13

Trik Membuat Presentasi Power Point Menjadi Video Pembelajaran (+7)

oloan March 23, 2014

Salam hangat Guraruers, Salam Sejahtera untuk kita semua, kembali hari ini saya memiliki kesempatan untuk menuliskan tips sekitar video pembelajaran sesuai dengan topik kita bulan ini. Setelah lama berjuang untuk mengerjakan data-data fortofolio Adiwiyata Sekolah-Sekolah Binaan kami, karena sekolah kami akan menjadi Adiwiyata tingkat Mandiri, maka kami berkewajiban membina minimal 10 sekolah. Syukur, karena sekolah kami mampu membina 14 sekolah untuk diusulkan menjadi sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Sumatera Utara dan Tingkat Nasional.
Nah, sekarang saya punya ide, bagaimana untuk membuat Presentasi Power Point kita menjadi bentuk Video Pembelajaran. Ide ini muncul dan kita coba sharingkan karena di BLH (Badan Lingkungan Hidup) SUMUT kemarin, video pembelajaran atau video yang mampu menceritakan tentang Profil Sekolah kita mendapat nilai yang paling tinggi. Syarat utama, sekolah tersebut harus mampu membuat Presentasi tentang Sekolah masing-masing sebagus mungkin, se interaktif mungkin dan mampu merangkum apa saja sarana prasarana, kegiatan dan keunikan yang ada di sekolah tersebut, terutama yang bertemakan tentang lingkungan hidup.
Setelah saya buat dalam bentuk video dan saya presentasikan di depan kelas untuk para peserta didik, ternyata video ini mampu meningkatkan kesadaran mereka dalam hal mencintai lingkungan sekolah. Presentasi yang telah di videokan ini mampu meningkatkan wawasan anak-anak akan lingkungan hidup sekolah kita. Mereka melihat dan menyimak video yang saya buat dan sadar betapa banyak keunikan dan kejadian atau kegiatan mereka yang terekam dengan baik dan mampu didokumentasikan untuk disajikan sehingga waktu belajar tidak membosankan. Video pembelajaran ini dapat ditayangkan sebelum proses belajar mengajar, untuk menenangkan peserta didik dan untuk menarik perhatian peserta didik. Sehingga para peserta didik selalu ingat untuk membuang sampah pada tempatnya, membuang sampah tepat sesuai dengan jenis sampah yang dibuang, misalnya: jika sampah yang mau dibuang berjenis Anorganik, maka dibuang pada tong sampah Anorganik, jika sampah yang ditangannya berjenis Organik maka dibuang pada tong sampah Organik, demikian juga jika sampah yang ditangannya berjenis Kertas, maka dibuang pada tong sampah untuk Jenis Kertas. Video ini juga mengingatkan betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup kita, sebab Pelajaran Lingkungan Hidup (PLH) sejak dini diajarkan disetiap sekolah sangat bermanfaat bagi kita semua dan untuk kelestarian lingkungan kita. Proses daur ulang (3R) dengan cara memilah sampah dan menjadikannya menjadi bahan yang bermanfaat adalah salah satu upaya kita untuk menjaga bumi kita ini. Jika bukan dari sekarang, kapan lagi kita mengajarkan anak didik agar mau dan terbuka pemikiran mereka akan pentingnya menjaga lingkungan hidup, dimulai dari hal-hal yang kecil dan sederhana.

Langkah Pembuatan Video dari Power Point Presentasi kita
Adapun langkah-langkah untuk membuat Power Point Presentation menjadi Video adalah :
1. Aktifkan Microsoft Power Point 2010 Anda, karena sudah jarang menggunakan Ms. Office 2007 atau 2003.
2. Agar video kita terlihat lebih menarik, alangkah baiknya kita sertakan file audio, agar saat video yang ditayangkan kepada peserta didik ada suara atau musiknya sehingga video tidak terkesan membosankan.
3. Pilih Save As yang ada di Tab Ribbon File > lalu pada kotak isian File Name, isikan nama file Video Presentasi Anda. Pada kotak dialog Save as Type, pilih pilihan Windows Media Video.
4. Tunggu beberapa menit, Presentasi Anda sedang dibuat menjadi Video.
5. Selamat bekerja.

Semoga trik ini bermanfaat untuk Anda, selamat weekend……!!!!

Presentasi Profil SMA Negeri 13 Medan Power Point Menjadi Video

25,914 total views, 5 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (13)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!