3

Strategi Membangun Perkembangan Murid di Kelas (+3)

April 18, 2017

Prioritas utama setiap guru adalah memastikan siswa yang dibinanya berprestasi. Terkadang, kesibukan Guru Era Baru di sekolah, mulai dari memeriksa dan membuat tugas, mempelajari materi, dan sebagainya, seringkali membuat fokus terhadap perkembangan murid menjadi terlupakan. Perlu adanya kerjasama antara Anda dan siswa untuk meningkatkan perkembangan belajar siswa di kelas.

Tantangan seperti ini bisa diatasi asalkan Anda tahu caranya. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba melakukan strategi berikut ini untuk membantu mengembangkan murid di kelas.

Kumpulkan Bukti Belajar

Kumpulkan dan pelajarilah bukti nilai belajar siswa dari awal semester, kemudian cari tahu mata pelajaran mana yang sukses dan mana yang tidak. Ketika Anda menemukan ada bagian yang kurang baik, segera cari cara untuk meningkatkannya. Cara atau instruksi dimaksudkan agar sesuai dengan apa yang siswa butuhkan. Setelah itu, luangkanlah waktu untuk memastikan bahwa siswa telah mempelajari materi yang diajarkan. Anda pun dapat terus bergerak maju dengan instruksi baru lainnya.

Kumpulkan Bukti Belajar

Pikirkan Kembali Tugas Guru dan Siswa

Siswa cenderung mudah menyerap pengetahuan dan skill dasar dengan sendirinya dibandingkan belajar dalam kelompok besar. Mereka dapat melakukan ini dengan memanfaatkan perangkat online atau sumber daya lainnya, baik di dalam maupun di luar kelas. Selain itu, beberapa kegiatan yang sering kali dijadikan tugas rumah semestinya bisa kembali dikerjakan di dalam kelas. Pendekatan ini memungkinkan Anda memiliki banyak waktu untuk memeriksa pemahaman siswa dengan berbagai cara.

Menjelaskan Tujuan Belajar untuk Sukses

Keberhasilan studi seorang siswa ditentukan oleh kemauannya sendiri. Makanya,  sangat penting bagi Anda untuk memaparkan tujuan dalam belajar. Menentukan tujuan belajar tidak hanya membantu Guru Era Baru lebih fokus mengenai instruksi yang akan dilakukan, tetapi juga membantu siswa lebih memahami tujuan untuk sukses. Semakin jelas tujuannya, maka semakin besar pula motivasi siswa dalam belajar.

Melibatkan Siswa dengan Kelompok Belajar Kecil

Cara lain untuk memberikan rangsangan pada proses belajar adalah dengan mengaktifkan peran siswa melalui kelompok belajar kecil. Memberikan konten instruksional atau memfasilitasi pembelajaran melalui kelompok-kelompok kecil menjadi cara bagi siswa mengecek kepahamanan diri sendiri sekaligus memberikan kontribusi untuk berdiskusi dan memecahkan masalah untuk tujuan bersama. Di sisi lain, cara ini juga memberikan Guru Era Baru kesempatan untuk lebih terlibat mendampingi siswa yang membutuhkan dukungan dalam mencapai tujuan pribadinya.

Melibatkan Siswa dengan Kelompok Belajar Kecil

Memberi Teladan

Salah satu cara yang paling efektif untuk menginspirasi siswa untuk belajar adalah dengan menunjukkan passion bahwa Anda benar-benar tertarik dan bersemangat tentang suatu materi pembelajaran. Ingat, perilaku Guru Era Baru secara tidak langsung memberikan pengaruh terhadap perilaku dan motivasi belajar siswa. Jika Guru Era Baru menunjukkan semangat positif, siswa dapat lebih termotivasi lebih giat belajar, dan pada gilirannya dapat meningkatkan prestasi belajarnya.

Memberikan Feedback Secara Konsisten

Guru dan siswa secara bersama-sama mengumpulkan dan menganalisis informasi belajar siswa untuk mengetahui bagian mana yang perlu diperbaiki dan cara untuk memperbaikinya. Dengan begini, siswa tahu bagaimana perkembangan yang sudah dicapainya dalam belajar.

 Memberikan Feedback Secara Konsisten

Inilah 6 cara yang bisa Guru Era Baru gunakan untuk membuat membantu membangun perkembangan murid di sekolah. Selamat mencoba.

7,834 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar