9

Renungan Banjir di Akhir Pekan (+3)

Sri Sugiastuti January 25, 2014

Salam, Guraruers yang dimuliakan Allah, mari menyimak tulisan ini. Semoga hati kita jadi adem dan selalu berbaik sangka pada Allah SWT juga terpenting bisa memaopa semangat kita untuk terus berjuang memperbaiki akhlak dan sepak terjang kita yang mungkin sudah terlalu jauh tersesatnya. Di kala banjir melanda Indonesia yang kaya raya perlu intropeksi dan merenung sesaat.

Setiap mukmin tentu berharap tidak menerima cobaan atau musibah dari Allah dan ujian dari-Nya,tetapi ia berharap memperoleh kenikmatan dan rahmat dar-Nya. Padahal Allah berfirman: “ Sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan,’ Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un ( sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali)’ Mereka itulah orang yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Rabb mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapt petunjuk.” (Al-Baqoroh:155-157)

Allah SWT telah menjadikan kesabaran sebagai bekal orang-orang yang cerdas, perlengkapan para dai dan semboyan orang-orang yang jernih. Dengan itu pula kaum beriman yang bertaqwa memiliki keunggulan dan para ahli ibadah akan terus naik derajatnya di sisi Allah.

Di firman yang lain; “ sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar diantara kamu, dan agar Kami menyatakan (baik buruknya ) hal ikhwalmu.” ( Muhammad :31)

Musibah dan ujian dari Allah memiliki sejarah yang panjang sejak turunnya kalimat Laa ilaaha illalloh di muka bumi ini . Cobaan itu telah dialami oleh Nabi Adam, Nuh, Ibrohim, Musa , Isa dan Muhammmad. Semoga Allah mencurahkan rahmat kepada beliau semua.

Manusia dalam hidup ini selalu diuji dengan kematian dan penyakit, harta dan anak, tetangga dan teman, dan sebagainya Apa saja yang menimpa manusia tidak akan luput darinya dan sebaliknya. Oleh karena itu bersabarlah terhadap cobaan yang menimpamu. Kesabaran adalah separoh dari iman. Manusia itu berada dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh. Jadikanlah kebenaran dan kesabaran sebagai jalan yang memuaskan dengan qodho’ dan qodar Allah.

Kebahagiaan itu terletak kepada ketaatan kepada Allah. Dan keuntungan itu terletak dalam pergaulan dengan-Nya. Tidak ada yang lebih bermanfaat bagi seorang hamba selain bersyukur dan bertaubat kepada-Nya. Sesungguhnya Rabb kita Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.

Orang yang bersyukur kepadaNya adalah orang yang akan mendapatkan tambahan karunia Nya. Orang yang berzikir mengingatNya adalah orang yang berhak berdampingan dengan-Nya. Orang yang taat kepada-Nya adalah orang yang berhak mendapat kemurahanNya.

So, mari kita taat pada buku panduan yang kita miliki agar tidak rusak, dan awet, sehingga bisa mencapai tujuan hidup yang hakiki.

1,677 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (9)

  1. Orang yang bersyukur kepadaNya adalah orang yang akan mendapatkan tambahan karunia Nya. Orang yang berzikir mengingatNya adalah orang yang berhak berdampingan dengan-Nya. Orang yang taat kepada-Nya adalah orang yang berhak mendapat kemurahanNya.

    semoga kita tergolong di dalamna heee … 🙂

  2. Amin YRA. Pak Bakri, kalau iman kita kuat maka, mau ada badai, dan masalah sebesar apapun hati tetap tenang karena yakin pertolongan Allah pasti datang, asal kita mau berusaha mencarisolusinya, dan menyadari kesalahan yang pernah kita buat.
    Selamat malam minggu bersama keluarga ya.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar