7

Proyek Berbagi Kebudayaan TK di Denpasar Dengan TK di New Jersey (Video Updated) (+5)

Mister Nuel April 10, 2014

Dua minggu yang lalu unit TK memasuki tema “Alat Komunikasi”. Saya sudah bosan dengan kegiatan yang hanya itu-itu saja. Mengunjungi kantor pos, mengirim surat, menelpon menggunakan HP. Bosan. Saya menginginkan sesuatu yang berbeda. Sesuatu yang “fresh”.

Terbersitlah ide berkomunikasi dengan kelas luar negeri menggunakan skype. Jadilah saya mendaftar skype dan juga skype education, dan langsung membuat course tawaran berbagi kebudayaan antar kelas. Awalnya kami mengharapkan ada kelas dari asia semisal Malaysia atau Australia yang perbedaan jam-nya tidak terlalu jauh.

Tidak dinyana, dalam tiga hari ada 6 guru TK yang menyatakan tertarik dan ingin bergabung dengan ide berbagi kebudayaan. Tapiiiiii semuanya berasal dari USA. Yang perbedaan jamnya hampir 12 jam.

Mau tidak mau kami harus menggunakan video rekaman.

Dari sinilah pembelajaran berbasis proyek untuk anak TK itu dimulai. Proyeknya adalah berbagi kebudayaan. Sepuluh anak kami pilih, ada yang bertugas menggunakan baju adat, ada yang bertugas bermain tradisional, ada juga yang bertugas menceritakan makanan tradisional.

Namanya anak TK, tentu butuh bantuan orang tua, jadi dalam dua hari kami membuat narasi dan meminta bantuan orang tua untuk membantu anak menghapal naskah dalam bahasa Inggris.

Total tiga hari kami mempersiapkan semuanya hingga rekaman. Hasilnya, luar biasa, banyak yang terjadi diluar naskah. Mulai dari waktu rekaman yang molor hingga posisi anak dalam rekaman. Tapi semuanya tidak menghalangi anak-anak untuk bersenang-senang.

Untungnya TK Applegate juga menyukai hasil rekaman TK kami. Atau mungkin itu hanya karena kesopanan mereka? Entahlah.

Berikut adalah ringkasan videonya

Dari pembelajaran berbasis proyek ini saya melihat beberapa hal yang menarik:
• Seorang murid berkata bahwa setelah rekaman sekarang ia berbicara dengan ibunya menggunakan bahasa Inggris. Bukankah ini luar biasa.
• Beberapa orang tua mulai menanyakan tema pembelajaran bahasa Inggris. Bagi saya ini berarti meningkatkan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran anak, hal yang positif.
• Jumlah murid per kelas di USA lebih sedikit (sekitar 15 anak per kelas).

Dan yang tidak kalah menarik untuk promosi sekolah adalah sekarang kami sudah merencanakan untuk bertukar video dua minggu sekali. Wow…sungguh diluar dugaan. Interaksi dua kelas secara internasional tanpa biaya.

Pertanyaannya sekarang:

Jika TK saja bisa…..

Bagaimana dengan sekolah Bapak/Ibu? masak kalah sama anak TK.

Ayo buat akun skype dan mulai mencari teman kelas internasional untuk berbagi proyek.

Untuk lebih menarik ini saya berikan contoh proyek membuat buku cerita bersama (Bahasa Inggris). Semisal tentang cerita alien (mahluk penghuni planet mars). Kelas a bercerita tentang ciri-ciri fisik alien, kelas b bercerita tentang asal planet alien, kelas c bercerita tentang pesawat alien, kelas d bercerita tentang pertemuan alien dengan manusia.

Hanya dengan mengumpulkan 4 kelas (kelas a-d), maka Bapak/Ibu bisa memiliki satu buku terbitan bersama dari berbagai kelas lintas negara. Bagaimana mudah bukan?

Kalau Bapak/Ibu tertarik, saya akan buatkan rangkuman proses kelas kami mulai dari pembuatan akun skype hingga bisa memiliki koneksi dengan kelas di USA.

Tapi tidak gratis lo ya, Bapak/Ibu harus bayar. Bayarnya dengan vote dan tulis komentar plus meninggalkan alamat e-mail. Nanti kalau ringkasannya sudah jadi akan saya e-mail langsung. Murah kan.

Salam pendidikan.

Mr Nuel
Guru TK

 

140,698 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (7)

  1. @ Namin AB Ibnu Solihin : terima kasih Pak.
    @ Tri GP : @gurukimiaasyik : Sama-sama Pak.
    @ Bu Etna @gurutematik : Terima kasih Ibu.
    @ Pak Sukani : saya sudah kirim ke e-mail Bapak. Maaf terlambat, baru buka guraru kembali.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar