3

RPP Menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 (+2)

Pak Sukani @gurumelekIT October 30, 2013

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi Guraru, bagaimana kabarnya? Semoga guraru dalam keadaan sehat dan dalam limpahan rahmad dari Allah SWT. Amin ya Ra.

Mengawali kegiatan di pagi hari ini, saya akan sharing tentang “RPP Menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013″. Guraru yang saya hormati, dalam Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 dinyatakan bahwa Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus. RPP mencakup: (1) data sekolah, matapelajaran, dan kelas/semester; (2) materi pokok; (3) alokasi waktu; (4) tujuan pembelajaran, KD dan indikator pencapaian kompetensi; (5) materi pembelajaran; metode pembelajaran; (6) media, alat dan sumber belajar; (7) langkah-langkah kegiatan pembelajaran; dan (8) penilaian.

Setiap guru di setiap satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP untuk kelas di mana guru tersebut mengajar (guru kelas) di SD dan untuk guru mata pelajaran yang diampunya untuk guru SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK. Pengembangan RPP dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran, dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan secara mandiri atau secara berkelompok.

Pengembangan RPP yang dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau secara bersama-sama melalui musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) di dalam suatu sekolah tertentu difasilitasi dan disupervisi kepala sekolah atau guru yang ditunjuk oleh kepala sekolah. Pengembangan RPP yang dilakukan oleh guru secara berkelompok melalui MGMP antar sekolah atau antar wilayah dikoordinasikan dan disupervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan.

Semoga bermanfaat,

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Salam hormat,

sukani bulat bola

pak sukani cooltext1242649510 2

11,153 total views, 6 views today

Tagged with: , ,

Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Avatar of Pak Sukani @gurumelekIT
Pak Sukani @gurumelekIT

Pak Sukani @gurumelekIT merupakan guru matematika di SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan. Beliau merupakan seorang trainer, motivator dan pembicara dalam diklat maupun seminar-seminar di Indonesia. Passionnya adalah menulis dan mengembangkan IT untuk pembelajaran. Pak Sukani aktif mendorong guru-guru Indonesia agar melek IT dan memanfaatkannya untuk pendidikan. Kunjungi blognya di http://trainergurumelekit.wordpress.com atau 085695685815

View all posts by Pak Sukani @gurumelekIT →

Comments (3)

  1. Avatar of Bu Etna @gurutematik

    Iya pak Sukani benar adanya, begitulah – semua telah dipikirkan dan dipertimbangkan dengan baik. Namun perlu diingat bahwa setiap guru ternyata mengajarnya berbeda, sehingga output siswa berbeda. Ternyata menurut pengalaman supervisi klinis yang saya lakukan sejak PKG tahun 80an hingga setelah pensiun ini, banyak guru yang mengajarnya berbeda dengan RPP MGMP. Perlu disadari pentingnya kesamaan antara pelaksanaan dengan perencanaan. Oleh sebab itu, sebelum mengajar, guru perlu memberi catatan di sana sini atau lampiran penyesuaian guru dan siswanya. Sehingga perbedaan antara guru itupun telah disadari oleh guru tersebut dan telah ditambahkan pada RPP umum itu sesuatu ciri kas guru, sehingga RPP itu menjadi khusus milik guru dan Insya Allah sesuai dengan proses pembelajarannya. Terima kasih, salam perjuangan.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!