menulis dan memposting PBL dengan segala upaya semampu kami. Hal ini kan bertujuan untuk memenuhi tema admin. Saya memang sedang berjuang untuk dapat mengisi masa pensiun ini dengan sesuatu yang mungkin bermanfaat bagi yang lain, khususnya dalam hal peningkatan pendidikan sesuai abad ke 21. Hehehe tampaknya kok ideal sekali. PBL ananda Annisa sungguh luar biasa. Saya kagum sekali. Insya Allah bangsa kita yang mengetahui hal ini akan terinspirasi. Wah sibuk sekali ya pak. Salam sehat selalu.

  5. Hehehe ada yang terlewat, maklum sudah lansia. Kami baik-baik saja pak Sukani, sehat wal afiat. Insya Allah akan segera ke Jakarta lagi.

    Sepakat ya, ananda Annisa Hasanah adalah Kararu, Kartini Era Baru, hehehe. Dia berarti juga Guraru . Dia mampu mendidik anak-anak sekolah untuk peduli lingkungan hidup dengan Eco Monopoly Ramah Lingkungannya itu. Luar biasa. Insya Allah kita bisa seperti dia. Salam.

  6. Insya Allah pak Sukani. Kami sekeluarga Jumat sd Minggu, 25 – 26 April 2014. Kemudian saya sendirian (pak Bambang di AS 6 bln) akan balik Jkt – Sukabumi lagi Kms sd Sabtu tgl 1 – 3 Mei 2014, sebab ada acara pernikahan lagi. Bolak-balik sebab 30 April ada pertemuan para pensiunan dan 4 Mei ada acara ngeblog di Sby. Insya Allah bisa kopdaran ya. Mungkin saya akan off dari PBL, namun Insya Allah masih bisa membaca artikel Guraru dan meresponnya. Laptop tak pernah jauh kok, hehehe. Salam.

  7. Amin ya rabbal alamin. Ibuuuu … kangen.Insya Allah sehat semua. Bagaimana kabarnya nih para pembina Kartini era baru? Hehehe ayo bu posting di sini lagi. Iya bu melanjutkan perjuangan para pahlawan kan setidaknya secuil dpt meniru beliau2 itu hehe. Thx responnya bu. Ayo bu nih hampir sepi lho. Semua sibuk. Bu saya sore ini ke Jkt. Salam sehat selalu.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar