12

Presentasi di Dunia Pendidikan? Perlu Casing! (+6)

Taufik Ibrahim February 22, 2014

Halo!  Apa kabar guraruers sekalian? Semoga semuanya tetap dalam motivasi yang tinggi untuk berbagi ilmu dan info. Nahh…kali ini saya ingin berbagi info sekaligus pengalaman terkait dengan perlunya “Casing” dalam presentasi pembelajaran baik untuk presentasi pembelajaran di kelas maupun juga saat kita berpresentasi untuk menyampaikan materi yang ingin kita sampaikan seperti saat kita mengikuti sebuah ajang lomba pembelajaran antar guru di tingkat nasional.

Telah sering kita baca di media massa maupun di dunia maya banyak yang menginformasikan bahwa kemasan atau packaging, menjadi salah satu unsur yang sangat penting bagi sebuah produk dan dari produk tersebut tersirat kualitas, nilai, benefit yang ditawarkan, dan sebagainya. Dari situ pula seorang konsumen mempertimbangkan untuk membeli atau tidak dari produk yang ditawarkan.  Kalau kemasan itu dibuat bagus dan memiliki personality yang kuat akan mampu meningkatkan rasa percaya dari konsumen saat memilih produk yang akan dibelinya.  Dengan kemasan produk yang unik dan menarik juga dapat membentuk image atau citra suatu produk.

Penampilan gambar atau ilustrasi dari sebuah produk sangat mempengaruhi 75% keputusan konsumen  untuk membeli suatu produk.  Jadi, kemasan sangat menentukan ketertarikan konsumen terhadap suatu produk. Jika kemasannya bagus dan menarik, konsumen akan mengamati lebih detail produk yang ditawarkan tersebut.  Nahhh…..dalam konteks dunia pendidikan serta dunia pembelajaran bahkan juga terkait dengan tampilan blog yang kita miliki, maka sebagai guru kita tentu juga masih ingat bahwa di dalam teori Quantum Learning sering dibahas bahwa ‘makanan’ kesukaan otak manusia adalah Warna dan Simbol atau Gambardan bahkan juga unsur Suara (sound)!

Apalagi jika di kelas maka kita berhadapan dengan para siswa yang cenderung menyukai hal-hal yang sifatnya “Colourfull” karena sesuai dengan dunia mereka yang nuansa otak kanannya masih begitu dominan! Dengan tampilan media pembelajaran yang menarik akan membuat para siswa kita menunggu-nunggu akan hal apa saja yang akan guru sajikan di kelas, demikian pula saat kita berpresentasi di sebuah pelatihan atau seminar juga bisa memancing para audience untuk memperhatikan tentang apa yang akan kita sampaikan saat itu.

Mengapa demikian? Yaa….karena …..

Coba deh pilih dari empat option berikut ini! Mana yang anda pilih?

Terkait dengan dunia presentasi pembelajaran maupun presentasi apapun terkait dengan dunia pendidikan maka saya coba berbagi pengalaman saat berbagai media presentasi yang saya buat sempat beberapa kali saya tampilkan saat mengajar di kelas maupun saat mengikuti final lomba pembelajaran di tingkat nasional. Berikut ini saya tampilkan beberapa contoh media presentasi yang sempat saya tampilkan di beberapa momen penting!

  1. Saat mempraktekkan pembelajaran IPS Geografi di kelas 9 dengan teknik Media Layar Sentuh (Low Cost Interactive Whiteboard).BensamAsteng
  2. Saat mempraktekkan pembelajaran IPS-Sejarah di kelas 9 dengan teknik Autoplay dan Flipbook .Seja1Seja2
  3. Saat mempraktekkan pembelajaran IPS-Sosiologi di kelas 9 dengan teknik Mind Map Interaktif.  Bud1Bud2

Bisa juga digabungkan dengan teknik media layar sentuh seperti yang ada di video berikut ini. Klik gambar untuk melihat videonya!

Foto Ivan

  1. Saat mempraktekkan pembelajaran IPS-Ekonomi di kelas 9 dengan teknik Mind Map Interaktif.Eko1Eko2
  2. Saat mempraktekkan kuis interaktif Course Review Bingo di kelas.CRB
  3. Saat mempraktekkan Pakpikpok Edu Games di kelas.
  4. Saat mempraktekkan BDS Edu Games di kelas.
  5. Saat memotivasi para siswa kelas 9 jelang Ujian Nasional.Motivasi
  6. Saat Final Lomba Kreasi & Inovasi Media Pembelajaran Tingkat Nasional 2009. Tampilan ini sempat saya presentasikan di depan Pak Mendikbud saat berhasil menjadi juara 1 tingkat nasional dari 168 finalis yang diundang saat itu. Tampilan media presentasinya  sebenarnya cukup sederhana, namun saat itu saya coba memasukkan banyak unsur ‘kreativitas’ di setiap bahan materi yang saya tampilkan di depan dewan juri.BingoMM 2009Mentri liat1Mentri Kado1
  7. Saat Final Lomba Multimedia Pembelajaran 2011 Tingkat Nasional di Semarang (National Compettiton of Technology Integration-NACTI) dan berhasil menjadi juara 3 nasional.Nacti
  8. Saat Final Lomba Inovasi Pembelajaran Nasional 2013 di Kemdikbud dan menjadi juara 3 nasional dari 99 finalis yang tampil saat itu.  Foto Pres pak
  9. Saat berpersentasi di Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran IPS di hadapan para mahasiswa program S3 di UPI Bandung 2012 yang lalu.di UPI
  10. Saat melatih para guru di Depok untuk memperkenalkan media layar sentuh murah (low cost interactive whiteboard) serta pemanfaatan microsoft mouse mischief.IWB-MM
  11. Saat memperkenalkan Model-Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis TIK kepada para guru di SMPN 1 Depok.ModKooTIK
  12. Saat memperkenalkan PAKEMATIK untuk para guru di SMPN 14 Depok.Paketik
  13. Saat mengisi Seminar Guru Inovatif di ITB Bandung 2012.Itb1Itb2
  14. Saat melatih Mind Map Interaktf buat para guru.

Namun demikian dari semua itu kita sebagai guru tentunya juga tidak boleh melupakan kualitas konten dari media presentasi yang kita buat, kemampuan kita dalam mempresentasikan materi yang kita sajikan dan tentunya penguasaan guru terhadap materi pelajaran atau materi presentasi. Jadi, bukan sekedar “blink-blink” atau keren-kerenan “Casing” dari media pembelajaran atau media presentasi yang kita tampilkan.

Salam Kreatif dan Inovatif!

www.taufikibrahim.wordpress.com

39,503 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (12)

  1. Avatar of Amiroh

    #Top Pak Opik. Asal tidak lebay atau berlebihan, sehingga bs mengganggu konsentrasi belajar anak ya..
    Karena tujuan penggunaan media pembelajaran berbaisis TIK adalah materi mudah difahami, siswa terlibat dalam pembelajaran dan termotivasi untuk mengembangkan pengetahuannya.

  2. Avatar of Bu Etna @gurutematik

    Subhanallah. Luar biasa pak Taufik, tak mudah menyatukan pikiran dan perasaan hingga semua hal dapat diintegrasikan menjadi satu. You have done in linking your feeling and thinking tomake all theories bring together into manner. So excellent. Saya agak sibuk hingga baru sempat respon. Selamat, lanjutkan, Insya Allah dapat menginspirasi kita semua. Take care please.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!