6

Syik Asyik Belajar Dengan Mindjet MindManager dan Mouse Mischief (+1)

Taufik Ibrahim June 4, 2012

Syik Asyik Belajar Dengan Mindjet MindManager dan Mouse Mischief
Oleh: Taufik Ibrahim, S.Pd
(Guru IPS di SMP Negeri 14 Depok)

Di sebuah ruang kelas sungguh mengasyikkan rasanya melihat para siswa mempresentasikan tugas kelompoknya dengan memanfaatkan mind map interaktif dalam menyajikan hasil materi pelajaran yang awalnya dibuku nampak kurang disukai otak yang berisi tulisan melulu! Namun, berubah menjadi sangat memanjakan otak para siswa. Mereka telah berhasil mengubah materi pelajaran dari buku sehingga menjadi lebih interaktif dan menjadi pusat perhatian para siswa lainnya di kelas. Bahkan mind map yang mereka buat terkadang lebih menarik dibanding mind map yang disusun oleh sang guru. Imajinasi para siswa seringkali melebihi kemampuan si guru sendiri.


Pemandangan yang menyenangkan juga ketika melihat para wakil kelompok siswa dengan asyiknya menggerakkan simbol mouse wireless mereka dari meja masing-masing yang berseliweran kesana kemari di layar proyektor untuk memilih jawaban dari soal evaluasi yang disajikan oleh sang guru.
Apa sesungguhnya yang terjadi di kelas tersebut?


Kejadian tersebut dialami sendiri oleh penulis ketika melakukan pembelajaran IPS di SMP Negeri 14 Depok dengan memanfaatkan aplikasi Mindjet MindManager Pro 7 dan Miscrosoft Mouse Mischief di beberapa momen pembelajaran IPS di kelas IX. Menjadi keasyikkan tersendiri bagi penulis dan para siswa untuk mendalami pelajaran IPS yang nota bene banyak sekali materi yang harus dipahami dan dihapal. Namun, dengan bantuan kedua aplikasi tersebut materi pelajaran IPS yang awalnya sekilas terlihat tidak terlalu disukai otak menjadi begitu mudah dicerna dan menjadi tontonan serta tuntunan bagi para siswa tentunya.


Strateginya adalah belajarnya dengan Mindjet MindManager Pro 7, evaluasinya dengan Mouse Mischief! Sebuah kombinasi yang harmonis dan mengasyikkan bagi siswa tentunya!


1. Pemanfaatan Mindjet MindManager Pro 7
Mind Map ditemukan oleh Tony Buzan dimana pengertian Mind Map adalah suatu teknik grafis berbentuk peta pikiran yang bekerja sesuai prinsip manajemen otak dengan memberdayakan OKA & OKI dimana terdapat kata kunci, gambar, dan warna sehingga suatu informasi dapat dipelajari, diingat, dianalisis dan dikeluarkan (recall) kembali dari otak secara cepat dan efisien .
Peta pikiran dalam konteks ini adalah pemanfaatan aplikasi piranti lunak (software) Mindjet MindManager Pro 7 untuk membuat peta pikiran (Mind Map). Konsep Mind Map ala Tony Buzan sedikit banyak membutuhkan kemampuan dan waktu untuk menggambar. Dan usaha ini tentunya akan memakan waktu yang tidak sedikit. Namun, dengan aplikasi ini kita tidak perlu khawatir akan hambatan ini sehingga kita dapat bekerja dengan kreatif namun dengan waktu yang relatif singkat.


Dari segi penampilan, sekilas aplikasi ini tampak tidak jauh berbeda dengan MS Word 2007 sehingga tidaklah sulit bagi pemakai untuk beradaptasi dengan penggunaannya. Dengan penggunaan yang relatif mudah, aplikasi ini akan membantu guru/siswa untuk membuat peta pikiran yang interaktif dan terorganisir sehingga mampu memyampaikan ide serta informasi secara efektif, menarik dan mudah dipahami. Nantinya, ide dan informasi tersebut bisa disimpan sehingga memudahkan siapapun untuk menampilkan kembali saat dibutuhkan atau ketika ingin merevisi ide atau rencana tersebut.


Aplikasi ini sangat cocok untuk guru, pelajar, maupun kalangan umum yang memerlukan alat bantu untuk membuat visualisasi ide-ide, gagasan dan informasi. Dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh aplikasi ini pula, kita bisa menghubungkan ide-ide tersebut sehingga menjadi sebuah gagasan dengan visualisasi yang menarik. Visualisasi yang menarik untuk pembuatan pemetaan pun tidak hanya berupa pewarnaan pada peta maupun teks. Namun didukung pula dengan tersedianya fasilitas untuk menambahkan simbol/gambar/foto (image) baik dari koleksi kita sendiri maupun dari koleksi Mind Manager. Tersedia pula beragam variasi yang bisa kita tambahkan untuk mempercantik mind map yang kita buat. Nantnya kita bisa melihat bahwa gambar atau simbol tersebut selain mempercantik, juga bisa mewakili ide maupun gagasan yang ingin kita sampaikan. Dan tentu saja gambar atau simbol ini bisa membantu untuk mengingat ide atau gagasan tersebut.


Mindjet MindManager Pro 7 ini juga dapat terhubung (hyperlink) dengan aplikasi lain seperti MS Excel, MS Word, MS Power Point, tampilan grafik, catatan kecil, video, foto, dan tampilan visual lainnya yang semuanya disinyalir dapat menggugah keingintahuan siswa.
Sehingga dapat dikatakan bahwa Mindjet MindManager Pro 7 adalah Sebuah aplikasi software yang memberi kemudahan dalam hal pembuatan peta pikiran (Mind Map) sehingga peta pikiran yang dihasilkan mampu memudahkan guru maupun siswa untuk meringkas materi ajar secara efektif dan efisien termasuk dalam hal penyampaian materi ajar sedangkan khusus bagi siswa dapat menyerap materi pelajaran dengan lebih antusias sekaligus mampu memanjakan kesukaan otak siswa yang cenderung menyukai bentuk (simbol) dan warna sehingga siswa dapat mengikuti pelajaran dengan senang dan meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa itu sendiri.


Klik tautan berikut:
1. Video presentasi siswa dengan Mindjet MindManager pro 7

2. Video contoh mind map karya guru & siswa

3. Video penjelasan tentang mind map karya Taufik Ibrahim, S.Pd 

2. Pemanfaatan Microsoft Mouse Mischief
Microsoft sejak beberapa tahun lalu telah mengembangkan sebuah aplikasi yang dikenal dengan nama Mouse Mischief yang sangat bermanfaat bagi guru untuk melakukan evaluasi pembelajaran di kelas dalam bentuk kegiatan yang interaktif dan menyenangkan. Proses evaluasi yang menggunakan aplikasi ini akan lebih menarik dan menyenangkan dibandingkan dengan proses evaluasi yang biasanya disampaikan menggunakan kertas. Sayangnya, teknik ini belum banyak dimanfaatkan oleh banyak sekolah, meskipun di beberapa daerah juga sudah mulai memperkenalkan media evaluasi pembelajaran ini. Mouse Mischief adalah aplikasi tambahan Microsoft PowerPoint yang memungkinkan banyak siswa dapat mengakses kepada satu buah komputer di dalam kelas.


Fitur ini berintegrasi dengan Office PowerPoint 2010 dan 2007 yang memungkinkan para tenaga pengajar untuk membuat presentasi yang sangat interaktif dan melibatkan audience atau siswa pada saat presentasi. Sebagai contoh, 5 hingga 25 siswa, masing-masing menggunakan mouse dapat memilih suatu soal multiple choice atau menggambar bersama-sama. Dengan menggunakan ini, para siswa tidak hanya melihat materi presentasi yang ditayangkan di dalam kelas, namun mereka juga dapat berinteraksi dengan materi yang disampaikan guru.


Mengingat masih cukup mahalnya harga mouse wireless (nirkabel) maka penulis berstrategi dengan hanya membekali tiap kelompok ( 8 kelompok) hanya dipinjamkan satu mouse wireless untuk menjawab soal evaluasi dengan strategi siswa mana yang akan memegang mouse digilir secara acak dengan memanfaatkan model Number Heads Together (Model Pembelajaran ini telah dibahas di artikel milik penulis yang bertajuk All Students Always Ready To Learn).

Klik tautan berikut:
1.Video praktek mouse mischief di kelas IX SMP Negeri 14 Depok

2.Video Mouse mischief resmi dari Microsoft.

3. Video pelatihan mouse mischief bagi guru SMPN 14 Depok

Penulis adalah pemerhati pembelajaran bernuansa TIK

7,459 total views, 6 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (6)

  1. Artikel menarik pak..!! Syik Asyik Belajar Dengan Mindjet MindManager dan Mouse Mischief. Saya jadi membayangkan betapa tertariknya anak-anak belajar dengan Mindjet MindManager dan Mouse Mischief. wah…pasti seru pak..!!! salam sukses ya pak..!!!

    Silahkan kritik dan komentar juga di artikel saya :

    1. Pembelajaran berbasis E-learning KMO di
    http://www.guraru.org/news/2012/05/20/536/klinik_matematika_online.html

    2. Cara praktis memasukkan video pembelajaran dari youtube ke powerpoint di
    http://www.guraru.org/news/2012/06/03/720/bagaimana_cara_memasukkan_video_pembelajaran_dari_youtube_ke_powerpoint_untuk_presentasi.html

    3. Cara praktis mendownload video pembelajaran di Youtube dengan Video Download Helper di
    http://guraru.org/news/2012/06/03/716/bagaimana_cara_mendownload_video_pembelajaran_di_youtube_dengan_menggunakan_video_downloadhelper

    4. Memanfaatkan Youtube sebagai media pembelajaran di
    http://www.guraru.org/news/2012/05/31/639/memanfaatkan_youtube_sebagai_media_pembelajaran_yang_interaktif_menarik_dan_menyenangkan.html

    Maturnuwun…!!!

  2. Trims Mr.Sukani atas commentnya! Salut juga buat artikel-artikel Mr.Sukani,ruar biasa!!! Oya, by the way, Ibu saya kerja di Yayasan Bakti Idhata sdgkn Kakak saya di TU SMA Bakti Idhata. Jadi, salam kenal dari saya!!!

  3. Keren Pak!!
    Melihat siswa aktif dan senang sekaligus paham memang seru dan menyenangkan.

    Saya termasuk yang masih sangat minim penggunaan TI di kelas. Mudah-mudahan di kemudian hari bisa mengikuti jejak Pak Taufik dan rekan-rekan lain

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar