5

Tips Sederhana Konversi Nilai Rapor Bentuk Angka Menjadi Nilai Sebutan (+4)

Urip Kalteng October 20, 2013

Tips ini hanya diperuntukkan bagi rekan yang kebagian kerja untuk mencetak SKHU(BM)N atau yang sejenisnya untuk keperluan setiap akhir tahun, akhir semester atau tengah semester .

Cara ini diterapkan pada aplikasi spreadsheet semacam M. Excel serta sejenisnya. Biasanya kita menggunakan nilai rapor dengan format angka (number) ini kita akan ubah menjadi angka dalam bentuk kata-kata. Misal 9,15 kita akan ubah menjadi nilai dengan huruf “sembilan koma satu lima). Tidak perlu menggunakan rumus-rumus ribet tapi cukup ikuti cara berikut dan ini dapat dilakukan siapa saja yang penting dapat membaca panduan yang saya tulis berikut ini 🙂

Saya contohkan secara sederhana, seperti ilustrasi berikut.

Langkah konversi nilai angka menjadi angka huruf

Pertama: Ubah nilai yang tadinya format number menjadi format text. Ini penting agar bisa “di-replace” menjadi nilai bentuk kata atau nilai sebutannya. Lakukan ini pada cell yang bersesuain (misal pada gambar berikut: di samping dari angka yang mau di jadikan format text itu, cell B2).

Ketik =TEXT(A2;#,00″)

Maksud fungsi ini, ubah angka yang ada di cell A2 menjadi berformat text. Tanda “;” ini adalah tanda pemisah yang setiap komputer bisa saja beda misalnya dengan tanda “,” tanda koma. Kode “#,00” ini adalah format teks, # ini adalah angka dan ,00 ini berarti akan kita jadikan nilai angka menjadi 2 angka di belakang tanda koma). Setelah di tekan Enter pada keyboard maka hasilnya menjadi 9,00. Ciri nilai angka jika sudah berubah menjadi format TEXT maka biasanya ia akan rata kiri, bandingkan dengan nilai yang masih berformat Number, ia akan rata kanan.

konversi angka ke huruf 1

Lakukan pengopian rumus tersebut untuk cell lain yang bersesuaian untuk nilai angka yang lain hingga selesai.

Kedua: Melakukan pengopian hasil konversi ke cell lain, saran saya yang mudah diingat dan dilihat saja, mungkin letakkan persis di cell sebelahnya saja. Yah cell hasil konversi tadi di blok kemudian Copy dan pindahkan kursor mouse ke cell yang ada di sebelah kanannya dan Paste Special… As Value. Seperti pada ilustrasi berikut.

konversi angka ke huruf 2

Ketiga: Lakukan replace nilai angka yang sudah berformat TEXT tadi menjadi nilai huruf. Lakukan seperti petunjuk berikut.

konversi angka ke huruf 3

Lakukan hal serupa untuk angka yang lain, juga tanda koma-nya. Jangan lupa memberikan tambahan spasi pada kata yang diketik pada isian “Replace with:” tujuannya agar nilai huruf tadi tidak nempel jadi satu.

Keempat: Selesai… Selanjutnya kita dapat menggunakannya lebih lanjut seperti yang saya tulis di sini, Tips Mencetak pada Blanko SKHUAMBN atau Blanko Lainnya.

Contoh file konversi dapat dilihat atau diunduh dengan klik pranala ini.

Demikian, wassalam,
Urip Kalteng.

2,351 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (5)

  1. Bagus programnya pak Urip. Di sekolahku juga menggunakannya. Setiap memiliki nilai ulangan, tugas, UTS, atau lainnya kami langsung entry data. Karena hampir setiap guru sudah menggunakan laptop, maka entry data dapat dilakukan sedini mungkin, kemudian tinggal copy pasteke komputer sekolah. Insya Allah bermanfaat bagi Guraru. Terima kasih dan salam.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar