3

TRIP OBSERVASI KE 8 SMP DIPONEGORO 1 (+2)

jarkasih ishaq November 8, 2014
TRIP OBSERVASI SMP DIPONEGORO 1

TRIP OBSERVASI SMP DIPONEGORO 1

Akhir bulan Oktober, tepatnya hari Rabu, Kamis, Jum’at, tanggal 29, 30, 31 tahun 2014 lalu bertempat di Lembang Bandung, Jawa Barat, SMP Diponegoro 1 Rawamangun, Jakarta Timur kembali menyelenggarakan kegiatan unggulan yang rutin dilakukan setahun sekali bagi siswa baru, yaitu kegaiatan Trip Observasi (TO) ke-8. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diharapkan sekolah dapat memetakan beberapa kemampuan personal individual dan sosial peserta didik. Kemampuan tersebut nantinya dapat dimanfaatkan sekolah agar guru dapat mengenal lebih dekat kepada peserta didik secara individu dan sosial. Sebaliknya peserta didik juga memperoleh kedekatan individual dan sosial kepada para guru yang mengajarnya. Jika interaksi saling mengenal ini dapat berjalan dengan baik, maka diharapkan proses pembelajaran, pembinaan dan pendidikan di sekolah dapat berhasil sesuia dengan visi dan misi sekolah agar siswa dapat belajar dengan prinsip PAKEM, yaitu Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan.
Pada prinsipnya kegiatan Trip Observasi bagi peserta didik di SMP Diponegoro 1 ini sangat tepat dan sesuai dengan prinsip pembelajaran yang diusung oleh Kurikulum 2013. Di mana para peserta didik dengan metode saintific di kurikulum 2013 ini dapat praktik langsung melakukan proses: pengamatan (observasi), bertanya, menggali secara dalam (Eksplorasi), menghubungkan dengan temuannya (Asosiasi), dan menceritakan kembali (komunikasi).
Kegiatan ini dalam praktiknya merupakan penggabungan beberapa metode pembelajaran yang dikolaborasikan seperti: tutor sebaya, kerja kelompok, fun games, penugasan, fortofolio, demostrasi, display, presentasi, dan ketangkasan.
Penilaian peserta didik secara individu dan kelompok, terdiri dari penilaian : kerjas sama, interaksi sosial, koordinasi, disiplin waktu, kekompakan, keseragaman, kebersamaan, saling tolong menolong, kesenian, keagamaan, dan ketangkasan fisik.
Kemudian SMP Diponegoro 1 dalam kegiatan Trip Observasi ini menitikberatkan kepada penilaian penelitian sederhana yang memang dirancang secara serius agar siswa mampu mengekspresikan hasil penelitiannya sendiri maupun kelompok dalam bentuk tulisan, display dan presentasi publik.

2,233 total views, 3 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (3)

  1. Avatar of Bu Etna @gurutematik

    Learning cycle memang bagus sekali pak, senang membaca pembelajaran bermakna di atas. InsyaaAllah trip observasi ini dapat menjadi contoh. Trip dapat dilakukan di daerah terdekat sekolah yang memungkinkan untuk dijadikan tempat observasi. Salam kenal dan sukses selalu. Ditunggu artikel selanjutnya.

  2. Avatar of jarkasih ishaq

    Trim’s Pak Andy Hermawan dan Bu Etna atas commentnya. Semoga sharring ini bisa bermanfaat. Sarannya bisa menjadi masukan yang berharga buat sy. Cuma memang terkadanag teori hanya bagus ditulisan, tapi perlu usaha maksimal dari seluruh kemampuan guru untuk bisa sukses melasanakannya. untuk bisa melakukan kegiatan TO (Trip Observasi) perlu persiapan yang matang, mulai dari persiapan soft sampai dengan hard-nya. Bahkan menggunakan pengalaman dari yang pernah kita pelajari di bangku kuliah sampai pengalaman di sekolah dulu. jadi unik memang.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!