4

TEKNOLOGI DI MATA GEN-Z (+3)

ST. NUR RAHMI IDRIS May 30, 2017

sosmed

Tidak bisa di pungkiri, saat ini penggunaan teknologi sudah merambah di berbagai kalangan. Di tambah dengan adanya internet, membuat perpaduan keduanya begitu kompleks dan sempurna.

Dari tahun ke tahun inovasi-inovasi canggih terus berdatangan begitu pula dengan perusahaan raksasa yang kian menjamur membuat teknologi sangat mudah di peroleh, khususnya smartphone.

1

Dapat ditinjau dari keseharian, pengguna smartphone paling banyak adalah remaja atau biasa di sebut dengan Gen-Z. Masa ini adalah masa pencarian jati diri, jika lingkungannya baik maka karakternya akan baik pula.

Hubungannya dengan teknologi apa?

Jelas ada hubungannya, di era teknologi seperti sekarang ini apa pun yang kita inginkan bisa diakses lewat internet. Entah itu berdampak positif atau bahkan berdampak negatif semuanya bisa diperoleh.

2.

Untuk golongan Z alias remaja, dampak buruk atau dampak baik yang ditimbulkan internet belum sepenuhnya diketahui. Sehingga peran pendidik sangat di butuhkan, baik itu dari lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Dalam lingkup pendidikan, dampak negatif yang ditimbulkan internet adalah menurunnya minat belajar, setelah kecanduan teknologi remaja cenderung cuek dan agresif, kekerasan dan pergaulan bebas kemungkinan besar terjadi dan sering terdapat kecurangan-kecurangan pada saat ujian.

bored-16811_1920

Saya sendiri, sebagai remaja turut merasakan dan menyaksikan hal yang saya sebutkan di atas. Saat saya dan teman-teman saya pertama kali menggunakan internet rasanya tak ingin lepas dari sana, ingin terus surfing dan tak ingin melakukan kegiatan lain.

Hingga akhirnya dampaknya mulai terasa, sejak sering aktif di sosial media tugas-tugas dari sekolah menjadi terbengkala dan akhirnya nilai yang tadinya tinggi kini menurun.

Disitulah saya sadar bahwa kebutuhan hidup tidak sepenuhnya bergantung pada internet. Memang jelas bahwa internet sangat berguna bagi semua khalayak. Seperti memudahkan pekerjaan, memperluas wawasan dan menjangkau jaringan luas. Namun, dampak negatifnya perlu di perhitungkan pula.

Selain dari pengalaman yang membuat saya keluar dari genggaman teknologi, saya juga di sadarkan oleh video yang berdurasi sekitar lima menit. Berikut link video yang saya maksud :

YouTube Preview Image

Dari situ saya mulai berniat untuk menjadi digital netizenship yang bijak, saya memanfaatkan sosial media untuk mencari kompetisi maupun ilmu pengetahuan baru. Seperti lomba menulis, menjadi blogger atau mengikuti forum-forum daring yang berbasis pendidikan.

Dan saat itu pula kita bisa menarik kesimpulan bahwa perkembangan teknologi di kalangan remaja sangat bermanfaat dan sangat membantu dalam mengembangkan kreativitas, prestasi dan pengetahuan namun hal tersebut membutuhkan peranan pendidik. Baik itu keluarga maupun orang lain.

Jadi, demi mendukung perkembangan teknologi dan pendidikan di Indonesia sebagai netizen yang bijak, yuk sama-sama kembangkan situs atau forum yang ada di internet dengan sebaikmungkin dan memperkenalkannya ke khalayak ramai.

Karena secara tidak sadar perlahan-lahan segala kegiatan kita akan di pengaruhi dan bahkan akan bergantung pada teknologi.

Demikian postingan saya, kurang lebihnya mohon dimaklumi karena masih dalam tahap pembelajaran. Wassalam…….

“Artikel ini diikutkan dalam lomba”

 

 

 

 

 

 

226 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!