1

TechnoInfoEdu, Sahabat Baik Bagi Guru dan Siswa Masa Kini (+2)

Visya Al Biruni May 31, 2017

TechInfoEduTeknologi dan informasi. Dua buah kata yang tak lagi asing. Definisi teknologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia(1990 : 1158), teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang- barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia (http://www.aingindra.com/definisi-teknologi.html). Sedangkan informasi adalah pemberitahuan, kabar atau berita tentang sesuatu. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi adalah sarana untuk memudahkan manusia dalam mencari dan mendapatkan informasi. Jadi, teknologi informasi itu teman atau musuh ya?

Jejaring sosial dunia maya merupakan salah satu imbas semakin canggihnya teknologi informasi. Kini sebagian orang tidak lagi hanya mengandalkan sambungan telepon dan SMS (short message service) dalam berkomunikasi melalui ponsel. Mereka pun tak lagi hanya mengandalkan media cetak ataupun informasi mouth to mouth dalam menyerap informasi. Seiring berjalannya zaman, kini bermunculan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi lainnya seperti Opera Mini, BBM (blackberry messenger), WhatsApp, Skype, dan masih banyak lagi. Terlebih aplikasi semacam itu tidak hanya dapat dinikmati pengguna ponsel kelas atas, bahkan kelas menengah ke bawah pun turut serta memanfaatkannya dengan harga yang cukup terjangkau.

Teknologi telah menyentuh banyak kalangan tanpa pandang bulu. Lihat saja, mulai dari balita hingga orang lanjut usia mulai menggunakan teknologi. Bahkan orang dari pedalaman pun mulai dikenalkan dengan sentuhan teknologi modern. Teknologi pun telah memenuhi atmosfer berbagai bidang kehidupan. Pendidikan adalah salah satunya. Lantas seberapa pentingkah perkembangan teknologi bagi pendidikan?

“Pendidikan bukanlah persiapan untuk hidup melaionkan kehidupan itu sendiri.”
(JohnDewey)

Patut disadari bahwasanya pendidikan merupakan pilar utama dalam kehidupan suatu bangsa dan negara. Kaum intelektual, para pemimpin yang amanah dan kaum cendikiawan lainnya pun dilahirkan dari proses pendidikan. Tentu saja setiap orang mendambakan terciptanya atmosfer pendidikan yang kondusif.
Teknologi dapat berperan dalam proses pendidikan itu sendiri.Jika Anda mengalami masa sekolah sebelum tahun 2008, mungkin Anda masih merasakan pembelajaran menggunakan kapur an papan tulis, bahkan mungkin Anda belum tahu sama sekali mengenai pembelajaran IT (information technology) seperti saya.

Terdapat beragam pemanfaatan potensi maksimal teknologi informasi agar lebih bermanfaat, khususnya di bidang pendidikan. Disini akan dibahas pemanfaatan teknologi informasi dalam mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia sebagai sample. Mengapa keduanya? Sebab keduanya memegang peranan cukup penting dalam pendidikan seorang siswa, tanpa bermaksud mengesampingkan mata pelajaran lainnya.

Matematika

Coba tanyakan pada sekumpulan anak SMP reguler, seberapa besar ketertarikan mereka pada mata pelajaran Matematika? Kemungkinan sebagian besar dari mereka menjawab kurang suka mengarah tidak suka. Namun saat ini banyak bermunculan software-softaware yang memudahkan siswa mencerna materi sekaligus guru dalam menyampaikan materi.

Beberapa contoh software pembelajaran matematika yang dapat diunduh secara Cuma-cuma antara lain MathAid Trigonometri 25,60 (software pembelajaran trigonometri untuk SMA), Algebra Tutor, dll.

sumber: google.com

sumber: google.com

Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan bahasa ibu. Mungkin sebagin orang menganggap remeh mata pelajaran yang satu ini. Sebagian dari mereka lebih bangga jika mendapatkan nilai IPA 90 dibandingkan nilai bahasa Indonesia 90 ataupun di mata pelaaran lainnya yang dianggap sebagai momok. Hal ini menjadi PR besar khususnya bagi para guru bahasa Indonesia.

Ternyata salah satu akar permasalahannya terletak pada metode pembelajaran konvensional yang terkesan monoton. Tak jarang dijumpai metode yang digunakan adalah siswa diminta menulis pengalaman liburannya lalu menceritakannya di depan kelas. Padahal di era kini teknologi telah berkembang semakin cepat, menagapa tak memanfaatkannya?

Blog adalah salah satu medianya. Beirkut akan dipaparkan metode pembelajaran bahasa Indonesia berbasis technoinfoedu.

Sebagai tahap awal, guru meminta siswa membuat karya tulis, dapat berupa puisi, cerpen ataupun sejenisnya, yang ditulis di buku masing-masing dan dikumpulkan pada guru. Lalu guru membuat blog kelas dan mengambil beberapa karya terbaik siswa untuk kemudian diposting di blog tersebut. Saat jam pelajaran berlangsung, guru menampilkan display blog pada siswa untuk memancing minat menulis mereka. Pada akhirnya siswa akan terpancing untuk berlomba-lomba berkarya di blog masing-masing. Dengan menulis, kemampuan berbahasa Indonesia siswa akan terlatih.

sumber:google.com

sumber:google.com

Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwasanya teknologi informasi sekarang ini dalam penggunaannya dapat menjadi teman yang baik. Teknologi informasi adalah sahabat yang baik bagi guru dan siswa. Teknologi informasi adalah sahabat yang baik bagi pendidikan. Tentu jika dapat memanfaatkannya dengan baik.

Pertama, terjangkau. Artinya ia dapat dijangkau oleh anak dari kalangan manapun. Terlebih jika kita ingat siswa zaman sekarang begitu aktif dalam hal teknologi.

Kedua, memudahkan. Artinya ia memudahkan manusia dalam mendapatkan informasi secara cepat dan terjamin. Dalam pemaparan ini teknologi informasi memudahkan siswa dalam mencerna materi pelajaran dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi secara PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan)

Poin penting dan paling awal dalam pembelajaran berbasis technoinfoedu adalah pertama-tama guru harus mengedukasi diri sendiri mengenai teknologi informasi agar dapat memfilterisasi. Selanjutnya guru harus mampu mengedukasi siswa agar hanya mengunduh atau membuka situs maupun software yang positif saja. Hal ini dapat dilakukan guru bekerjasama dengan orangtua siswa dan pihak sekolah lainnya yang terkait.

Mari ciptakan generasi cerdas melalui pembelajaran technoedu! Untuk Indonesia Cerdas!

*tulisan ini diikkutsertakan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru dari guraru

sumber: dokumentasi pribadi

sumber: dokumentasi pribadi

351 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!