0

Tips Menjalani Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) 2017 (0)

fitria yustiarsih November 7, 2017

Assaalamu alaikum sahabat Guraru

Di akhir tahun 2017, Pemerintah kembali mengadakan program PLPG dalam rangka persyaratan proses Sertifikasi. Kemungkinan kegiatan PLPG ini adalah terakhir yang akan dilakukan, program selanjutnya yang dicanangkan untuk meningkatkan kompetensi guru adalah PPG. Disini saya akan berbagi tips yang mungkin dapat dijadikan suatu referensi bagi Bapak/Ibu yang akan menjalani proses PLPG ini.

PLPG 2017 ini diadakan yang mana sebelumnya peserta sudah melakukan proses prakondisi, yakni membuat dan mengirimkan Laporan secara Online. Pengiriman laporan secara Online ini akan dimonitor oleh seorang mentor di masing-masing kelompok.

Saya sendiri saat ini mengampu mapel TIK dan baru saja menjalani PLPG tahap IV yang bertempat di Hotel Grand Mutiara Puncak Bogor. Lokasi ini ditetapkan sebagai salah satu tempat untuk melaksanakan PLPG 2017. Berikut Tips yang ingin saya sampaikan dan juga telah saya rangkum dari beberapa rekan – rekan guru yang lainnya :

  1. Persiapkan kondisi tubuh dan stamina yang sehat.Perlu diketahui bahwa cuaca di daerah Puncak Bogor sangat sejuk dan hampir setiap hari akan turun hujan. Sehingga kondisi tubuh yang prima sangatlah penting untuk dapat menjalani proses selanjutnya.
  2. Persiapkan pakaian sesuai jadwal yang ditentukan.Untuk lokasi Grand Mutiara ada jasa laundry yang disediakan pihak Hotel. Selain pakaian juga persiapkan obat-obatan pribadi. Gangguan yang sering terjadi adalah masuk angin, batuk, pilek, demam, gangguan perut dan  pusing. Jadi perlu siapkan obat dan suplemen vitamin untuk menjaga stamina tubuh.
  3. Perlu koordinasi dengan baik di grup medsos untuk penyediaan Printer.Mengingat memang ada tugas-tugas yang diperlukan untuk di cetak, agar memudahkan menyelesaikan tugas tersebut diperlukan membawa printer. Rekan-rekan saya dari luar daerah dengan bersemangat mereka banyak yang membawa printer. Memang perjuangan yang luar biasa dalam hal ini. Sampai ada yang harus membayar kelebihan bagasi di pesawat.
  4. Untuk lokasi Grand Mutiara, peserta akan mendapatkan tas PLPG yang berisi beberapa alat tulis. Disarankan menyiapkan lebih, untuk mengerjakan tugas-tugas yang ada. Penyediaan kertas untuk mencetak tugas juga dapat berkoordinasi dengan rekan-rekan perkelompok.
  5. Saat sudah berkumpul di lokasi, akan banyak ditemui rekan-rekan dari berbagai penjuru daerah di Indonesia dengan karakter yang berbeda-beda pula, untuk itu diperlukan rasa saling pengertian, saling memahami, kepedulian dan tolong menolong. Mereka datang dengan tujuan yang sama yakni ingin mendapatkan sertifikat secara professional atas profesi guru. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan suatu perjuangan dan pengorbanan. Bahkan banyak ibu-ibu yang sedang hamil atau baru saja melahirkan membawa bayi mereka. Bayi- bayi mungil tersebut ikut berjuang menemani orang tuanya. Tentunya diperlukan pengasuh untuk menjaga mereka selama orang tua mereka sedang belajar.
  6. Jika tiba waktu istirahat, sudah disiapkan makan 3x sehari dan coffe break.Segeralah menuju ruang makan tepat waktu dan bersyukur atas setiap sajian yang dihidangkan. Insya Allah akan terasa semakin nikmat atas setiap sajian yang dihidangkan.
  7. Mencatat setiap ilmu yang kita terima.Ilmu bagaikan seekor binatang buruan jika tidak segera ditangkap maka akan hilang. Sama halnya dengan kegiatan belajar disini, kita akan mendapatkan banyak ilmu baru. Agar tidak hilang upayakan untuk mencatat semampunya dan nantinya dapat dipahami serta diimplementasikan .
  8. Menciptakan Mindset positif atas semua kondisi yang ada.MindSet positif kepada para Instruktur/ dosen/ Mentor pengajar, Mindset positif terhadap rekan-rekan seperjuangan, Mindset positif terhadap kondisi-kondisi yang ditemui. Sehingga energy yang kita pancarkan juga positif dan hasilnya pun juga positif.
  9. Saling menjaga kekompakan dan kebersamaan terutama pada kelompok kelas.Disini semua guru yang ada adalah guru hebat, guru cerdas dan  guru beruntung. Kekompakan dalam hal positif sangatlah diperlukan. Saling mendukung satu sama lain sangatlah penting dalam hal ini.
  10. Kejujuran dalam mengerjakan setiap tugas dan soal – soal ujian.Dalam proses PLPG akan ada beberapa ujian yang harus dilalui. Hari ke-2 , agenda kami adalah mempresentasikan hasil laporan prakondisi, Ujian selanjutnya adalah Ujian Tulis Lokal, Ujian Peer Teaching dan dipuncakny adalah Ujian Tulis Negara. Dengan kejujuran yang dilakukan oleh guru, maka nantinya akan menularkan kepada para anak didiknya dalam pembentukan karakter.
  11. Banyak berdoa dan mendoakan orang lain.Mendoakan orang lain merupakan faktor penting yang sering dilupakan. Sering kali kita hanya sibuk berdoa untuk diri sendiri, namun perlu diingat ketika kita juga mendoakan orang lain disekitar kita, maka efek positif  dari doa  itu akan kembali lagi kepada diri kita. Doa adalah sesuatu yang abstrak namun efeknya sangat dahsyat. Mampu merubah segalanya menjadi lebih mudah dengan izin-Nya.

    Demikianlah beberapa tips yang dapat saya tuliskan semoga dapat bermanfaat bagi rekan-rekan guru yang akan menjalani proses PLPG 2017 ini. Apabila ada kekurangan saya mohon maaf semoga membawa manfaat dan keberkahan untuk kita semua.Wassalam

    Tangerang, 7 November 2017 – Fitria Yustiarsih-

 

338 total views, 10 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar