0

Teknologi dan Kegiatan Belajar Mengajar (+1)

Mawani Gultom May 31, 2017

technology-in-the-classroom-5-resized-600

(Sumber foto : gillkatelynedm310.blogspot.id)

“wah… lause hebat kali, papan tulis kita bisa berubah menjadi TV”

tersenyum aku ketika mendengar perkataan mereka. Pasalnya itu kali pertama aku menggunakan media pembelajaran tersebut di kelas. Seketika suasana berubah. Ku temukan ada energi baru mengaliri diriku saat kutemui mereka dalam keadaan senang dan begitu menikmati pelajaran dariku dan itu merupakan kebahagiaan buatku sebagai seorang guru.

Sejak pertemuan itu, aku semakin bersemangat untuk membuat bahan ajar baru di kelas. Kerap kali aku menemukan jalan buntu dan merasa sangat bersalah ketika tidak mampu menyajikan materi pelajaran dengan baik. Banyak halangan yang menghadang setiap harinya. Sebagai manusia biasa kadang sering lelah karena padatnya kegiatan setiap harinya. Pulang sekolah langsung mengajar les sore, dan aktivitas ini kerap kali menimbulkan rasa penat sehingga tak lagi bersemangat untuk mempersiapkan materi. Dan tak dipungkiri bahwa rasa bersalah itu muncul jika harus masuk kelas dengan persiapan yang tak sempurna.

Pengalaman pertama di kelas dengan TV papan tulis itu menarik perhatian. Semua guru pasti memiliki pendapat yang sama yaitu bahwa pengalaman seru siswa di kelas adalah sebuah prestasi bagi seorang guru. Guru berprestasi itu selalu hadir dengan hal dan karya terbaru. Guru berprestasi itu mampu menyajikan materi pelajaran dengan cara penyajian yang unik dan rasa yang nikmat sehingga tak ada ruang bagi siswa untuk mengalihkan perhatiannya. Akan tetapi untuk menjadi penyaji yang kreatif bukanlah hal yang mudah. Berikan kemauan dan waktu untuk belajar dan terus belajar.

Zaman ini sudah semakin canggih. Teknologi terus berkembang dan semakin maju. Kemajuan teknologi dirasakan di segala lini kehidupan termasuk di dunia pendidikan. Dunia pendidikan juga harus terus berkembang sebab melalui pendidikan akan terlahir para penerus bangsa ini. Berbicara tentang dunia pendidikan maka tak terlepas dari yang namanya guru juga siswa. Pendidikan juga merupakan harapan tertinggi bangsa ini oleh karena dari rahim pendidikanlah akan terlahir para pemimpin bangsa ini kelak dan inilah mengapa setiap orang pendidikan harus mampu bermetamorfosis, berproses untuk berkembang menjadi lebih maju.

Melek teknologi adalah sebuah keharusan di zaman era digital ini secara khusus saat ini tertuju untuk seorang guru. Seorang guru tidak akan pernah berhenti belajar, ia sulit untuk berpuas diri dan disinilah letak kekuatannya. Guru adalah andalan semua siswanya, namun guru juga adalah manusia biasa. Ia juga bisa merasa lelah dan penat apalagi jika tidak  jua menemukan alat atau cara penyajian materi yang tepat. Teknologi adalah kabar gembira bagi semua guru yang ‘mau berkembang’. Banyak kemudahan yang didapat, dan semua dapat dijangkau hanya dengan bertiketkan jaringan internet. Teknologi di zaman ini memiliki peran yang penting dalam mendukung proses belajar mengajar. Berikut peran teknologi menurut saya dan yang saya rasakan sendiri dalam mendukung proses belajar mengajar.

1. Berperan sebagai fasilitator

Ya, saya menganggap teknologi berperan sebagai fasilitator, pasalnya kemajuan teknologi mampu menciptakan alat yang digunakan sebagai media pembelajaran yang banyak dipakai para guru misalnya saja komputer dan sekarang mengalami perkembangan menjadi laptop atau netbook dan juga kini sekolah sekolah sudah memakai LCD untuk mendukung pembelajaran. Kecanggihannya tidak sampai disitu, kini banyak aplikasi yang diciptakan untuk terus mendukung kemajuan  pembelajaran di kelas, sehingga siswa lebih bersemangat saat mengikuti pembelajaran. Baik dari sisi hardware maupun software teknologi terus menerus memfasilitasi untuk mendukung kemajuan pendidikan sehingga guru menjadi lebih mudah pada saat menyajikan materi.

2. Menginspirasi

Teknologi memberikan inspirasi baru bagi setiap guru oleh sebab beragamnya fitur atau aplikasi baru yang sangat disayangkan jika tidak diterapkan. Adanya fitur dan aplikasi yang mendukung akan menginspirasi guru untuk mempersiapkan dan menyajikan materi pelajaran dengan tampilan yang menarik dan metode yang baru setiap harinya. Keadaan ini diharapkan mampu menstimulasi setiap siswa agar dapat mengikuti pembelajaran dengan lebih bersemangat dan bergairah.

3. Menjembatani 

Kehadiran teknologi selain memfasilitasi, menginspirasi, juga menjembatani. Ya teknologi menjadi jembatan bagi setiap guru yang berada diseluruh negri untuk saling belajar dan berbagi.  Hal ini akan menambah wawasan dan pengalaman  baru bagi tiap guru. Bahkan pengalaman guru lain bisa dijadikan sebagai pembelajaran yang baru untuk kita mengoreksi diri sendiri dan berkembang menjadi lebih inovatif.

Teknologi memiliki pengaruh yang kuat terhadap proses belajar mengajar di kelas. Pengaruh ini seharusnya merupakan suntikan vitamin bagi semua untuk terus berkembang. Semua berawal dari kelas. Menjadikan teknologi sebagai teman adalah pilihan yang bijak untuk mengubah kelas menjadi lebih berwarna. Mau tak mau, siap atau tidak, kita harus melek teknologi. Setiap kita punya kesempatan yang sama. Berjuang untuk pendidikan lebih baik.

 

 

Artikel ini diikutan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru

 

640 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar