2

Semangat Berwirausaha Guru Muda (+1)

handri zakki pratama July 11, 2015

Selamat menjalankan ibadah puasa Bapak/Ibu Guru.

Usai pembagian raport kenaikan kelas berlalu memang minim sekali aktivitas yang ada disekolah, tercatat disekolah tempat saya mengajar hanya disibukan oleh kegiatan penerimaan siswa baru tahun pelajaran 2015/2016 saja.

Sementara rapat awal tahun pelajaran baru belum dimulai, libur panjang yang kali ini berbarengan dengan bulan ramadhan tidak lantas membuat guru minim kegiatan. Diluar aktivitas sekolah yang saya sebutkan diatas, saya memotret beberapa rekan seperjuangan disekolah tengah getol merintis usaha di bulan yang penuh barokah, kebetulan bidang usaha yang tengah guru-guru hebat ini tekuni sesuai dengan mata pelajaran yang diampu disekolah. So.. mereka buktikan bahwa ilmunya bisa diterapkan langsung di dunia usaha secara mandiri.

Berikut saya potret mereka lewat tulisan sederhana ini untuk meramaikan guraru.org hehehe

Pak Maryadi (Guru Produktif SMK Perhotelan Spesialis Tata Boga)

Guru muda yang satu ini punya semangat berwirausaha yang kuat, gaya mengajarnya yang supel, dan dengan cara pendekatannya dengan siswa disekolah terbilang asyik, masih berusaha mengilhami anak didik kami untuk mengikuti jejaknya ikut berwirausaha.

a pak mar
Sejalan dengan mata pelajaran yang diajarkan disekolah, Pak Mar sebutan akrabnya, tengah merintis bisnis minuman segar pelepas dahaga untuk berbuka puasa. Sop buah “3 Idiots” menjadi produk unggulan Pak Mar. Berbekal ilmu tata boga yang dimilikinya Pak Mar tidak hanya meraup keuntungan yang manis dari usaha Sop buahnya, tetapi juga dapat membuktikan bahwa ilmunya dapat diaplikasikan didunia usaha. Sekedar informasi nama “3 Idiots” diambil dari film produksi bollywood yang mengisahkan belajar itu harus dengan passion (minat). Minat Pak Mar selain mengajar memang ada didunia bisnis. Pak Mar masih punya kegiatan usaha toko baju di Pasar Baru Bandung, bisnis kue kering olahan dan yang terbaru bisnis minuman segar “3 Idiots” yang bisa Anda temukan di taman Kota Soreang, Kabupaten Bandung.
Bu Desita (Guru Prakarya dan Kewirausahaan)

 

a bu des
Menjelang waktu magrib tiba Bu Des menggelar lapak “Cireng Cilok Aneka”, persis tepat didepan rumahnya disebrang Hotel Antik Soreang. Semuanya dibuat sederhana karena menurutnya berwirausaha itu sederhana. Pesan Bu Des ini diharapkan juga sampai ke anak didik kami agar punya bakat berwirausaha tanpa harus pusing memikirkan ini-itunya, dan take action jadi kuncinya.
Bu Des, sapaan akrabnya adalah rekan seperjuangan yang mengajar mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Modalitas ilmu kewirausahaannya ia terapkan betul, mengintip usaha di bulan ramadhan, merencanakan usahanya, dan take action!
Bu Mela (Guru Bahasa Inggris)

Mata pelajaran yang diampunya, boleh saja tidak ada kaitannya dengan usaha yang kini tengah dilakoni oleh Bu Mel. Tapi aktivitas di Bulan Ramadhan kali ini sungguh luar biasa padatnya. Bu Mel punya bisnis konveksi baju anak-anak yang baru saja dirintisnya, ia namakan D’Kiddos. Mungkin karena berkah bulan suci juga order baju kreasi Bu Mel tak pernah sepi pembeli.

Sebetulnya masih ada Bu Yuni dan Bu Yetti (Guru Produktif Tata Boga) yang merintis usaha kue lebaran, Bu Destia (Guru Bahasa Indonesia), Bu Riska (Guru Bahasa Sunda), Bu Silmi (Guru IPA) dan Bu Nurul (Matematika) yang sama-sama memiliki toko online shop kecantikan. Pa Indra (Guru Produktif Otomotif) yang punya bisnis rental mobil.  Pak Andreas (Guru Perhotelan) punya bisnis counter pulsa, Pak Fauzan (Guru Seni Budaya) punya rintisan usaha dibidang lukis melukis dan design grafis. Pak Chandra (Guru Bahasa Indonesia) juga mengikuti jejak Pak Mar untuk merintis bisnis minuman segar “Mie Cool” selama bulan Ramadhan.
Saya? ya beginilah saya memotret setiap kejadian didepan mata dengan tulisan, bersenjatakan laptop, dan speaker aktif. hehehe
Mudah-mudahan aktivitas diluar sekolahnya selama bulan suci puasa ini diberkahi, dan jangan lupa persiapkan amunisi-amunisi perangkat belajarnya ya Bapak/Ibu Guru untuk hadapi tahun pelajaran baru dengan penuh optimis untuk membentuk pribadi siswa yang berakhlak mulia, berkarakter tangguh, dan berorientasi masa depan.
Sampai jumpa di awal KBM diakhir pekan Juli!

Sehat Selalu!

Salam GURARU!

1,769 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!