2

Simulasi Pasar dengan Jualan Langsung (+2)

Rakhmad April 21, 2016

Pasar merupakan kegiatan bertemunya penjual dan pembeli. Kegiatan seperti masih berlangsung dimasyarakat kita yang melalui pasar tradisional. Kegiatan bertemu langsung juga mulai berkurang disaat sekarang sudah muncul tradisonal dan daring.

Dalam pembelajaran tematika kelas 5 tema 8 subtema 3, siswa-siswi diperkenalkan untuk mengenal pasar, macam-macam pasar dan mensimulasikan kegiatan pasar. Siswa-siswi diharapkan juga mengetahui tentang ciri-ciri pasar tradisional dan modern.

Berikut ini adalah ciri-ciri pasar tradisional; pertama, pembeli bertemu langsung dengan penjual. Kedua, penjual melayani pembeli untuk barang yang dibutuhkan. Ketiga, ada proses tawar-menawar. Keempat, berupa kios-kios yang berkumpul dalam satu area. Kelima, pembayaran dilakukan langsung kepada penjual. Sedangkan ciri-ciri pasar modern yaitu; pertama, pembeli tidak bertemu langsung dengan penjual. Kedua, tidak ada proses tawar menawar. Ketiga, Barang dagangan dijajakan di rak-rak yang mudah dilihat dan dijangkau pembeli (harga di tempel). Keempat, pembayaran dilakukan di kasir. (Irena MJA: 2014).

Setelah siswa-siswi memahami tentang pasar, komponen pasar serta macam-macam pasar. Siswa-siswi diajak untuk melakukan simulasi pasar dengan berjualan makanan pada waktu istirahat. Setting simulasi ini adalah membuat pasar tradisional. Siswa-siswi bisa melakukan simulasi sesuai dengan ciri-ciri di atas.

Simulasi Pasar
Siswa-siswi sebelumnya berkumpul dengan kelompok masing-masing untuk mendiskusikan apa yang mau dijual. Setelah didiskusikan telah disepakati ada makanan yang bisa dibuat dan ada yang harus dibeli. Artinya siswa-siswi bisa membuat barang yang dijual sendiri dan menjualkan barang orang lain.

Hari untuk simulasipun sudah tiba, siswa-siswi menata meja dan bangku untuk berjualan di halaman sekolah. Kerjasama kelompok dan kekompakan ini memiliki penilaian tersendiri. Jajanan mulai dijajakan dan ditata. Barang yang masih perlu diolah khususny es juga disiapkan.
pasar 2

pasar 1
Bel istirahat tiba, pembeli dari guru dan siswa kelas yang lain berdatangan. Mereka mulai menawar dan membeli jajanan yang sudah dijajakan. Di samping itu kelompok lain juga boleh membeli. Halaman sekolah ramai seperti pasar beneran yang bergerombolan siswa-siswi membeli. Akhirnya jajanan habis dibeli.
pasar 3

pasar 4

Setelah selesai simulasi siswa-siswi mulai membersihkan meja dan bangku yang tadi dibuat jualan. Tidak lupa halaman harus bersih dari sampah. Siswa-siswi mulai menghitung hasil jualan, ternyata hampir semua kelompok mengalami laba. Seterusnya hasil simulasi ini dievaluasi dengan mendengar pendapat antar kelompok.

1,688 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!