37

SENANGNYA JADI GURU INOVATIF, AJAIB ! (+9)

Taufik Ibrahim May 10, 2015

opikdetik1

Menjadi guru adalah sebuah kebanggaan dan tentunya kita akan menemui berbagai pengalaman indah, membahagiakan serta menyenangkan tentunya. Mengapa demikian? Ya karena selama menjadi guru, saya sering merasakan berbagai keajaiban di dalamnya.

Perkenalkan…. nama saya Taufik Ibrahim, M.Pd  (di Sosmed biasa dengan nama FB: Taufik Opikibra Ibrahim dan Twitter: @opikibra30) saya hanyalah seorang guru IPS lulusan dari IKIP Jakarta 1998 Jurusan Pendidkan Dunia Usaha-Program Studi Akuntansi-Fakultas Pend.IPS dan saat ini saya mengabdi sebagai guru PNS di sebuah SMP  Negeri yang baru 5 tahun berdiri yaitu SMPN 17 Depok, jadi saya sekarang mengabdi di sebuah sekolah yang masih berupaya membangun dirinya. Sebelumnya saya sudah mengabdi selama 10 tahun di SMPN 14 Depok yang juga sudah banyak melahirkan pengalaman yang ‘ajaib’ bagi saya selaku guru.

Secara umum di kedua sekolah tersebut tentulah punya nuansa yang berbeda, namun tetaplah sangat menyenangkan dan bahkan membahagiakan. Artikel ini saya tulis dengan banyak menggunakan “bahasa” gambar karena akan memudahkan dan memperkuat dari apa yang saya sampaikan terkait tema “Pengalaman yang Menyenangkan dari Menjadi Guru”. Secara rinci, bisa saya  ungkapkan berbagai pengalaman menyenangkan tersebut menjadi beberapa segmen yaitu:

A. Pengalaman Bersama Siswa

  1. Bersama Siswaku di Tim Nasyid

Sebelum menjadi PNS saat masih mengajar sebagai guru Honor mengajar mapel Matematika di SMK Khazanah Kebajikan-Pamulang dan Mandrasah Aliyah KK mengajar mapel Ekonomi/Akuntansi era 1998-2008 sempat malang melintang di dunia Musik Religi sebagai Tim Nasyid bersama beberapa murid saya yang cukup berbakat dalam dunia musik dan tarik suara.  Tim Nasyid kami adalah DER CHOSEN (Deretan Chowok Seneng Nasyid) dari awalnya hanya menemani dan membimbing siswa saya untuk menemukan “passion” mereka di dunia musik seperti mengajar matematika sambil memperdengarkan suara lagu Nasyid di kelas, tampil di acara-acara sekolah hingga puncaknya menjadi Juara Nasional Lomba Nasyid di TV7 2004 (sekarang Trans 7) adalah pengalaman yang sangat menyenangkan bagi saya sebagai guru kala berhasil menemani menggapai impian siswa saya sekaligus memotivasi siswa untuk meraih prestasi non akademik. Kisah lengkapnya bisa baca disini dan disini

DC Ijo

DC Kompas

Juara 3 nasional Lomba Nasyid di TV7 2004

Berikut ini video saat saya terkadang membawakan nasyid di sekolah seperti saat pesantren kilat 2010 lalu:

 

  1. Bersama Siswaku Hengki Kumayandi

Selain membimbing Nasyid, saya juga sering memotivasi siswa untuk menulis seperti salah satu siswa saya yaitu Hengki Kumayandi yang kala itu masih menjadi siswa pada jurusan sekretaris di SMK Khazanah Kebajikan. Sudah nampak bakatnya untuk menulis cerita dan skenario drama, saya sebagai salah satu gurunya yang sering berdiskusi dan memberikan suport sekaligus masukan kepada Hengki Kumayandi agar selalu konsisten mengejar “Passionnya” di dunia tulis menulis. Dan ternyata benar saja, 10 tahun setelahnya ketika kami selalu “Keep in Touch” saya didatangi Hengki Kumayandi yang mengabarkan bahwa ia telah berhasil jadi salah satu penulis novel islami yang bukunya sudah bisa diakses di toko buku ternama di seluruh Indonesia. Sangat menyenangkan! Kisah lengkapnya bisa baca disini.

Telheng1

 

SMKKK0315

IMG_20141122_123931

 

3. Bersama Siswaku Feby Dwi Kurnia

Sebuah pengalaman yang menyenangkan tentunya kala kita bisa melihat keberhasilan siswa untuk menyerap ilmu yang kita berikan kepada mereka. Inilah yang terjadi pada beberapa siswa saya setelah saya kenalkan berbagai Inovasi dengan TIK baik di kelas maupun lewat ekskul Mutimedia yang mereka ikuti.

Setelah mengembangkan Inovasi Pembelajaran berbasis TIK di tahun 2009 sampai sekarang, sudah beberapa kreasi yang coba saya kembangkan, antara lain, Media Kuis Interaktif dengan Power Point, Media Presentasi Pembelajaran dengan Autoplay Media Studio, Media Layar Sentuh (berbiaya murah), dan belakangan saya coba perkenalkan kepada para guru dan beberapa siswa untuk mengenal aplikasi untuk menyusun Media Pembelajaran Interaktif dengan memanfaatkan Lectora Inspire.

Dahsyatnya, baru beberapa hari saya perkenalkan ke beberapa pihak di sekolah kami, ada salah satu siswa saya yang secara mengejutkan mampu “menerjemahkan” ilmu yang saya berikan, yaitu Feby Dwi Kurnia (Kelas IX.2) yang ternyata dalam sekejap mampu untuk membuat sebuah media presentasi dengan memanfaatkan Lectora, digabung dengan Media Layar Sentuh yang saya kembangkan beberapa tahun terakhir di Kota Depok. Hebatnya lagi, siswa ini mampu berperesentasi layaknya seorang guru kepada para siswa di kelas, bahkan Feby mampu menggarap sendiri video hasil persentasinya dengan sangat baik sehingga cukup informatif bagi para ”Viewernya” di youtube. Kisah lengkapnya bisa baca disini.

foto-feby-dk-di-7-4

Berikut ini video yang dibuat siswa saya Feby Dwi Kurnia saat ia presentasi tentang pembelajaran online di depan para adik kelasnya dengan media layar sentuh murah yang saya kembangkan:

 

  1. Momen Ultahku Bersama Siswa

Salah momen tak terlupakan dan sangat menyenangkan ketika saya mendapatkan apresiasi dari hampir seluruh siswa di sekolah, ketika itu saat saya berulang tahun . Kisah lengkapnya ada disini.

P1020739

 

  1. Bernyanyi bersama Siswa

Di beberapa momen pembelajaran, saya sering mengajak siswa untuk bernyanyi bersama baik itu di awal maupun sebelum menutup pembelajaran. Lagu yang mengiringi kami bernyanyi saya buat liriknya sendiri dengan mengambil suara musik dari lagu yang sudah ada sebelumnya, jadi semacam lagu parodi yang semua lirik lagu yang saya buat diperuntukkan bagi penumbuh semangat belajar siswa di kelas. Salah satu kisah lengkapnya bisa baca disini dan disini.

Sedangkan salah satu videonya bisa lihat dibawah ini:

 

 B. Pengalaman Bersama Guru

  1. Pelatihan & Seminar

Sungguh sangat menyenangkan kala saya mendapatkan kesempatan diundang beberapa pihak untuk menyampaikan segala Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK yang saya kembangkan melalui berbagai pelatihan guru  maupun seminar di beberapa perguruan tinggi ternama.

a). Saat jadi Pembicara di Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran IPS Berbasis TIK di UPI Bandung 2012 berkolaborasi dengan Pakar Kurikulum Prof.Said Hamid Hasan. Liputan lengkapnya bisa baca disini.

Penghargaan dari UPI Bdg

spanduk-digital-seminar

 

b). Saat presentasi Inovasi Pembelajaran berbasis TIk di Seminar Guru Inovatif di ITB Bandung 2013. Liputan lengkapnya bisa baca disini.

itb55

itb58

Berikut ini video saat Seminar Guru Inovatif dalam momen Pesantren IT di ITB Bandung 2013

 

c). Saat jadi pembicara di hadapan Dosen dan Mahasiswa Universitas Pakuan Bogor di Seminar Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK memperkenalkan Media Layar Sentuh Murah dan inovasi TIK lainnya. Liputan lengkapnya bisa baca disini.

Opik Ceramah2

Terima Peghargaan dari Univ.Pakuan-Bogor

 

d). Saat mengisi Seminar Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK di DEPICTA-Depok ICT Award 2014

Isi acara Depicta

 

e). Saat mengisi Seminar Pembelajaran Abad 21 untuk membantu Intel Education Indonesia di beberapa Kota di Jawa Barat. Liputan lengkapnya bisa baca disini.

Pembicara di Intel Education

 

f). Saat melatih TIK gratis bagi 1500 guru se-Depok selama 6 bulan bersama Komunitas Depok Cyber yang saya dan teman-teman gagas. Dibuka oleh Wakil Walikota Depok.

Opik Ngajar di DCC2

 

DCC7

 

g). Saat melatih Inovasi Pembelajaran buat guru Swasta se-Depok Oktober 2013

Bellezza379

Bellezza361

 

h). Saat mempresentasikan Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK di MGMP Guru IPS se-Kota Bogor 2013

Mengisi Diklat Inovasi Guru

 

i). Saat berhasil mengadakan kegiatan Depok ICT Award 2014 (DEPICTA) bersama Komunitas Depok Cyber yang kami dirikan bersama guru-guru se-Depok dan dibuka oleh Menkominfo Bpk. Tifatul Sembiring saat itu. Kabarnya ini adalah kegiatan pemberian Award bidang ICT tingkat Kota pertama di Indonesia. Liputan lengkapnya bisa baca disini.

Foto Depicta opikopikgora1

 

j). Saat berhasil mendorong para guru untuk menguasai Media Layar Sentuh Murah (Low Cost Interactive Whiteboard) semisal melalu Pelatihan dan Lomba IWB antar guru SMP Negeri se-Kota Depok 2012 yang lalu. Liputan lengkapnya ada disini.

Berikut salah satu video saat Guru Presentasi Final Lomba IWB 2012:

 

 

  1. Apresiasi Prestasi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK

Sebagai salah jalan untuk membangun budaya belajar sepanjang hayat, kreatif, dan inovatif, dan sarana untuk mempublikasikan pengalaman terbaik dari hasil inovasi pembelajaran yang pernah saya buat serta untuk memotivasi guru dalam berkarier melalui karya inovasi pembelajaran, maka saya sering mengikuti ajang lomba antar guru di berbagai level mulai di tingkat regional, provinsi sampai dengan nasional dan ternyata disamping mendapatkan apresiasi yang berupa hadiah uang tunai, laptop dan piagam penghargaan, saya juga mendapatkan pengalaman yang menyenangkan selama tampil di final saat dapat mengenal guru-guru yang kreatif dan inovatif dari seluruh Indonesia dan juga mendapatkan semacam ‘bonus’ untuk bisa bertemu tokoh-tokoh penting di negeri ini hanya karena Inovasi Pembelajaran  Berbasis TIK yang saya kembangkan di sekolah.

a). Saat bertemu Mendiknas Prof.Dr.Ir.Muh.Nuh, DEA untuk menerima penghargaan Juara I Tkt Nasional Lomba Kreasi & Inovasi Media Pembelajaran hadiah uang 8 juta dan bonus hadiah laptop dari beliau di 2009. Kala itu saya baru pertama kali membuat KTI dan langsung masuk final di Lomba pertama yang saya ikuti.

Opik n Muh Nuh

 

b). Saat bertemu Bpk. Deddy Mizwar (Wagub Jabar) untuk menerima penghargaan Piagam dari Gubernur Jabar dan Laptop sebagai pemenang JABAR IT AWARD 2013. Liputan lengkapnya ada disini dan disini.

Opik n Deddy Mizwar1

 

c). Saat bertemu Walikota Depok Bpk.Ir.Nur Mahmudi Ismail untuk menerima penghargaan sebagai Guru PNS Depok yang berprestasi di tkt. nasional di Januari 2014 lalu dan mendapat piagam penghargaan serta hadiah 5 Juta rupiah dari beliau. Liputan lengkapnya bisa baca disini.

Foto Opik dan Nur Mahmudi

 

d). Saat menerima hadiah 31 Juta + laptop Juara Inovasi Pembelajaran Nasional 2013 di P2TK Kemdikbud. Kala itu dengan hanya mengeluarkan modal 150 ribu rupiah untuk membuat PAKPIKPOK Edu Game dengan Ms.Power Point. Liputan lengkapnya bisa baca disini.

Juara 3 Inovasi pembelajaran 2013

Terima hadiah Juara 3 Naional 2013

 

e). Terpilih menjadi Guru Seru Bulan Oktober 2013 oleh pihak pengelola GURARU. Liputan lengkapnya disini.

guru seru opik di guraru

 

  1. Lomba Paduan Suara

Paduan Suara Guru SMP Negeri 14 Depok berhasil meraih juara I pada Lomba Paduan Suara antar Guru/Sekolah di Kecamatan Bojongsari Kota Depok. Lomba tersebut berlangsung pada Kamis, 22 November 2012. Liputan lengkapnya ada disini.

Guru Devkas Batik Belimbing

Berikut cuplikan video saat saya memperkenalkan lagu “Terima Kasih Guru” ala Afgan sekaligus menunggu pengumuman hasil lomba Padus tsb:

 

  1. Kenal Guru-guru Hebat di Guraru

Salah satu motivasi bagi lahirnya berbagai karya inovasi yang pernah saya buat adalah dikarenakan saya banyak mengenal guru hebat di berbagai sosial media salah satunya ya di web guraru ini. Seperti bersahabat karib dengan Mas Sukani yang kebetulan kami sama-sama guru yang tinggal di Kota Depok. Liputan lengkapnya terkait guru-guru hebat di guraru bisa baca disini.

temusukani2

 

C. Pengalaman Menyenangkan Lainnya

  1. Syuting Inovasi Pembelajaran bersama TV Swasta

Salah satu momen menyenangkan bagi saya adalah ketika mendapatkan apresiasi dari Pemda Depok melalui Wakil Walikota Depoknya yaitu Bpk. H.Idris Abdul Shomad, MA yang datang ke sekolah saya dengan membawa kru TV Swasta ANTV untuk syuting Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK bersama saya dan siswa di kelas 9.1.  Liputan lengkapnya bisa baca disini.

 ANTV1457Lumix13Mei1347

ANTV1459

 

  1. Terpilih menjadi Inspiring People di Majalah Detik Com (Trans Corp)

Momen menyenangkan terkini kala saya dan SMPN 17 Depok mendapatkan apresiasi dari pihak Majalah Detik Com (kanal dari TRANS Corpnya Bpk.Chairul Tanjung) yang melalui riset panjang mereka akhirnya menetapkan saya menjadi “Inspiring People” untuk majalah digital tersebut di Edisi 177/ 20-26 April 2015. Liputan lengkapnya bisa baca disini.

Berikut ini tampilan sebagian halaman dari total 9 halaman di majalah detik com tersebut:

opikdetik1

opikdetik3

opikdetik5

Foto Profil Opik di Majalah DeTIK

sedangkan berikut cuplikan video yang ada di majalah digital tersebut:

Demikian sekilas pengalaman menyenangkan menurut saya selaku guru, semoga bisa menjadi bahan motivasi bagi rekan-rekan guraruers sekalian.

Salam Kreasi Inovasi Motivasi!

Foto Guru Devlas Loncat

www.taufikibrahim.wordpress.com

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10

3,109 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (37)

  1. Avatar of Atjih Kurniasih

    Subhanallah bspak, membaca tulisan tentang perjalanan prestasi bapsk membuat saya menyadari satu hal yaitu, betapa miskin ilmunya saya, tetutama dari hal IT dan kreatifitas. Yang mana itu sangat, sangat di butuhkan dalam pendidikan di abad 21. Saya dulu alumni SMP 2 Depok. Jauh tidak pak dengan lokasi SMP bapak?.salam kenal dari saya dan KEREN ABIS

  2. Avatar of Taufik Ibrahim

    salam kenal juga Bu Atjih….Terima kasih juga atas apresiasinya…saya terkadang suka main ke smpn 2 Depok jika ada tugas pelatihan. Dan untuk SMPN 2 Depok adalah tempat yg tdk asing buat kami para guru di Depok…mulai dari kepseknya dan bbrp gurunya sudah saya kenal…. :)

  3. Avatar of Rakhmad

    Pak Taufik Opikibra Ibrahim memang inovatif dan ajaib. memiliki ciri khas dalam berinovasi, saya melihat dalam blog guraru ini muncul kekhasan masing-masing guru dalam berinovasi. disinilah semakin banyak khasanah inovasi, guna Pendidikan Indonesia selangkah lebih maju. salam kenal pak…..

  4. Avatar of Iwan Sumantri

    Tuh Kan apa benar prediksi saya…diam-diam Pak Taufik Opikibra Ibrahim meluncurkan tulisan yang kren dan akan menginspirasi para guraru di negeri ini. Senang rasanya membaca tulisan Pak Taufik…dan tentunya menginspirasi buat saya…ternyata guru inovatif, kreatif dan AJAIB ada dinegeri ini !
    Sukses Pak Taofik…Saya kasi VOTE 100% !

  5. Avatar of mokhamad subakri

    heeeee …. akhirnya nulis juga nih guru ips heeeee :)
    kalau lihat perjalanan prestasinya udah tak layak ditulis di sini nih ….. ketinggian kayaknya heeeeee ….. :) semoga sukses pak .. kalau dapat laptop lagi bagi ke saya aja … pak taufik kan udah sering dapat yang kayak ginian heeeee …. bercanda :)

    sy pingin kreatif di IT … cuman waktu belajarnya kapan ya? jadi guru kelas VI ITnya cuman power point, word, exel, f.shop heeeee …. karena dikejar soal-soal terus :)

  6. Avatar of Taufik Ibrahim

    Yahhh…Pak Subakri kan yang “NYENTIL” saya untuk nulis di guraru ini, kan gara-gara kunjungan di blog saya yang lalu…maka akhirnya gatal juga mo nulis lagi di guraru ini. Bukan semata-mata karena hadiahnya, tapi lebih kepada ikut meramaikan suasana GURARU tercinta ini yang bbrp waktu terakhir terasa sepi dari hingar bingar tulisan2 hebat dari guraruers. Lagi pula calon pemenangnya disini sudah ada..misalkan Pak One SM, Kang Martho, M.Subakri, Pak Namin AB, Bu Atjih Kurniasih, dan masih banyak lagi yang tak perlu saya sebutkan satu per satu… :)

    Semoga Episode Guru Seru akan Re-Born…biar guraru tetap seru ! :)

  7. Avatar of mokhamad subakri

    heeeeeeeeeeeeeeee ….. guru-guru yang udah juara GURARU kira-kira nulis juga ngak ya …. ? heeeee ….. :)
    ============================
    dulu sy fikir mas taufik cuman bisa nasyid …… ternyata prestasi yang lain banyak dan inovati ITnya luar biasa :) #salut

  8. Avatar of Taufik Ibrahim

    Trims ya Bu Hedy dan Pak Sudomo atas kunjungannya di artikel ini…salam sukses utk kita semua…

    @Bu Hedy: kyknya kata-katanya masih banyak koq stoknya tuh… hehehe… :)

    @Pak Sudomo: Salam hangat juga dari Kota Belimbing ….Kota Depok… :)

  9. Avatar of Rusdi Mustapa

    Luarrr biasa Bapak Taufik Opikibra, kisah bapak dengan berbagai pencapaiannya memberi saya satu pelajaran penting tentang bagaiman kita mendedikasikan jiwa dan raga kita untuk pendidikan secara ikhlas dan penuh totalitas maka akan berbuah manis dengan berbagai pencapaian yang luar biasa. Walau (mungkin) bagi bapak pencapaian itu adalah “bonus” dari dedikasi dan totalitas bapak, tapi bagi saya itu sangat menginspirasi banget.
    Senang bisa mengenal sosok bapak yang sangat inspiratif dengan berbagai prestasi yang sangat luar biasa. Mungkin jika bapak tidak berkeberatan bisalah menularkan ilmunya bagaimana bisa menjadi guru yang INOVATIF AJAIB !!!
    Jika bapak berkenan membagi ilmunya bisa di kasih tips-tips yang perlu saya ketahui melalui email saya
    rusdihistory@gmail.com
    087836523161

    Ditunggu ilmu dan motivasinya ya pak, salam guru Indonesia yang INOVATIF dan AJAIB

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!