20

Tampilan Baru untuk Website Guraru (+9)

Pengelola Guraru August 26, 2014

Guraru, tak terasa website Guru Era Baru (Guraru) hampir menginjak usia ketiga pada akhir tahun ini. Website komunitas yang dimulai akhir 2011 kini menjadi pilihan ribuan guru Indonesia untuk berbagi dan berinteraksi secara online.

Agar berbagi di website ini semakin asyik dan nyaman, Pengelola bermaksud memberikan tampilan baru yang lebih segar untuk website Guraru. Platform yang akan digunakan tetap WordPress kolaboratif seperti sekarang ini, namun dimungkinkan untuk melakukan perubahan misalnya dalam segi  layout, warna maupun menu/kategori. Dengan adanya tampilan baru di website, Pengelola berharap Bapak dan Ibu Guru lebih nyaman berbagi dan berinteraksi dengan rekan-rekan. Sehubungan dengan hal tersebut, kami berharap Bapak dan Ibu Guraru berkenan memberikan masukan mengenai rencana tersebut. Misalnya:

  1. Menu atau kategori yang paling populer/disukai oleh guru
  2. Menu/kategori atau widget yang tidak perlu ditampilkan di hal. Depan
  3. Masukan untuk layout yang sekarang
  4. Masukan untuk sitemap atau kategorisasi tulisan
  5. Fitur social sharing
  6. dan lainnya.

Silakan sampaikan masukan seputar website Guraru di kolom komentar artikel ini. Kami menyediakan 2 (dua) polo shirt Guraru untuk pemberi masukan terbaik. Masukan dari Bapak dan Ibu ditunggu hingga Jumat 5 September 2014.

Terima kasih atas masukan Bapak dan Ibu. Semoga ke depannya website Guraru tetap menjadi wadah interaksi yang nyaman bagi guru-guru di Indonesia.

Salam,
Pengelola Guraru

3,533,520 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (20)

  1. Guru dalam budaya jawa itu di gugu lan di tiru (jadi panutan dan di ikuti) jadi kalau bisa website guruaru ini menampilkan moralitas dan pendidik karakter seorang guru kepada siswa-siswanya. jadi betapa sulitnya menjadi seorang guru dan betapa asiknya menjadi seorang guru bisa ditampilkan dalam bentuk cerita keberhasilan guru dalam membentuk karakter siswanya atau mungkin bisa membuat lomba karya ilmiah dengan tema pendidikan karakter.

    semoga guruaru menjadi rujukan bagi guru-guru di Indonesia

  2. mungkin ini masukan yang insyaAllah akan membuat guraru.org banyak dikenali masyarakat sebagai media guru yang kredibel. Ada beberapa hal diotak atik lagi,

    – logo guraru yang masih kurang menarik perlu dipernak kembali dikit
    – guraru menyediakan ajang kompetensi untuk guru tiap minggunya. meskipun hadiahnya gak seberapa tapi secara tidak langsung ini akan mempererat guru-guru yang sekarang
    – kalau mengaca diajang lain, guraru membuat kompetesi shere pansfage guraru agar dibanyak dikenal masyarakat
    – tampilan tulisan menu di bar yang kurang menarik membuat pengunjung kurang berminat untuk mengarahkan koursornya. juga kayaknya perlu diperbanyak menunya,,

  3. Saran nih admin,
    – headernya di custom sedan aja jgn terlalu lebar dan besar. buat simpel dengan tetap menampilkan ikon guraru.org.
    – Templatenya di create responsive dengan handphone atau android sehingga lebih mudah, ringan dan simpel di akses melalu seluller
    – Widget Artikel berhubungan/terkait juga kalau bisa di tampilkan di bawah setiap postingan sehingga artikel yang sdh jadul bisa muncul dengan satu kategori biasanya. Sehingga guru yang baru gabung bisa melihat artikel yg jadul tanpa harus mengobrak abrik arsip.. hihihi..
    -Biar simpel tidak memanjang kebawah widget tulisan terbaru dan tulisan terdahulu di jadikan model satu widget aja, kayak widget member teraktif / terbaru .

    Okey deh,.. Sukses untuk guraru.org semoga tetap eksis di online maupun offline
    Salam
    BJGP-Rizal, Pembelajaran Online Guru Elektronik

  4. Perubahan arsip artikel hanya bertahan untuk seminggu setelah posting, apakah perlu diperpanjang karena ini mungkin berkaitan dengan kuota simpanan ?
    Layout yang mobile briwser friendly – karena banyak rekan-rekan guru yang akses internetnya tidak secepat rekan-rekan di kota atau ibukota propinsi
    Warna cerah dan tetap mencirikan brand guraru kalo bisa dipertahankan,

  5. Wah, kabar luar biasa. Usulan untuk admin yang keren-keren :
    1. Disediakan Postingan Khusus Buat Video, karena selama ini saya amati artikel Guraru banyak Terkait dengan Video, tapi karena tidak ada khusus postingan buat Video, yang terlihat (bukan di artikel) sehingga video susah untuk bisa di nikmati, kalau ada kan tinggal klik aja.
    2. Headernya setuju, dibuat yang lebih mantap dong dan ngikuti gaya templet gaya sekarang, kalau kata Matster Rizal SEO Friendly dan templetnya dibuat lebih mengambarkan era baru dan adannya Icon media sosila yang lebih menonjol. Termasuk Twitter dan FB ditampilkan pada tempat terbaik (Buat admin Twitter dan FB nya tentu harus aktif dong he..he..).
    Demkian usulannya, semoga berkenan.

  6. horas…..
    semoga dengan adanya tampilan baru website ini guru semakin bersemangat dalam memberikan inspirasi kepada peserta didiknya…

    untuk kedepan nya harapan saya website ini di setting agar user friendly, tampilan nya juga jangan terlalu menggunakan gambar yang berosolusi tinggi, agar ketika kita membuka website ini tidak membutuhkan bandwith yang besar, saya lihat untuk menampilkan header nya membutuhkan waktu sepersekian detik.

  7. Masukan (copas artikel)

    Pertama, saya ingin tampilan tulisan artikel guraru di tablet atau smartphone dengan layar kecil lebih mudah untuk dibaca. Selama ini jika membaca menggunakan smartphone, masih geser kanan kiri untuk menyelesaikan bacaan.

    Kedua, saya ingin ada tools dimana saya bisa melihat anggota guraru dari kota yang sama. Akan lebih baik jika guraru memiliki cabang seperti guraru jakarta, guraru bogor, guraru denpasar, dan itu bisa diakses dalam satu tab khusus di situs.

    Ketiga, guraru memiliki tab fb yang terkoneksi langsung dengan page facebook guraru sehingga interaksi akan lebih mudah. #kedipmata.

    Keempat, ada kategori khusus video dengan subkategori jenis (tutorial, Materi Pelajaran, Review Situs dll)

    Kelima, widget social sharenya bisa muncul saat kita sudah membaca minimal 45% artikel, jadi lebih afdol. Saya lupa nama widgetnya.

  8. Terima kasih untuk semua Bapak dan Ibu Guraru yang sudah menyampaikan masukan untuk tampilan website Guraru yang lebih baik.

    Selamat untuk Pak Yusrizal dan Mister Nuel yang akan mendapatkan polo shirt Guraru. Mohon sampaikan alamat email melalui kolom komentar. Kami akan segera menghubungi untuk pengiriman polo shirtnya 🙂

  9. Wah saya ada banyak masukan nih Pak, syukur2 kalau bisa ditindaklanjuti :mrgreen:

    Responsive themes
    Saya masih pakai monitor 1024 x 768, masih butuh scroll kiri-kanan ketika menjelajah situs. Buka via Android juga sepertinya kurang nyaman.
    Permalinks tidak terlihat dalam tulisan, tersamar sebagai content dalam situs.
    Threaded Comment
    Berguna buat saling berbalas ketika mengomentari artikel, ketimbang sistem komentar konvensional seperti yang saat ini digunakan.

    Untuk yang lain sepertinya sudah bagus. Sistem voting artikel dan point member diharapkan dapat memacu semangat para anggota dalam menulis di situs ini.

    Salam,

    Fauzan Abdurrachman, M.Pd
    Founder LoveIT E-Learning

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar