0

Praktek PBL dengan Sentuhan Inovasi ala FLOP Smart (0)

Taufik Ibrahim October 2, 2017

P_20170915_083411_1Pembelajaran abad 21 akhir-akhir ini sering didengungkan di era pemberlakukan Kurikulum 2013 setelah beberapa kali direvisi terutama pada komponen RPP-nya yang idealnya mampu  memunculkan empat macam hal berikut yaitu PPK, Literasi, 4C (Creative, Critical Thinking, Communiative, dan Collaborative) dan HOTS maka perlu kreativitas kita selaku guru untuk mewujudkannya dalam praktek pembelajaran.

Berikut ini saya sharing hasil praktek PBL nya dengan sedikit sentuhan inovasi dengan teknik FLOP Smart (From Laptop to Smartphone) dengan segala kekurangannya sehingga pembaca sekalian bisa mempunyai salah satu rujukan untuk bisa diperbaiki dan dikembangkan secara lebih baik lagi.

Setelah sekian lama ingin mempraktekkan Pembelajaran ala Kurtilas terlebih lagi setelah mengikuti Bimtek K13 IPS di SMPN 6 Depok Bulan Mei 2017 lalu, akhirnya terwujud juga untuk bisa menerjemahkan pembelajaran ala K13 dengan Model Problem Based Learning. Kali ini materi yang dipilih adalah Persebaran Fauna di Indonesia untuk kelas 7 di SMPN 14 Depok. Dengan terlebih dahulu membuat RPP ala K13 dan setelah dibimbing serta dikritisi oleh para IK Kota Depok pada momen Pendampingan Pelaksanaan K13 di Klaster SMPN 14 Depok pada kegiatan IN1 Kamis sd Jumat 7 – 8 September 2017, maka terlaksanalah praktek PBL tersebut di momen kegiatan ON terbimbing oleh IK IPS oleh bu Nuraini, S.Pd dari SMPN 17 Depok yang juga saya selipkan sedikit sentuhan inovasi pembelajaran berbasis IT dimana siswa tiap kelompok mengisi LKS dengan teknik Scan QR Code dari sang guru untuk mengakses LKS yang berupa File Kerja Siswa yang berasal dari Google Drive sang guru, sehingga di smartphone siswa Lembar Kerjanya bisa diisi cukup lewat Smartphone dan terkirim langsung ke Drive Google sang guru untuk kemudian ada rekap dan media presentasinya bagi siswa tanpa perlu harus membuang waktu membuat media presentasi lagi.

Adapu rincian bagian utama praktek PBLnya terletak pada 5 Tahapan atau 5 Syntax seperti yang disyaratkan di buku panduan Bimtek K13 Tahun 2017. Bisa disimak sebagai berikut:

Kegiatan Inti

Tahap 1

(Orientasi peserta didik kepada masalah)

Guru membacakan terjemahan dari surat Ar-Rum ayat 41 : “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”

Guru menayangkan video pesebaran fauna di Indonesia beserta tipenya dan video kematian hewan hewan di KBS.

V.1 Video Pesebaran Fauna di Indonesia.

V.2. Video kematian hewan di kebun binatang Surabaya

Tahap 2 (Organisasi dalam Belajar)

Siswa dikelompokan menjadi 6 kelompok

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

Wacana

Di Indonesia, Kebun Binatang

Kepunahan satwa di Kebun Binatang Surabaya

(https://m.tempo.co/read/news/2013/07/02/206492928/kbs-pernah-tukar-39-satwa-dengan-mobil)

Kebun binatang Surabaya menukar 39 satwa langka dengan sebuah mobil.

Kukang dimasukkan dalam keranjang buah yang sempit yang siap dikirim ke pasar burung. (Dok: Pusat Rehabilitasi Satwa

Yayasan IAR Indonesia –YIARI)

Orangutan muda yang diperdagangkan di kota Kandang, Aceh. (Paul Hilton/ Mongabay)

(OTE/WartaKota)

Tahap 3 (Penyelidikan Individual dan Kelompok)

Siswa dalam kelompok mendiskusikan wacana dan mencari

informasi  dari berbagai sumber untuk menjawab perMASALAHan :

Guru berkeliling untuk membimbing siswa secara berkelompok.

Tahap 4 (Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah)

Diskusi Kelompok

Guru membagikan Lembar Kerja Siswa kepada tiap-tiap kelompok. Dalam prakteknya siswa lewat satu Smartphonenya masing-masing mengambil LKS berupa FKS dengan cara men-Scan QR Code dari sang guru untuk bisa mengakses FKS tsb dari Drive Google gurunya. Tiap kelompok mendiskusikan jawaban dari masing-masing soal yang terdapat dalam Lembar Kerja Siswa. Siswa diberi waktu selama 20 menit untuk berdiskusi dengan kelompoknya.

Tahap 5  (Analisis & Evaluasi Proses Penyelesaian Masalah)

Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Pelaksanaan unjuk kerja/presentasi kelompok 1 ditanggapi kelompok  2, Kelompok B ditanggapi 3 dan seterusnya.

Sedangkan di bagian akhir kegiatan inti pembelajaran guru menyempatkan diri untuk melakukan tes penutup dengan soal kuis interaktif terkait materi yang barusan dibahas.

Setelah itu ‘closing’ oleh perwakilan siswa terakita hikmah dan kesan pembelajaran saat itu.

RPP PBL Fauna bisa diunduh di: https://drive.google.com/file/d/0B0Apqqkf0_CANll3WTVFVjNrMFU/view?usp=sharing

PPT PBL Fauna bisa diunduh di: https://drive.google.com/file/d/0B0Apqqkf0_CAVDV3akt6aXl0Z0U/view?usp=sharing

Salam Kreasi Inovasi Motivasi!

www.taufikibrahim.wordpress.com

397 total views, 5 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar