2

Proses Belajar Mengajar Masa Kini bersama Acer Chromebook 14 (+3)

Agnes Dyah Hafsari May 30, 2017

Pada perkembangan jaman yang telah memasuki abad ke-21 makin banyak manusia terlihat membutuhkan alat bantu pekerjaan yang praktis untuk mempermudah aktivitas pekerjaan dan kegiatan mereka. Hal tersebut tidak terlepas dari peran teknologi. Dengan teknologi manusia dapat berkomunikasi, mencari informasi dan belajar tanpa harus berbatas dengan waktu dan tempat. Kemajuan teknologi diharapkan memberikan kemudahan dan kenyamanan.

Teknologi ? 
 
Arti teknologi dalam kamus besar Bahasa Indonesia adalah metode ilmu untuk mencapai tujuan praktis dalam ilmu pengetahuan terapan, atau keseluruhan sarana untuk menyediakan barang yang dipergunakan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. 
Teknologi dapat mengubah hidup manusia ke arah yang lebih baik.
 
Teknologi selain memberikan peran penting bagi kehidupan manusia, ternyata juga dapat membuat orang-orang menjadi sangat optimis bahwa ” Teknologi dapat merubah hidup manusia ke arah yang lebih baik “. Teknologi akan terus berkembang tanpa batas dan akan berbanding lurus dengan perkembangan zaman meskipun terlepas dari manusia membutuhkannya atau tidak. Tetapi pada kenyataannya teknologi tidak dapat membawa perubahan dalam satu malam,  karena untuk menghasilkan suatu perubahan memerlukan perjuangan yang keras untuk memperkenalkan dan memasukkan hal baru tersebut ke dalam tatanan kehidupan yang sudah ada dan berjalan. Sebuah tantangan besar demi menggapai kehidupan yang lebih baik.

Bahkan saat ini teknologi telah memberikan pengaruh hampir ke seluruh penjuru dunia dalam berbagai macam sektor, seperti ekonomi, politik, sosial, budaya dan pendidikan. Didalam masing masing sektor tersebut sangat terlihat bahwa perkembangan teknologi dipengaruhi oleh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

  • Teknologi informasi adalah perlengkapan atau peralatan yang dipergunakan untuk menyampaikan informasi, bahkan teknologi ini mulai populer dengan istilah teknologi komputer. Teknologi dapat didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) , contoh teknologi informasi adalah seperangkat komputer dan media elektronik lainnya (televisi, telepon) 
  • Teknologi komunikasi adalah perlengkapan atau peralatan yang digunakan untuk melakukan komunikasi dua arah atau banyak arah agar lebih mudah dipahami tentang maksud dan tujuannya. Teknologi komunikasi ini dikenal dengan teknolohi bebasis internet.  

Perkembangan teknologi di Bidang Pendidikan 
 
Pendidikan memegang peranan penting untuk menjamin kelangsungan kehidupan suatu negara, akan tetapi keberhasilan dan kesuksesan suatu negara dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia. Tercatat dalam sejarah bahwa negara-negara yang sektor pendidikannya memanfaatkan kemajuan teknologi maka kualitas pendidikan negara tersebut jauh lebih baik dan negara lain. Negara-negara yang Selandia Baru, Belanda, Swiss, Inggris, Filandia dan Korea Selatan, Mesir.

” Sehingga yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut “. 


Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia dapat dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, serta mendapatkan dukungan berupa kebijakan pemerintah pusat atau daerah. Kedua hal tersebut sebagai kunci keberhasilan di bidang pendidikan. Bahkan saat ini terlihat bermunculannya teknologi komunikasi dan teknologi informasi dengan berbagai macam fitur yang diharapkan dapat mendukung kegiatan belajar mengajar. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa banyak perubahan, seperti : 

  • Fisik dari buku,majalah, surat kabar tergantikan dengan buku,majalah,surat kabar versi online, bahkan sudah banyak versi  e-book untuk buku-buku. 
  • Fisik dari televisi dan radio tergantikan dengan live streaming radio dan televisi secara online.
  • Fisik dari komputer/laptop/notebook/netbook versi lama tergantikan dengan spek dan qualitas yang baik sehingga mampu mensupport aktivitas para penggunanya. 
  • Fisik dari Handphone/gatget/ipad versi lama tergantikan dengan versi baru berjaringan 4G   
Supaya pendidikan di Indonesia dapat mengejar ketertinggalan negara lain, maka perlu berbenah untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi komunikasi dan informasi guna menunjang proses belajar dan mengajar. Dengan demikian pendidikan Indonesia akan lebih maju, kreatif dan inovatif, selain itu dapat mengembangkan potensi yang dimiliki siswa dan tenaga pengajar. Kondisi inilah yang menuntut adanya upaya perubahan dalam sistem metode pembelajaran yang akan disampaikan tenaga pendidik. 

Tak perlu memberikan 1000 banguan sekolah mewah untuk mereka, tapi berikanlah 1000 guru berkualitas, maka mereka kelak akan menggenggam dunia “. 


Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan pendidikan yang layak,  sebagaimana yang diatur dalam UUD 1945 pasal 31. Sehingga pendididkan Indonesia haruslah merata hingga kepelosok daerah dan seluruh lapisan masyarakat berupaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai janji kemerdekaan. Tugas mencerdaskan anak bangsa bukanlah hanya tugas seorang guru, tetapi seluruh lapisan masyarakat. Jika kalian memiliki kompetensi di berbagai bidang ilmu pengetahuan kalian berhak untuk berperan sebagai tenaga pendidik. Selain memiliki kemampuan mengajar diharapkan para tenaga pendidik memiliki pengalaman dan kemampuan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Tetapi yang terpenting dari semua itu, bahwa semua tenaga pendidik/guru harus memiliki kemampuan membangun interaksi edukasi melalui komunikasi verbal lisan tatap muka dengan para siswa,  Sehingga terjali hubungan relasi yang tidak hanya menyampaikan materi pelajaran tetapi juga dapat menyampaikan pesan moral. Selain itu tenaga pendidik/guru harus dapat berperan aktif untuk membuat para siswa nyaman dalam proses belajar dan seharusnya mulai dapat meninggalkan metode pembelajaran konvensional yang cenderung membuat bosan para siswa. 


Metode pembelajaran konvensional merupakan masalah pendidikan yang seharusnya tidak boleh berlangsung lama. Semua ini adalah kewajiban anak bangsa  yang peduli akan pendidikan untuk memberikan solusi sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Bebagai komunitas anak bangsa yang telah memberikan warna pada dunia pendidikan di Indonesia dan mereka akan tetap bersemangat mengajak semua seluruh lapisan masyarakat untuk mengambil bagian mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Komunitas tersebut berdiri secara independen dan tersebar diseluruh pelosok daerah di Indonesia, seperti  Indonesia mengajar, 1000 guru, kelas insipirasi, gerakan kemenkeu mengajar,  dan lainnya. 


” Solusi untuk mengangani masalah pendidikan harus dalam bentuk pergerakan kerja nyata, karena peduli itu butuh aksi yang memotivasi dan menginspirasi ” .    
 

Metode pembelajaran yang digunakan dan diperkenalkan oleh para komunitas peduli pendidikan tersebut, mulai meninggalkan metode pembelajaran konvensional dan beralih menggunakan metode pembelajaran aktif. Metode pembelajaran aktif adalah metode yang menggunakan strategi tertentu agar kegiatan belajar mengajar berlangsung aktif melibatkan siswa secara langsung. Tenaga pengajar dalam hal ini bertindak sebagai pembimbing dengan menyelipkan model pembelajaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi, seperti proses belajar mengajar komputerisasi, perpustakaan online, diskusi online dan kelas online. 

Meskipun para tenaga pengajar dari komunitas tersebut sadar bahwa di sekolah tempat mereka mengajar belum dilengkapi fasilitas kegiatan belajar mengajar yang di supportdengan teknologi informasi dan komunikasi , tetapi semangat mereka tak akan terhenti dengan minimnya fasilitas. Mereka menggunakan fasilitas pribadi yang mereka miliki supaya adik-adik yang berada dipingiran pelosok negeri dapat merasakan dan mengenal teknologi.


Pembelajaran Berbasis Komputer dan Internet 
KIjkt3-1
Bererapa tahun yang lalu saya mengikuti program kelas inspirasi, waktu itu kami sebagai para volounter pendidikan ditugaskan untuk berbagi inspirasi dengan adik-adik di kawasan daerah Jakarta Barat. Kami berada disana untuk satu tujuan yang sama, meskipun kami memiliki latar belakang profesi yang berbeda. Satu persatu kakak volouter memperkenalkan diri dan memberikan insipirasi mengenai profesi mereka. Kakak-kakak volouter ada yang mempergunakan alat peraga, bahkan ada yang menggunakan teknologi komputer (laptop) dan proyektor sebagai sarana belajar mengajar. Semua ini sebagai pengalaman pertama buat mereka, karena mereka dapat mengenal berbagai profesi yang selama ini belum pernah mereka dengar. Selain itu mereka juga menjadi mengenal teknologi komputer yang selama ini belum mereka ketahui. Ada rasa bangga dan kepuasan batin dapat membuat mereka seperti itu.   
1000gurumalut7

Hal serupa tapi sedikit berbeda saya temui ketika saya menjadi volouter di 1000 guru Maluku Utara. Inilah pengalaman saya mengajar di luar Jakarta sebagai tempat domisili saya. Perjalanan panjang dari Jakarta ke Ternate lumayan panjang dan melelahkan. Tapi semua tidak menyurutkan keinginan saya untuk berkontribusi dengan kakak-kakak hebat lainnya di komunitas 1000 guru Maluku Utara, rasa lelah saya pun terbayar lunas dengan kebahagiaan adik-adik disana. Program 1000 guru Maluku Utara banyak memiliki aktivitas yang berbau peduli pendidikan, kali itu yang saya ikuti bertemakan “Traveling and Teaching“. Maka dapat ditebak kegiatan didalamnya yakni selain traveling juga mengajar di sekolah yang terletak di pinggiran kota Ternate (Maluku Utara) yakni di SD IT Sahabat Cendikia. Traveling yang kami lakukan yakni berkeliling di kota Ternate untuk mengunjungi beberapa obyek wisata yang indah, benteng peninggalan sejarah, kesultanan ternate, masjid-masjid yang memiliki arti sejarah bagi kesultanan ternate dan diakhiri mencicipi makan khas ternate. Komunitas  1000 Guru Maluku Utara  bekerjasama dengan  Ternate Heritage Society  untuk mensukseskan acara ini. 
1000gurumalut4
Kesuksesan acara yang kakak volouter adakan tidak terlepas dari peran teknologi informasi dan komunikasi. Mereka mempergunakan komputer/laptop/notebook/netbook sebagai sarana penunjang aktivitas pekerjaan mereka dan proses belajar mengajar dikelas. Meskipun sebagian besar sekolah yang berada di pinggiran kota, menjadikan barang elektronik menjadi barang langka dan mewah. Demi kelancaran dalam pembelajaran berbasis teknologi komputer dan internet, diperlukan pemahaman dalam pemakaian barang elektronik yang disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhannya. Sehingga untuk mempermudah aktivitas selama di lokasi, para volounter dapat memilih dan mempergunakan laptop Acer Chromebook 14  untuk memenuhi kebutuhan kegiatan belajar mengajar, bekerja maupun hiburan.
Acer-Chromebook-14-tahan-lama
Laptop ini menawarkan kecepatan dan repisivitas kerja yang baik, adapun keunggulan laptop Acer Chromebook 14 adalah :  
  • Berbasis Broswser Experience – Chrome OS.
  • Semua data akan tersimpan di web akun google penggunanya
  • Memiliki RAM 2-4 GB layak untuk dijadikan pilihan karena kecepatannya.
  • Multitasking menggunakan beberapa jenis aplikasi secara bersamaan.
  • Display layar yang jernih karena telah HD Graphics.
  • Daya tahan batre hingga 12-14 jam dan proses booting 8 detik.  
  • Memiliki fasilitas wifi dan wireless conection lebih cepat.
  • Body ramping berbahan alumunium dengan desain stylish. 
  • Berukuran 14 in dengan berat 1,55 kg 
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi selain dilengkapi dengan hardware yang mumpuni juga harus terinstal software yang dapat mendukung aktivitas dalam bekerja. Software pembelajaran dengan media komputer dibagi menjadi dua yakni Computer Assisted Instruction (CAI) dan Computer Bassed Instruction (CBI). 

  • Metode pembelajaran CAI, setiap siswa berinteraksi dengan perangkat elektronika (komputer/laptop) yang dilengkapi dengan software program, pembelajaran CAI dapat menggunakan tipe CBI atau gabungan dari sistem intruksional lainnya.  Komputer/laptop yang dipergunakan akan menyajikan materi pelajaran atau latihan soal. 
  • Metode pembelajaran CBI, peserta didik berhadapan langsung dan berinteraksi langsung dengan komputer/laptop sehingga yang dirasakan peserta didik satu dan lainnya berbeda.  

Dalam mengaksses informasi berupa suara, grafik, teks pelajaran, video atau animasi, para volouter 1000 guru Maluku Utara (Malut) menggunakan fasilitas internet. Penggunaan teknologi internet dapat merubah cara berkomunikasi volouter dari beberapa komunitas peduli pendidikan tersebut dengan para peserta didik dan para guru disekolah, setelah para volouter pulang ke daerah. Meskipun jarak memisahkan tetapi mereka masih dapat melakukan komunikasi sebagai bentuk menjaga silahturahmi dan kepedulian terhadap para peserta didik di daerah. Pembuatan email merupakan kunci utama cara berkomunikasi via teknologi Internet.  Beberapa contoh model komunikasi yang didukung oleh teknologi internet adalah forum chating, milis/group, situs jejaring media sosial, e-lerning menggunakan teleconfrence.     

Pembelajaran Jarak Jauh didukung Teknologi Informasi dan Komunikasi
 
Media teknologi informasi dan komunikasi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia sekarang ini sangat cocok digunakan untuk melakukan ” Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) “, sebab  mampu mengatasi keterpisahan fisik antara tenaga pendidik dengan para siswa. Sistem pendidikan jarak jauh ini harus mendapatkan dukungan Pemerintah Pusat dan Daerah, terutama untuk sekolah yang berada di pelosok negeri Indonesia tercinta. Pembelajaran Jarak Jauh ini merupakan komunikasi media paravolouter peduli pendidikan dengan para peserta didik/guru yang dalam proses penyampaian dan penerimaan pesan menggunakan cyberspace/ruang maya untuk berinteraktif. 

Dalam pembelajaran jarak jauh juga memanfaatkan beberapa fasilitas online yang dapat dipergunakan secara gratis, seperti papan tulis online. Ada 10 macam papan tulis online yang terbaik yang dapat kita lihat di google searching. Papan tulis online dapat digunakan sebagai pengganti dari papan tulis kayu dengan kapur tulis atau papan tulis whiteboarddengan tinta. Realtimeboard adalah ruang fleksibel tanpa batas yang dapat dipergunakan sebagai papan tulis online sesuai dengan kebutuhan belajar dan mengajar jarak jauh. Diruang tersebut para anggotanya dapat menuliskan gagasan dari lokasi mereka berada. Ada beberapa fitur dari papan tulis online yang dapat dipergunkan, seperti : ruang sketsa,web page, ether ped, document viewer, image viewer, invite guest.

Pemanfaatan teknologi inovatif lainnya untuk mendukung proses belajar mengajar adalah menggunakan software “skype” yang bisa di download gratis untuk perangkat komputer/laptop. Skype adalah bagian dari mikrosoft yang akan menghubungkan lebih banyak orang karena terpisah jarak melalui panggilan pesan, suara dan video call. Applikasi skype dapat dipergunakan pada perangkat telepon, komputer/laptop, atau bahkan televisi yang dapat terhubung internet. Fasilitas terbaru yang ditawarkan skypedapat mempergunakan panggilan video call grup. Aplikasi skype ini harus didukung dengan kamera video/webcam. Biasanya laptop keluaran terbaru telah memiliki fasilitas webcam dengan resolusi kamera yang sudah memadai. Hanya saja jika menggunakan komputer maka webcam digunakan sebagai kamera tambahan dan  supaya menghasilkan gambar yang baik sebaiknya dipilih dengan resolusi tinggi.  

Aplikasi lainnya yang mendukung pembelajaran jarak jauh adalah aplikasi web. Blog adalah bentuk aplikasi web yang merupakan bagian dari situs website yang dapat di akses secara online yang memiliki fungsi utama yakni berbagi tulisan bergambar yang dimuat pada setiap halaman web. Biasanya web dapat dikolola tunggal atau oleh beberapa penulis, yang dibuat sesuai dengan topik dan tujuan dari pengguna blog. Blog juga dapat dipergunakan sebagai media komunikasi belajar mengajar yang mengasyikkan dan menyenangkan. Sebab dalam hal ini tenaga pengajar/guru diberikan kemudahan untuk mengupload materi pembelajaran dan pertanyaan, dari situ siswa dapat membaca secara online materi yang dibagikan dan dapat berkomentar dan menjawab pertanyaan yang diberikan. Blog sangat bagus untuk saling bertukar materi pelajaran. Pembuatan blog gratis dan tidak sulit.    Banyak  web yang memfasilitasi, seperti : www.blogger.com,    www.wordpress.com. Langkah awal pembuatan blog untuk pembuatan blog yakni memiliki surat elektronik (email), karena email sangat dibutuhkan saat mendaftar blog. 

Media lainnya yang dapat juga berperan aktif dalam proses belajar mengajar jarak jauh dapat mempergunakan media youtoube. Dengan media tersebut para tenaga pengajar dapat mengupload video hasil kreativitas siswa dan segala macam tutorial yang dapat mendukung proses belajar mengajar.

Komitmen dari Seluruh Element Masyarakat
KIjkt_4
Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Indonesia memiliki kondisi geografis yang berpulau pulau, dengan penduduk yang banyak akan tetapi penduduknya memiliki penghasilan dengan taraf ekonomi menengah kebawah sehingga mengakibatkan pembelajaran dengan media teknologi informasi dan komunikasi tidak merata.  Meskipun demikian Indonesia berhak menjadi bangsa yang maju di dunia pendidikan, maka perlu kerja keras untuk meraihnya. 

Maka dari itu diperlukan komitmen dari seluruh elemen masyarakat untuk ikut peduli mengambil peran untuk mencerdaskan anak-anak Indonesia karena kelak mereka sebagai penerus keberhasilan bangsa di mata dunia. Selain itu diperlukan kepedulian dari stakeholder pemerintah pusat/daerah sebagai pembuat kebijakan untuk mempersiapkan semua kebutuhan pendidikan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi hingga ke pelosok nusantara. Peran provaider telekomunikasi juga sangat penting disini untuk menyediakan layanan telekomunikasi jaringan telepon dan internet hingga kedaerah-daerah terpencil disepanjang kepulauan Indonesia. Jika jaringan komunikasi dan internet tidak dapat diakses disuatu daerah, maka sudah dapat dipastikan daerah tersebut akan minim informasi dikarenakan telekomunikasi dan informasi masih menjadi barang langka. Syarat suatu daerah itu maju adalah mampunya mereka mengakses informasi dan berkomunikasi dengan dunia luar. 

Diharapkan dengan terpenuhinya hal tersebut diatas maka proses belajar mengajar akan lebih kreatif, inovatif dan menyenangkan dan dapat meningkatkan kemampuan berfikir dan berinteraksi para siswa dalam menerima materi yang diberikan. 


Artikel ini diikutkan dalam ” LOMBA MENULIS GURU ERA BARU “

By : Agnes Dyah Hafsari     

1,018 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar