15

Siswa Belajar Nge-Blog (+5)

Muhammad Nur'alim February 5, 2014

Nge-Blog atau Blogging, telah menjadi tren. Kebiasaan blogging telah bergeser daru hanya mengisi waktu luang berubah menjadi aktivitas utama. Aktivitas blogging terus tumbuh. Data jumlah blooger di tahun 2013 diperkirakan mencapai 5 juta blogger, yang membentuk komunitas blogger di berbagai kota di Indonesia.

Blogger berasal dari lintas profesi, mulai dari mahasiswa, guru, karyawan, ibu rumah tangga, maupun kalangan pelajar. Ngeblog juga sudah menjadi kebiasaan di beberapa kalangan guru, walaupun tidak semua guru melakukan aktivitas ngeblog.

 

Sementara itu, ngeblog di kalangan pelajar, sepertinya belum seagresif blogger lintas profesi. Sebagai contoh, di sekolah saya, mencari blogger dari kalangan pelajar, gampang-gampang susah, karena jumlah mereka tidaklah banyak. Apalagi Ngeblog tidak ada kurikulumnya, tidak masuk ekstra kurikuler, apalagi mapel Ngeblog pun juga tidak ada… hehe. Mapel TIK pun berada di persimpangan jalan. Apalagi guru TIK di sekolah saya adalah eks guru Tata Boga dan Elektronika. Mungkin, berdasarkan keahlian mereka, mapel Prakarya lebih cocok. Lalu bagaimana dengan yang lain?

Siswa Ngeblog

Walau sepertinya sulit menemukan siswa yang ngeblog, ternyata ada juga memiliki blog. Salah satunya adalah siswa di dalam foto tersebut. Ternyata, selama ini, ia ngeblog lewat HP. Platform yang digunakan adalah blog.com dan mywablog.com. Saya malah baru tahu, kalau ada platform blog berbasis HP.  Tidak hanya itu, ia pernah menulis puisi remaja di koran Kompas dan Solopos. Wow, bakat menulisnya telah tumbuh. Sayang kalau disia-siakan.

Ketika saya tanya mengapa tidak menggunakan laptop/notebook? Jawabannya: “Saya tidak punya laptop pak?”

“Oo begitu. Ya sudah, kapan-kapan ketemu saya setelah pulang sekolah. Saya pinjami Laptop saya. Biar kamu bisa ngeblog pake laptop.”

“Ya Pak” Jawabnya

Mulailah ia ngeblog dengan saya pinjamkan laptop untuknya. Ia pun mulai bereksplorasi dengan platform blogspot.

Daaaan, Wow. Jadilah blog miliknya seperti yang anda saksikan di sini...

Blog itu sendiri, dibuat untuk mengikuti lomba blog pelajar yang diselenggarakan oleh Indischool Soloraya.

1,783 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (15)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar