3

TIPS DAN TRIK LULUS TOEFL (+15)

Pak Sukani @gurumelekIT June 18, 2012

Selamat Pagi Guraru…,

Setiap kali jadwal penerimaan mahasiswa baru dimulai atau tawaran beasiswa studi di luar negeri dari institusi bergengsi dibuka, para calon mahasiswa diseluruh dunia berbondong-bondong mengikuti ujian bahasa Inggris TOEFL (Test Of English as a Foreign Language). Itulah tes kemampuan bahasa Inggris yang diselenggarakan bagi orang-orang yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris.

TOEFL pertama kali diselenggarakan pada tahun 1963. Hingga saat ini, TOEFL diselenggarakan di 165 negaradan puluhan juta orang mengikuti tes tersebut. TOEFL mempunyai kedudukan yang sangat penting karena semua perguruan tinggi di luar negeri, terutama negara-negara berbahasa Inggris, menjadikan TOEFL sebagai salah satu syarat penerimaan mahasiswa. Biaya mengikuti tes TOEFL sebesr US$ 130.

TOEFL ada dua macam, yakni International TOEFL dan Institutional TOEFL. International TOEFL diselenggarakan oleh Kantor TOEFL di Amerika, dengan menunjuk badan-badan khusus yang tersebar di seluruh dunia.

Pada saat ini, soal-soal International TOEFL yang diselenggarakan di Ibu kota negara sudah menggunakan sistem komputer, namun d kota-kota lain masih menggunakan sistem kertas dan pensil.

Karena waktu yang disediakan sangat pendek sementara soalnya begitu banyak dan menjebak, maka diperlukan strategi dalam mengerjakannya. Menurut Danny R Cyssco Penulis buku TOEFL dan Bahasa Inggris ada kiat-kiat umum yang bisa dipakai oleh peserta yaitu :

1) Pahami perintahnya dengan baik. Dari tahun ke tahun, perintah yang ada dalam soal-soal TOEFL selalu sama. Jadi hal ini bisa dipelajari sebelum mengikuti tes. Dengan begitu, tidak perlu membuang waktu untuk membaca perintah soal.
2) Dengarkan percakapan dengan seksama karena hanya diputar satu kali. Konsentrasilah pada soal. Jangan bicara atau melihat ke sesuatu yang lain karena bisa membuyarkan konsentrasi.
3) Pilihlah pertanyaan yang mudah dulu. Jangan buang waktu untuk mengerjakan soal yamg sulit. Biasanya, soal-soal TOEFL bertingkat, dari mudah ke sulit. Namun untuk jawabannya, tidak ada model yang pasti. Maksudnya, setelah menjawab B empat kali, maka jawaban berikutnya pasti D.
4) Jangan sampai ada soal yang kosong karena sistem penilaian TOEFL bukan sistem penalti, dikurangi bila jawaban salah.
5) Jangan menyontek atau memberitahu teman. Jika ketahuan, maka panitia tidak akan segan-segan mengeluarkan peserta itu dan melarang mengerjakan tes lagi.

Selain ada kiat-kita umum, tentunya ada kiat khusus. Kiat khusus ini sangat berguna untuk mengerjakan soal mendengarkan tata bahasa.

Kiat khusus untuk soal mendengarkan. Duduklah di dekat pengeras suara, bukan di dekat radio tape. Namun jangan duduk di depannya langsung, juga jangan dekat tembok karena suara akan bergema.

Strategi khusus yang lain yaitu mulailah mengerjakan soal-soal tata bahasa yang mudah, yakni nomor 1 – 15. Setelah itu baru nomor 16-40. Pilihlah dua jawaban yang pling mungkin, lalu pelajarilah. Jika masih tidak tahu mana jawabannya, tetaplah menjawab. Jika ada waktu, periksalah nomor-nomor terakhir karena itu yang sulit.

Satu yang harus diingat, walaupun nilai TOEFL penting, yang lebih penting lagi adalah pemahaman yang baik terhadap bahasa Inggris dan berani menggunakannya.
Semoga bermanfaat..!!!

Maturnuwun..,

483 total views, 1 views today

Tagged with:

Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Avatar of Pak Sukani @gurumelekIT
Pak Sukani @gurumelekIT

Pak Sukani @gurumelekIT merupakan guru matematika di SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan. Beliau merupakan seorang trainer, motivator dan pembicara dalam diklat maupun seminar-seminar di Indonesia. Passionnya adalah menulis dan mengembangkan IT untuk pembelajaran. Pak Sukani aktif mendorong guru-guru Indonesia agar melek IT dan memanfaatkannya untuk pendidikan. Kunjungi blognya di http://trainergurumelekit.wordpress.com atau 085695685815

View all posts by Pak Sukani @gurumelekIT →

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!