3

Rahasia Sihir Teknologi dalam Dunia Pendidikan (+3)

Angsa Cinta May 31, 2017

g-gif-update (1)

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa banyak dampak negatif yang terjadi akibat kemajuan teknologi. Dampak-dampak itu cenderung mengarah pada perkembangan karekter siswa yang mulai menurun. Hal tersebut terlihat jelas ketika peserta didik saat ini lebih memilih berteman dengan gadget dari pada bermain dengan teman disekitarnya. Meskipun meraka sedang berkumpul bersama, mereka cenderung seru menjelajah dunia maya dan seolah melupakan dunia nyata disekitarnya. Hal tersebutlah yang terkadang membuat beberapa sekolah melarang siswanya membawa gadget pada kegiatan pembelajaran.

Gambar 01 ilustrasi situasi pengaruh buruk gadget gagi anak-anak sumber http://emakpintar.asia/news/content/4668/2017/parenting/pro-kontra-anak-dan-gadget

Gambar 01 ilustrasi situasi pengaruh buruk gadget gagi anak-anak sumber http://emakpintar.asia/news/content/4668/2017/parenting/pro-kontra-anak-dan-gadget

Dibalik dampak negatif yang timbul, ternyata terdapat berjuta kemungkinan ajaib yang bisa terjadi karena teknologi. Teknologi yang semakin berkembang dapat membuat sebuah hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Sebuah hal yang sebelumnya tidak terjangkau menjadi dekat dan bahkan terasa berada dalam genggaman.Dalam dunia pendidikan sebagi contohnya.

Teknologi dalam dunia pendidikan memiliki peran yang sangat besar. Sebelum teknologi berkembang seperti saat ini, ilmu pengetahuan lebih sulit dipelajari. Namun, kini karena adanya teknologi yang melesat cepat membuat  semua menjadi lebih mudah. Segala sumber belajar dapat dimiliki hanya dengan sentuhan ujung jari.

Selain itu, dengan adanya teknologi semua seperti sebuah sihir. Sekolah dan bahkan setiap ruang kelas dapat berubah menjadi apa yang kita inginkan. Tanpa biaya yang mahal, semua bisa menjelajah dunia hingga ke antariksa. Hal-hal yang tidak terbayangkan pun dapat menjadi nyata karena teknologi. Sesuatu yang sebelumnya tidak bisa disampaikan melalui buku, kata-kata, praktik dan segala teori bisa dijelaskan oleh teknologi.

Gambar 02 ilustrasi bahwa dunia dan ilmu ada dalam teknologi. sumber : https://renirenofa.wordpress.com/

Gambar 02 ilustrasi bahwa dunia dan ilmu ada dalam teknologi. sumber : https://renirenofa.wordpress.com/

Sebegitu hebatnya teknologi saat ini. Jika setiap pendidik mampu memanfaatkannya, maka tidak akan ada lagi siswa yang asik dengan gadget tanpa memperdulikan lingkungan. Jika seandainya pendidik mampu menunjukkan kehebatan teknologi, maka peserta didiknya akan mampu memahami dan memanfaatkan teknologi secara sehat. Hal tersebut tentu akan dapat melahirkan generasi yang gemilang karena teknologi.

Siswa mana yang tidak akan penasaran jika mereka diajak menjelajah bulan melalui gadget? Siswa mana yang tidak ketagihan ketika mereka bermain sambil belajar dengan teknologi? Siswa mana yang tidak mau diajak berpetualang  mencari harta karun di seluruh dunia melalui tenologi?

Dengan berbagai cara dan trik tersendiri, guru dapat memperkenalkan kehebatan teknologi pada siswa. Dengan berbagai  sihir teknologi, guru mampu melenyapkan rasa kantuk siswa di kelas. Dengan segala akal melalui teknologi, pembelajaran mengagumkan akan terwujud hanya sekali “click”.

 

gambar 03 ilustrasi bahwa sumber belajar bisa di dapat hanya dengan sekali sentuh.

gambar 03 ilustrasi bahwa sumber belajar bisa di dapat hanya dengan sekali sentuh.

Oleh karena itulah, setiap guru setidaknya mulai membuka mata untuk sadar akan keberadaan teknologi. Setiap guru setidaknya mulai bangun dan mengenal teknologi lebih dekat. Hal ini mulai dilakukan agar bukan teknologi yang memperbudak manusia. Namun manusialah yang memanfaatkan teknologi untuk masa depan bangsa dan dunia.  Di kemudian hari bisa diyakini bahwa tidak akan ada larangan lagi bagi siswa untuk membawa gadget ke sekolah. Seluruh sekolah mungkin akan membuka pintu izin masuk gadget  ke sekolah. Keberadaan gadget itu yang nantinya akan mempermudah dan mempercantik dunia belajar siswa.

 

Gambar 04 KDengan Click teknologi maka akan terjadi sihir da keajaiban pada pendidikan 

Gambar 04 KDengan Click teknologi maka akan terjadi sihir da keajaiban pada pendidikan

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru

783 total views, 3 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (3)

  1. Avatar of mokhamad subakri

    sy kira ada mantra-mantra sihir digital di sini mas/mbak
    kok Angsa Cinta, apa bener nih namanya?
    salam kenal

    ====================
    Oleh karena itulah, setiap guru setidaknya mulai membuka mata untuk sadar akan keberadaan teknologi. Setiap guru setidaknya mulai bangun dan mengenal teknologi lebih dekat.

    mudah2an sy segera bangun dan sadar seperti tulisan di atas heeeeee

    artikelnya sudah sy VOTE UP dan like facebook
    semoga sukses
    bisa lihat juga inovasi pembelajaran berikut ini
    artikel 1
    http://guraru.org/guru-berbagi/peningkatan-motivasi-belajar-siswa-saat-liburan-dengan-game-bom-whatsapp/?replytocom=43267#respond
    artikel 2
    http://guraru.org/guru-berbagi/kearifan-lokal-dunia-digital-belajar-menakjubkan-2/

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!