0

Popcorn is not always delicious (+1)

Miss Yanti September 15, 2018


Sebagian besar ortu mengenalkan anak dengan gadget dengan berbagai alasan; yang penting anak anteng lah, karena kita sebagai ortu ga mau diganggu, biar anak ga gaptek, nenek dan kakeknya ga bisa denger cucunya nangis, dan berbagai alasan yg lainnya. Itupun yang saya alami 😔 😩 sambil merenung di pojokan.

Kita sebenernya tahu bahwa ketika anak bermain gadget pastilah banyak dampak negatifnya. Namun kita sebagai ortu terkadang mencari sebuah pembenaran 🙃, betul apa betul ya? 😜. Emang sich bermain gadget tidak selamanya selalu berdampak negatif. Namun ayah bunda, ketika anak terlalu lama beraktifitas dengan gadget akan menimbulkan dampak negatifnya salah satunya Popcorn Brain
Pernah dengar ga ayah bunda?
Kalo menurut ayah bunda kurang familiar dengan istilah itu. Sama ayah bunda saya juga baru tau 😬 hiks hiks
Saya membaca sebuah artikel tentang Popcorn Brain 
Bahwa istilah Popcorn Brain ini di temukan oleh David Levy yaitu menggambarkan otak yg meletup letup karena terbiasa dengan layar gadget yang selalu merespon stimulus yang kuat. Pada kondisi tersebut anak ga bisa merespon stimulus sehari hari yang diberikan.😰😰

Masalah serius lainnya karena efek Popcorn Brain adalah lemahnya kemampuan anak dalam mengendalikan emosi. Ketika Popcorn Brain ga mendapatkan respon yang kuat maka anak anak cepat jenuh dan kesal.
Pernah ketemu kasus ada anak ga mau ngelakuin proses belajar dikelas, anak cenderung tidak memperhatikan guru
Karena anak merasa kegiatannya monoton ga sama dengan kegiatan di gadget. Maka anak kadang sulit konsentrasi sibuk dengan kegiatannya sendiri. Kalo di dunia pergadgetan anaknya ga suka atau bosen dengan permainan/tonton langsung bisa ganti secepat tangan di hempaskan ke layar HP…wuuuusss😀, tapiiii kalo di kelas kan mana mungkin donk ah anak jenuh dia mau ganti gurunya 😌😌 makanya anak yg kena Popcorn Brain akan merasa cepat jenuh dan sukar mengendalikan emosi.

Dan juga anak yg sudah terkena Popcorn Brain anak akan selalu mencari hal hal yang semakin brutal, implusif, cepat, dan menarik di mata mereka. So, anak jadi kebal dengan stimulus yang biasa saja. Artinya saat anak diajak bermain diluar , mungkin anak akan tertarik tapi tidak akan lama, ia akan cepat bosan dan meminta untuk main gadget lagi.
Selain membuat candu akan gadget, perkembangan sosial pun akan terganggu, anak akan jadi terisolir dari interaksi sosial dengan lingkungannya.

Kondisi Popcorn Brain juga melemahkan daya konsentrasi anak. Maka banyak kita temui anak zaman now banyak yang terganggu konsentrasinya😭😭😭 salah satunya karena efek Popcorn Brain

Fix, ternyata dahsyat juga ya 😰😰 pengaruh gadget pada perkembangan anak.

Masih banyak belajar dan belajar lagi

Saya nulis begini aja rasanya mau mewek, ngerasa bersalah sama anak -anak. Biasa … emak emak biasanya lebih baper dari pada ayah.

Maafin bunda ya kak ,mas

#cc : curhatan emak citra
#ortu yg terus belajar
#belajar menulis😊

Oleh: Citra Puspitasari, S.Psi (Guru BK SMPIT Ummu’l Quro Depok

 

267 total views, 5 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar