8

Salah satu cara mengajar menggunakan video (+5)

Restu Ninggutomo March 13, 2014

100_2336

Assalammualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua. Semoga kita semua mendapatkan rahmat dan hidayah serta rezeki dari Allah. SWT.

Hari ini beberapa video yang saya punya dan saya rekam dengan menggunakan camdig untuk mendokumentasikan pembelajaran. Ini bertujuan agar video tersebut bisa di gunakan pembelajaran ke peserta didik kembali di tahun yang akan datang, tapi tentunya kita menilai terlebih dahulu video mana yang patut kita berikan ke peserta didik dan juga apakah video tersebut sesuai dengan materi yang akan diberikan.

Disini sebelum peserta didik mempresentasikan membuat sandwich, adakalanya guru menjelaskan Kompetensi dasar dan indikator yang akan ditargetkan. Kemudian menjelaskan beberapa materi dan juga menampilkan video yang berkaitan dengan materi. Atau bisa juga kita mengelompokkan peserta didik dengan cara acak kemudian guru menjelaskan Kompetensi dasar dan indikator yang akan ditargetkan. Kemudian menjelaskan beberapa materi dan juga menampilkan video yang berkaitan dengan materi. Materi ini ada pada Silabus Tingkat SMK kelas XI tentang Memahami instruksi-instruksi sederhana (describing processes)

Setelah Menjelaskan, kemudian peserta didik diminta membuat scrip / text untuk mempresentasikan cara membuat sandwich dengan kelompoknya dan semua peserta didik membuatnya. Kemudian guru memonitor kegiatan tersebut dengan cara menghampiri per kelompok dan memeriksa scrip / text jika ada kesalahan kemudian guru memberikan solusinya. Setelah scrip / text jadi maka itu akan di presentasikan di pertemuan berikutnya dengan mempraktikannya membuat sandwich.

Pada pertemuan kedua, Guru menyiapkan atau mengkondisikan ruang kelas agar bisa dilihat dan diambil gambarnya nanti. Kemudian memberitahukan kepada peserta didik untuk tidak membuat kegaduhan dan berisik agar suara teman mereka terdengar jelas pada saat mempresentasikan dan perekaman. Kemudian disini saya sedikit bermodalkan 4 toples mayonnaise untuk peserta didik saya, ini bertujuan agar tidak terlalu memberatkan mereka. Dan saya juga menghimbau agar dalam proses menyediakan bahan bahannya kolektif saja per kelasnya.

Proses pembelajaran seperti ini saya lakukan pada tingkatan SMK dan berhasil dengan baik, tetapi kemungkinan besar juga berhasil pada peserta didik SMA, SMP dan SD kelas 5 dan 6, untuk di bawah tingkatan itu belum tentu berhasil, tapi kalau belum di coba kita tidak pernah tahu. kalau kelas berisik terhadap materi berarti peserta didik aktif, tapi jika kelas berisik tidak sesuai materi berati peserta didik perlu arahan, tapi jika peserta didik diam diam saja gimana? kita juga harus tetap memberikan arahan ke peserta didik.

Demikianlah informasi yang saya berikan mudah-mudahan bisa menjadi suatu masukan yang berarti untuk semua guru dan para guraruers. Berbagi ilmu itu sangat menyenangkan dan bisa berbagi bersama di guraru itu seru.
Mohon maaf jika ada penulisan ataupun penjelasan yang kurang jelas dari saya, dikarnakan saya manusia biasa yang masih butuh banyak belajar tentang ilmu dan belajar beribadah. Sekian Dari saya dan Terimakasih.

Wassalammualaikum Wr. Wb.

187,543 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (8)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar