0

Sekilas Gambaran Peran Teknologi Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini (0)

Mister Nuel May 13, 2017

Akankah guru tergusur  teknologi? Ataukah   berbaur dan memanfaatkannya.

Akankah murid menjadi penikmat,  sementara guru tertatih dan lesu meratap?
Ataukah bersama meraih ilmu memanfaatkan teknologi sebagai jamu, dalam pendidikan Indonesia.

Perkembangan teknologi sekarang ini membawa murid bertumbuh dalam dunia digital. Kita bisa dengan mudah menemukan murid-murid menggunakan peralatan digital dalam keseharian mereka di luar sekolah. Sebut saja Smartphone, tablet, dan laptop. Sudah jadi pemandangan yang umum kita lihat.

Google ibarat guru bagi mereka. Kalau mereka ingin mencari sesuatu, tanya google.

Televisi? sudah lewat. Saat bosan, mereka bisa dengan mudah mengakses Youtube untuk melihat video  yang menghibur, bisa pilih mau melihat apa, tidak seperti Televisi yang harus menunggu jam dan hari tertentu untuk bisa melihat tayangan yang diinginkan.

Game sudah bukan lagi main petak umpet dengan tetangga dekat rumah, mereka sekarang sudah bermain menggunakan  permainan interaktif bersama anak dari luar daerah bahkan dari luar negeri.

Pola kebiasaan ini membawa perubahan terhadap murid-murid.

Dalam satu penelitian¹ di Amerika,  77% guru menyatakan bahwa penggunaan internet dan teknologi digital membawa manfaat positif dalam kebiasaan murid-murid saat melakukan penelitian. Hal ini sungguh membesarkan hati, tapi sayang penelitian ini juga mengungkap hal lain.

87% guru mengatakan bahwa penggunaan internet dan teknologi digital menciptakan generasi dengan rentang konsentrasi yang rendah.

Lebih jauh lagi 64% guru mengatakan bahwa teknologi digital sekarang ini lebih banyak mengakibatkan distraksi terhadap murid dibandingkan membantu murid dalam hal akademik.

Pertanyaan untuk dunia pendidikan adalah bagaimana kita akan menyikapi hal ini?

Apakah kita akan diam saja dan tetap menggunakan pola lama yang telah usang? Toh penggunaan teknologi juga memiliki dampak buruk.

Ataukah kita akan menggunakan perkembangan teknologi untuk meningkatkan KBM di dalam kelas dengan meminimalkan dampak buruknya?

Untuk anda yang membaca tulisan ini, tentu saja sudah jelas, kita akan beradaptasi dan belajar menggunakan perkembangan teknologi untuk meningkatkan KBM  di dalam kelas. Jika tidak, anda tentu tidak akan berada di situs guraru yang memiliki misi mendukung pendidikan berbasis teknologi dengan menyediakan perangkat berkualitas seperti Acer Chromebook 14, untuk memperluas kekuatan pendidikan dan mengembangkan potensi murid, guru, dan sekolah.
Ya… kita juga sadar ada temuan yang harus kita sikapi.
Ada dampak buruk yang harus kita minimalisir.

Dari hasil penelusuran, saya temukan² penggunaan teknologi berupa paparan terhadap laptop, smartphone, tablet mengakibatkan anak usia SMP mengalami kesulitan tidur.

Setidaknya ada dua hal yang menjadi tantangan kita dalam penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar:

  1. Dampak menurunnya rentang konsentrasi murid.
    Dampak ini bisa dijelaskan dengan munculnya berbagai pemberitahuan di gadget digital setiap waktu. Pemberitahuan yang muncul dan menyita perhatian saat sedang melakukan suatu aktivitas ini menurunkan rentang konsentrasi terhadap suatu aktivitas.
  2. Dampak masalah tidur.
    Dampak gangguan tidur ini terutama dialami oleh murid yang menggunakan smartphone diatas 4 jam seharinya.

Kedua tantangan ini bukan hal yang rumit untuk dipecahkan. Munculnya pemberitahuan sewaktu-waktu bisa diatur supaya tidak muncul melalui pengaturan gadget.

Kesulitan tidur karena penggunaan gadget diatas 4 jam, bisa diatasi dengan pemasangan pemberitahuan batasan penggunaan gadget. Tapi kembali, ini bukan hal yang rumit, tapi juga bukan hal yang mudah, karena terkait dengan penguasaan diri.

Nah, kedua tantangan ini terhampar bersama harapan yang bisa diraih melalui peran teknologi dalam proses belajar mengajar masa kini, harapan tersebut antara lain:

  1. Kemudahan mengakses informasi.
    Dengan menggunakan teknologi (laptop, smartphone dll) murid-murid bisa dengan mudah mengakses sumber informasi yang tersedia di internet. Cukup mengetikkan kata kunci yang dicari maka semua data yang tersedia akan muncul.
  2. Kecepatan belajar yang bisa disesuaikan individu murid.
    Dengan pemanfaatan teknologi, murid bisa mengakses materi dan informasi kapanpun dan dimanapun. Saat menemui kesulitan, murid bisa mengulang kembali konsumsi materi dan informasi tersebut dengan mudah.
  3. Teknologi membuat pembelajaran menjadi kegiatan yang menyenangkan.
    “Keseruan” bermain game tidak bisa dipungkiri lagi. Dan dengan pemanfaatan teknologi ini kita akan membawa pembelajaran kearah “keseruan” yang sama.
  4. Teknologi meningkatkan retensi materi.
    Dalam beberapa temuan³ terlihat murid mampu mengulang materi yang dipelajari lebih lama dengan adanya penggunaan teknologi.
  5. Membantu kelestarian lingkungan.
    Indonesia memiliki ribuan sekolah. Kalau kita bisa menggunakan laptop Acer Chromebook 14 yang memiliki ketahanan baterai hingga 12 jam, maka kita akan bisa membaca buku, jurnal, dan artikel hingga belasan. Itu berarti penghematan kertas yang berasal dari pohon. Dengan kata lain kita membantu kelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas secara tidak langsung.

Melihat sekilas gambaran peran teknologi di atas, bisa kita lihat ada dampak buruk dan positif penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar.

Tidak jauh berbeda dengan pisau, yang memiliki dampak positif dan negatif, bergantung pada bagaimana kita akan mengunakan teknologi tersebut.

Dengan sedikit pengaturan gadget digital dan kesabaran untuk merubah kebiasaan kita akan bisa meminimalkan dampak negatif teknologi.

Dengan menerapkan teknologi dalam proses belajar mengajar kita akan bisa meraih banyak manfaat:

  1. Kemudahan akses informasi
  2. Kecepatan belajar yang bisa disesuaikan individu murid.
  3. Teknologi membuat pembelajaran menjadi kegiatan yang menyenangkan.
  4. Peningkatan retensi materi
  5. Membantu kelestarian lingkungan.

Ah sudah tidak sabar rasanya untuk mulai bersama-sama rekan guraru berbagi cerita pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar masa kini.

Salam hangat dari Denpasar.

NB: “Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

 

 

 

 

 

 

¹http://www.pewinternet.org/2012/11/01/how-teens-do-research-in-the-digital-world/

² http://www.japantimes.co.jp/news/2015/05/01/national/social-issues/overuse-mobile-gadgets-hampers-students-ability-study-sleep/#.WRaPxvmGODJ

³ http://www.teachhub.com/benefits-technology-classroom

http://www.acerid.com/2016/09/acer-chromebook-14-for-work-cp5-471-laptop-powerful-besutan-google/

581 total views, 3 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!