4

SM3T Berau, Guru Bantu yang Seru (+3)

Ma'ruf May 27, 2017

SM3T Berau Balikukup

Berau adalah surga wisata bahari yang diakui dunia. Kekayaan alam laut yang melimpah menegaskan Berau adalah destinasi pariwisata yang mutlak diperhitungan untuk didatangi oleh para pelancong mancanegara.

Di tengah kian digenjotnya sektor pariwisata berbalut konservasi alam, sektor pendidikan juga terus didorong oleh Pemda Berau untuk mendapatkan akses dan pemerataan di seluruh wilayah Berau. Langkah konkret itu dapat dilihat dari keseriusan Pemda Berau untuk bekerja sama dengan Kemendikbud mendatangkan SM3T di kampung-kampung yang berada di garis luar, terutama di daerah kepulauan. Tercatat, ada 29 sarjana muda yang disebar di kampung-kampung tertinggal dan terluar di Kabupaten Berau.

Salah satu contohnya, di Kampung Pulau Balikukup Kecamatan Batu Putih yang sudah dua tahun berturut-turut mendatangkan dua guru muda yang tangguh dan pantang mengeluh. Tidak hanya tangguh, para guru bantu ini adalah guru-guru muda yang seru. Seperti di Pulau Balikukup, guru bantu ini sangat disukai oleh para muridnya, apalagi bila kegiatan belajar dilakukan di luar kelas. Beberapa kali pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, para siswa dikerahkan ke pinggiran pantai untuk mengekspresikan diri lewat pembacaan puisi. Tentu para siswa merasa metode belajar seperti adalah metode baru yang seru.

 PULAU BALIKUKUP4

Bertugas dalam bingkai pengabdian di Pulau Balikukup adalah sebuah tantangan sekaligus kesempatan untuk menikmati keindahan alam. Pulau kecil Balikukup yang berjarak kurang lebih 18 mil laut dari daratan terdekat membuat pulau ini terisolasi dari banyak hal, terutama akses pendidikan. Oleh karena itu, situasi ini dicermati dengan baik oleh Pemda Berau untuk terus melakukan akselerasi terutama dari aspek tenaga pendidik di sekolah dasar yang akan menjadi fondasi terjadinya revolusi karakter di bidang pendidikan.

Kehadiran SM3T secara praktis telah memberi warna tersendiri dalam meningkatkan semangat dan motivasi belajar bagi anak-anak di Pulau Balikukup. Keluwesan dan dinamisnya metode yang diterapkan oleh pendidik muda ini tentu berdampak pada semangat belajar peserta didiknya. Orang bersekolah tidak harus pintar, tetapi orang bersekolah harus terus mampu menjaga semangatnya untuk melanjutkan pendidikan dan meraih mimpi-mimpi.

berautherhood2

Guru bantu SM3T ini punya banyak inisiatif dalam hal meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa. Baru-baru ini, guru bantu ini memanfaatkan teknologi dan internet terkini untuk membakar semangat belajar siswa-siswanya. Guru SM3T ini membuat projek vidio lintas benua. Dengan menggunakan sosial media, informasi tentang projek vidio ini disebar ke seluruh dunia. Vidio dengan tema menyapa anak pulau ini direspon baik oleh netizen, terbukti dengan diterimanya beberapa vidio dari beberapa negara, seperti Australia, Amerika, Inggris, Belanda, Korea, Turki, Jepang, Thailand, dan kemungkinan masih banyak rekan-rekan netizen yang hingga saat ini masih mengirimkan vidio motivasi untuk anak-anak pulau.

cara menyapa4 tentangberautherhood

Keteladanan dan keseruan yang diperlihatkan oleh dua sarjana pendidikan alumni Universitas Negeri Gorontalo dan Universitas Tadulako ini adalah modal yang sangat penting untuk membakar sumbu mimpi bagi anak-anak pulau Balikukup. Sebagaimana data faktual di SD 004 Balikukup, bahwa 1 dari 4 alumninya tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Salah satu faktor penyebab situasi miris ini adalah redupnya keinginan bersekolah sejak masih di bangku sekolah dasar. Sebab itulah, penguatan motivasi yang disertai dengan penanaman integritas ketika di sekolah dasar menjadi satu poin yang sangat penting untuk menekan tingginya angka putus sekolah di Pulau Balikukup.

SELA ILHAM

Keberadaan para guru muda SM3T di kampung-kampung di Berau adalah sebuah kesempatan pengabdian yang berpadu rasa dengan liburan ala pengabdian atau pengabdian rasa liburan. Tentunya, pengabdian yang dijalani dengan ikhlas dan bertanggungjawab akan mendatangkan kebaikan-kebaikan dari arah yang tidak diduga.

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

581 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (4)

  1. Avatar of Darul Azis

    Guru SM3T memang dapat menjadi inspirasi tersendiri, baik bagi murid, guru, sekolah, maupun masyarakat tempat mereka tinggal.

    Sedangkan bagi para guru bantu, hal tersebut akan dapat menambah referensi, kegigihan, dedikasi, dan kepekaan sosial mereka dalam membaur bersama masyarakat.

    Artikelnya sangat menarik. Terima kasih sudah berbagi di sini. :)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!