37

SOLUSI MUDAH BELAJAR ISTILAH SEJARAH DENGAN KDIS (Kamus Digital Istilah Sejarah) (+18)

Muhammad Alim May 22, 2017

Era teknologi juga memasuki dunia pendidikan dengan berbagai tawaran kepraktisannya. Sumber belajar semakin menarik karena dikemas dengan praktis dan menarik dalam bentuk digital. Sumber belajar secara umum merupakan segala sesuatu sarana yang berfungsi untuk membantu peserta didik belajar secara baik, sumber belajar diharapkan membuat peserta didik secara aktif dan mandiri. Sumber belajar digital dapat di manfaatkan oleh semua kalangan dengan hanya mengunduh di situs internet (website) yang disediakan. Sumber belajar digital saat ini populer dimanfaatkan di dunia pendidikan termasuk sejarah.

Peranan teknologi dalam pendidikan sangatlah besar tidak terkecuali terhadap mata pelajaran sejarah yang mulai memanfaatkan teknologi dan mengemas media dan sumber pembelajaran dengan bentuk digital sehingga tidak membosankan. Hal ini tidak lepas dari anggapan sejarah membesokan dan kuno, dengan dikemas digital diharapakan sejarah menjadi lebih menarik dengan tampilan yang canggih. Sejarah menurut Widja (1989: 91) studi keilmuan tentang segala sesuatu yang telah dialami manusia di waktu lampau dan yang telah meninggalkan jejak-jejaknya di waktu sekarang. Salah satu tujuan belajar sejarah menurut Van Der Mulen dalam Ismain (2003: 1) menyatakan “Tercantumnya sejarah dalam kurikulum sekolah dimaksudkan untuk membangun kepribadian mental siswa”. Belajar sejarah bukan hanya sebatas dipelajari saja tetapi bila dikaji lebih mendalam dapat menghasilkan sebuah penemuan baru yang menyempurnakan temuan sebelumnya dan mengungkap fakta yang masih dipertanyakan kebenarannya. Dengan belajar dari sejarah peserta didik diharapkan mampu mengambil pelajaran sehingga memiliki kepribadian mental yang baik. Namun materi dan istilah-istilah dalam sejarah sangatlah banyak peserta didik kurang mampu untuk memahami dan mengikuti pelajaran yang berlangsung. Kelemahan peserta didik dalam mengingat istilah-istilah dalam sejarah bisa menjadi penghambat tercapainya tujuan pembelajaran.

Kesulitan dalam memperlajari sejarah terdapat banyaknya materi sejarah dari prasejarah sampai kontenporer dan terdapt istilah-istilah yang tidak umum didengar. Dalam proses pembelajaran ditemukan perserta didik yang tidak mampu untuk menjelaskan istilah-istilah pada materi prasejarah dan tidak mampu menjelaskan arti dari istilah-istilah teknologi pada masa prasejah. Beberapa peserta didik mengetahui mengenai istilah benda-benda peninggalan teknologi masa prasejarah tetapi ketika mendefinisikan banyak kebingungan dalam menjelaskannya. Namun peserta didik bisa menjelaskan sebagian tentang istilah-istilah masa hindu-budha dan islam. Hal ini karena mereka masih menemui kebudayaan yang bercorak hindu-budha dalam kehidupan yang berakulturasi dengan budaya islam. Permasalahan ini muncul karena guru dalam memberikan penjelasan hanya secara garis besar sehingga peserta didik kurang memahami definisi istilah tersebut, sedangkan sumber belajar peserta didik hanyalah buku paket.

Kreatif dan mandiri menjadi salah satu tujuan pendidika nasional untuk membuat peserta didik kreatif dan mandiri dalam proses belajar. Dalam belajar dan pembelajaran mata pelajaran sejarah, peserta didik yang diharapkan mampu mencari sumber belajar dengan mandiri namun akan menemui kesulitan bila ketersediaan sumber belajar sangat sedikit bahkan tidak ada. Hal ini menjadi indikasi bahwa diperlukannya media dan sumber belajar yang bermacam-macam khususnya pada mata pelajaran sejarah. Sehingga dibutuhkan tersedianya media dan sumber pembelajaran yang memuat materi sejarah khususnya materi perkembangan teknologi pada masa prasejarah sebagai solusi kurang mampu peserta didik memahami suatu istilah. Kamus adalah salah satu bentuk sumber belajar yang memuat istilah-istilah sumber belajar. Kamus yang berisikan istilah sejarah saat ini masih jarang ditemukan, banyak ditemukan di toko buku dan perpustakaan adalah buku sejarah yang mengulas sejarah dunia dan nasional yang umumnya materi kontenporer. Kamus dibagi secara bentuknya menjadi dua yaitu kamus cetak dan kamus digital. Kamus digital lebih diminati karena kemudahan dan kepraktisan, kamus digital di kembangkan diharapkan memberi kontribusi terhadap dunia pendidikan khususnya mata pelajaran sejarah.

Menurut Harfatiani (2007:37) “kamus digital adalah kamus yang mengutamakan fasilitas elektroniks, yaitu fasilitas yang memungkinkan aplikasi pengolah kata memeriksa ejaan dari dokumen diketik”. Kamus sangatlah diperlukan untuk membantu pemahaman kita akan sesutu hal belum kita pahami makna atau hakikatnya.
Kamus sering kali dimanfaatkan dalam belajar dan pembelajaran bahasa inggris oleh siswa ataupun guru dalam media dan sumber belajarnya. Selain bahasa inggris dan indonesia kamus bisa kita kembangkan untuk semua disiplin ilmu dalam memahami suatu konsep istilah. Kita bisa memanfaatkan kamus dalam istilah sejarah, istilah geografi, istilah-istilah lainnya.

Membuat kamus melalui visual basic dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan tujuan pembuatan kamus digital disiplin ilmu ini bertujuan untuk membantu dalam pemahaman konsep dan sebagai sumber belajar. misalnya kamus istilah geohistory, maka didalam kamus tersebut memuat istilah-istilah dalam geohistory itu sendiri.

1. Buatlah konsep yang akan anda buat
2. Ketik dalam word kata atau istilah yang anda inginkan. Hal ini memudahkan anda dalam mendata kata atau istilah apa saja sebelum membuat kamus.
3. Buka visual basic anda, klik standard exe dan open.
4. Form sudah tersedia dan desainlah kamus anda dengan.
2 label, 2 teksbox, 1 commandbottun.
Desainlah seperti dibawah ini, atau kembangkan sesuka anda. Tetapi untuk saran cobalah seperti ini saja, kalau sudah paham dengan dasarnya maka dapat dikembangkan lebih lanjut.

qwe

5. Gantilah dipoperti seperti berikut:
Textbox : name = txtistilah
Textbox : name = txtdefinisi
Commandbutton : name = cmdTerjemahkan
caption = Terjemahkan

6. Lalu tuliskanlah source code berikut ini pada commandbutton (terjemahkan)

Private Sub cmdTerjemahkan_Click()
Dim kata As String
Open App.Path & “\data.txt” For Input As #1
kata = Me.txtistilah.Text
Do While Not EOF(1)
Input #1, Data
hasil = Split(Data, “-“)
If Trim(hasil(0)) = kata Then
Me.txtdefinisi.Text = hasil(1)
Exit Do
End If
Loop
Close #1
End Sub

7. Selesai mencoding, selanjutnya data yang word copy dan masukan di notepad, setelah selesai copy dan paste ke notepad dengan nama “data.text”.

8. Cara penulisan data dalam data di notepad

adf

geohistory-sebuah disiplin ilmu yang mengkaji sejarah dengan data data geografi

9. Simpan project di folder anda dan simpan notepad dalam folder yang sama dengan project anda.
10. Selanjutnya untuk mencoba tekan F5
Untuk pengemabangan selanjutnya bisa anda kembangan dengan kreatifitas anda, kamus ini bisa di terapkan disemua bidang ilmu dan cocok sebagai sumber belajar siswa.

Selesai selamat mencoba.

ebook

Tutorial selengkapnya di ebook dan sudah saya upload di postingan sebelumnya berjudul 9+ Media Pembelajaran Berbasis VB 6  dan bisa anda download https://drive.google.com/file/d/0B-o8D45rVsw4RHlrMF9XYmdCTWs/view?usp=sharing. Cara pembuatan media sangatlah mudah dan pasti bapak ibu guru di guraru sangat jago dalam membuat media pembelajaran.

Berikut hasil dari pengembangan Kamus Digital Istilah Sejarah (Materi Pra-Aksara).

Icon Aplikasi dalam bentuk .exe

1

Tampilan awal dari Kamus Digital Sejarah

2

Menu Kamus Digital Istilah Sejarah

3

Hasil KDI Sejarah

4

Browser KDI Sejarah

5

Alhamdulillah dengan aplikasi KDIS ini peserta didik merasa senang dan mudah dalam belajar sejarah. Respon positif dari peserta didik ini membuat saya semakin ingin terus berkarya dan berinovasi. KDIS ini masih dipergunakan untuk kalangan sendiri dan insyallah jika ada waktu untuk penyempurnaan aplikasi, maka akan dibagikan secara gratis untuk bapak ibu guru, akademisi, dan pemerhati pendidikan khususnya bidang sejarah.

Doumen pribadi saat diimplementasi di kelas dan kebetulan saat menerapkan lesson study.

Media dan perangkat – Penggunaan KDIS di kelas

1

3

Keterangan: Foto diambil saat lesson study dilaksanakan di MAN 3 Malang, observasi dilakukan oleh tim dan Ibu Mia J.

KDIS adalah aplikasi yang dibangun dengan bahasa pemograman basic.

Selamat mencoba bapak ibu guru. Salam guru Indonesia…!

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

2,198 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (37)

    • Avatar of Muhammad Alim

      Sebenarnya kemarin sudah mau saya bagi ke publik. Namun saya rasa banyak kekurangannya, insyallah kalau sudah lengkap kata2/istilah serta fitur2 lainnya bisa saya bagikan ke guraru.

    • Avatar of Muhammad Alim

      haha…
      sudah saya share ke beberapa sosial media saya. Alhamdulillah cukup ada respon dari guru2 untuk membaca artikel saya dan baiknya guru2 tersebut ikut lomba.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!