13

TPS (Think, Pair, Share) With Mobile Learning (+8)

Yusmini May 1, 2014

Selamat sore guraruers, Bagaimana kabarnya ? Semoga teman-teman guraruers semua dalam keadaan sehat walafiat semuanya. Sesuai dengan tema tulisan untuk bulan Mei ini yaitu “Aplikasi dan Pemanfaatan Mobile Learning Untuk Pendidikan”, dalam tulisan berikut ini saya coba share pengalaman saya dalam memanfaatkannya dalam proses PBM Kimia SMA untuk materi Kimia Unsur, yaitu Kegunaan dan Bahaya Unsur-Unsur Kimia.

ponsel1

Kimia unsur merupakan salah satu materi hapalan dalam Kimia yang diajarkan di kelas XII, materi ini menyangkut beberapa sub pokok bahasan didalamnya, salah satunya adalah Kegunaan dan Bahaya Unsur-Unsur Kimia.

Dari pengalaman saya mengajarkan kimia unsur, guru harus selalu mencari metode-metode mengajar yang menyenangkan bagi siswa untuk mempermudah memahami pelajaran kimia unsur ini. Kadangkala siswa agak merasa berat dan mengeluh dengan banyaknya materi kimia unsur yang harus dibaca/dihapal. Salah satu metode yang pernah saya terapkan adalah dengan penggunaan metode TPS (Think, Pair, Share) yang divariasikan dengan pemanfaatan ponsel sebagai tambahan referensi dalam proses diskusi mereka.

Metode TPS (Think, Pair, Share) ini tergolong sederhana, namun sangat bermanfaat. Metode TPS merupakan salah satu dari berbagai macam metode yang ada dalam “Cooperative Learning”.

 

unsur1

Adapun langkah-langkah yang saya lakukan dalam PBM Kimia Unsur tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama-tama siswa diminta untuk duduk berpasangan. Dalam kelas terdapat 30 orang siswa, berarti ada 15 pasangan dalam kelas.

Ada 3 pasangan yang membahas tentang Kegunaan dan Bahaya Unsur/Senyawa Golongan Alkali.

Ada 3 pasangan yang membahas tentang Kegunaan dan Bahaya Unsur/Senyawa Golongan Alkali Tanah.

Ada 2 pasangan yang membahas tentang Kegunaan dan Bahaya Unsur/Senyawa Golongan Boron-Aluminium (IIIA)

Ada 3 pasangan yang membahas tentang Kegunaan dan Bahaya Unsur/Senyawa Beberapa Unsur Nonlogam.

Ada 2 pasangan yang membahas tentang Kegunaan dan Bahaya Unsur/Senyawa Golongan Halogen.

Ada 2 pasangan yang membahas tentang Kegunaan dan Bahaya Unsur/Senyawa Golongan Gas Mulia.

Kemudian, guru mengajukan pertanyaan kepada siswa: Bagaimana pemanfaatan dan bahaya unsur-unsur dalam kehidupan sehari-hari (lingkungan dan kesehatan) kita?

 

THINK

Setiap siswa diminta untuk berpikir sendiri-sendiri terlebih dahulu tentang jawaban atas pertanyaan itu. Siswa dapat mengakses internet dengan menggunakan ponsel mereka sebagai tambahan referensi yang ada.

PAIR

Kemudian setiap siswa mendiskusikan hasil pemikirannya dengan pasangan di sebelahnya untuk memperoleh satu/beberapa kesimpulan jawaban yang dapat mewakili jawaban mereka berdua. Mereka bisa mencari referensi tambahan dari hasil diskusi dengan memanfaatkan internet yang diakses dari ponsel mereka masing-masing.

SHARE

Setelah itu, guru meminta perwakilan dari beberapa pasangan untuk menshare, menjelaskan, atau menjabarkan hasil pemikiran mereka berdua untuk dishare kepada teman-teman sekelasnya. Misalnya, dari kelompok Golongan Alkali diwakilkan oleh satu pasang, Kelompok Alkali Tanah satu pasang, dst.

Dalam proses share ini, ada beberapa siswa yang bertanya untuk beberapa permasalahan kepada pasangan yang menyajikan hasil diskusinya. Guru memberikan tambahan penjelasan jika dianggap penjelasannya masih kurang dapat dipahami oleh penanya.

Demikianlah pengalaman saya memanfaatkan ponsel sebagai bahan referensi tambahan dalam pembelajaran KIMIA UNSUR. Perkembangan teknologi yang semakin pesat sekarang ini semakin menuntut guru untuk menyesuaikan model pembelajaran yang digunakan untuk siswa. Semuanya berujung pada pembelajaran bermakna bagi siswa itu sendiri.

Berikut ini saya sertakan video tentang metode TPS (Think, Pair, Share)…

Think Pair Share

 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman guraruers. Amiin.

2,310 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (13)

  1. Sip bu Yusmini, lanjutkan. Pemanfaatan ponsel amat disukai siswa. Mari k8ta terus sharing dan respon. Insya Allah besar manfaatnya bu. TPS paling enak digunakan bahkn bisa untuk tingkat berpikir tinggi bu. Mantap. Salam. Nih di jalan. Hehehe.

  2. Mantap sekali bu Yusmini. Jika ada dukumentasi foto atau video pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung dengan memanfaat mobile learning silahkan diupload bu. Hal ini akan membuat artikel ibu lebih sempurna. Terimakasih telah berbagi. Saya berikan VOTE +1.
    Salam suskes,

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar