5

Presentasi di Konferensi Pendidikan: “Media Sosial dan Berpikir Kreatif” (+3)

Steven Sutantro December 14, 2013

Beberapa minggu yang lalu saya menulis artikel tentang pengalaman saya menuju “International Christian Higher Education Conference” yang berlangsung di Universitas Pelita Harapan. Seperti yang dapat anda baca di post saya sebelumnya di Perjalanan Menuju Konferensi, bagian terpenting dari konferensi ini adalah serunya proses dalam menulis paper dan presentasi ini.

Saya sadar paper dan presentasi ini bukanlah hal yang terbaru dalam dunia pendidikan.  Saya yakin anda juga pernah melakukan hal-hal yang lebih besar dan keren dari apa yang saya tulis.  Oleh sebab itu, saya yakin anda juga pasti bisa suatu saat nanti mengikuti konferensi dan seminar seperti yang saya lakukan dengan mendokumentasikan pengalaman anda dalam tulisan sederhana seperti yang saya tulis disini. Paper dan presentasi ini bukanlah hal yang ribet, kompleks, dan teoritis melainkan merupakan hal yang simpel, sederhana, dan aplikatif. Saya rasa semangat belajar dan berbagi adalah spirit dari paper dan presentasi saya ini.

Paper saya ini memiliki topik “Penggunaan Media Sosial untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pelajaran Geografi.” Lebih spesifik lagi, paper ini akan mengeksplorasi bagaimana  penggunaan twitter mengembangkan pemikiran kreatif siswa dalam kelas Geografi. Disini saya membagikan pengalaman menggunakan twitter yang masih sangat sederhana. Jadi saya mendorong siswa saya mengupload foto-foto kerusakan lingkungan yang ada di sekitar mereka di twitter setiap siswa. Disini setiap siswa ditantang untuk melakukan ‘kampanye’ sederhana tentang lingkungan di twitter. Dengan demikian, siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir lancar, fleksibel, orisinil dan elaboratif yang merupakan indikator dari berpikir kreatif.

Tentu apa yang saya lakukan ini masih punya kelemahan sana-sini. Masih banyak hal yang perlu terus dikembangkan agar penggunaan media sosial dapat lebih maksimal. Saya dengan senang hati menyambut komentar, pertanyaan, dan berbagai pendapat rekan-rekan guru yang ingin belajar dan berbagi pengalaman yang dapat memperluas wawasan kita sebagai pendidik.

Nah, berikut saya akan membagikan abstrak paper yang merupakan pengalaman saya menggunakan media sosial dama kelas. 

Abstract

USING SOCIAL MEDIA

TO ENHANCE STUDENTS’ CREATIVE THINKING

IN GEOGRAPHY

 

Steven Sutantro

[email protected]

Geography Teacher

Dian Harapan School

Jl.Bedugul No.1 Daan Mogot Baru, Kalideres

Jakarta, Indonesia

Theme:

Classroom Digital Contexts of Shared Learning

 

           High school students in Indonesian schools often learn Geography by memorizing facts, rather than by developing their creative thinking in solving environmental problems.  Geography contains a variety of environmental problems and solutions which students need to learn in order to exercise creative stewardship of God’s creation. The rapid development and widespread use of social media such as Twitter among the Indonesian young generation could be used to spread God’s mandate for human beings to rule over the earth and His creation (Genesis 1:26). Social media give much opportunity to reach such a vast number of people and to engage them in thinking creatively on their local environment. Therefore, the writer uses social media as a tool for teaching Geography. After students learn the environment theory, they have to observe environmental problems around them. Then, students can upload pictures with captions of their observations to Twitter to highlight their concerns and efforts to solve environmental problems. Social media is used as a medium for students to promote their good deeds and to spread the message of glorifying God by caring for their surroundings (Matthew 5:16). The students’ creative thinking is shown through the students’ ability in analyzing various environmental problems from multiple perspectives, spreading unique ideas, providing concrete solutions, and solving these problems in a digital community. The results and findings described in this paper will demonstrate important ideas for new and relevant activities for enhancing students’ creative thinking in Geography using social media.

 

Keywords: Social Media, Creative Thinking, Geography, High School Students

Anda juga  dapat mengakses presentasi saya tentang Social Media dan Creative Thinking disini:

http://prezi.com/fig2uqj2oltv/social-media-creative-thinking/#

Demikian paper dan presentasi saya, saya yakin anda dapat belajar sesuatu dari karya yang sederhana ini untuk dapat diaplikasikan di kelas-kelas anda suatu saat nanti.  Saya juga sangat bersemangat mendengar cerita-cerita pegalaman anda dalam melakukan inovasi dalam kelas-kelas anda di kelas yang mendobrak kemampuan berpikir tingkat tinggi dan mengembangkan bakat dan talenta siswa anda.

Saya juga dengan senang hati jika suatu saat nanti kita bisa berkolaborasi menuliskan paper atau artikel yang dapat menginspirasi dunia pendidikan Indonesia di masa depan nanti. Jangan pernah khawatir dengan keahlian berbahasa, kesederhanaan ide, atau keterbatasan pengalaman. Terkadang kita membatasi diri kita dengan tembok-tembok tersebut untuk memulai karya kita.  Hal itu sudah saya alami dalam menuliskan paper ini yang dapat anda baca di artikel saya sebelumnya. Hanya berbekal dengan semangat belajar dan berbagi serta berkolaborasi, saya yakin kita pun akan dapat terus bertumbuh menjadi pendidik yang akan menghasilkan karya-karya yang dapat menginspirasi dunia pendidikan Indonesia. Saya yakin kita memang makhluk sosial dan saling membutuhkan orang lain, oleh sebab itu, jangan ragu untuk berkolaborasi dalam membuat paper, karya tulis, presentasi, dan berbagai karya karena dengan berkolaborasi, kekuatan dan kelemahan kita akan saling melengkapi.

Dengan kolaborasi guru-guru di Indonesia yang kritis, kreatif, dan berani seperti di guraru ini, saya optimis dunia pendidikan kita akan terus maju di masa yang akan datang!

Yuk terus berkarya bagi dunia pendidikan Indonesia!

@StevenSutantro

www.edutechpost.wordpress.com

1,612 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (5)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar