Artikel Pilihan

Tampilan Baru untuk Website Guraru

Guraru, tak terasa website Guru Era Baru (Guraru) hampir menginjak…

Selengkapnya

Artikel Pilihan

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Sendiri

Menjadi tiga besar artikel pilihan di bulan Juni 2014 memotivasi…

Selengkapnya

Artikel Pilihan

Pengumuman Pemenang Artikel Pilihan 3 Besar di Bulan Juni 2014

Assalamualikum Wr. Wb. Selamat siang guraruers, semoga sehat selalu dan…

Selengkapnya

Aktivitas
Home > Aktivitas […] Lain-lain > Permainan Monopoli Sebagai Media Belajar Bahasa Inggris

Permainan Monopoli Sebagai Media Belajar Bahasa Inggris (+3)

Penulis: Mulyono
Kategori: Aktivitas […] Lain-lain

Siapa yang tidak tahu monopoli? Hampir semua orang mengetahuinya. Bukan hanya anak-anak, kadang orang tua pun ikut memainkannya. Tak mengherankan memang, karena permainan ini sungguh sangat menarik. Seorang pemain harus bisa menguasai sebanyak-banyaknya petak properti untuk bisa mengalahkan lawannya. Semakin banyak properti, semakin cepat ia akan menguasai permainan, dan pastinya semakin kaya (dengan uang kertas mainan). Proses sewa dan bayar terjadi sepanjang pemainan ini. Saking asyiknya, seringkali permainan ini menyita waktu kita. Atas dasar inilah, saya mencoba memanfaatkannya untuk mengajarkan materi number (angka/bilangan) dalam sebuah lembaga pendidikan bahasa Inggris tempat saya mengajar di Malang.

Saat itu, yang menjadi masalah bagi saya adalah, bagaimana cara mengajarkan materi ini agar tidak terkesan monoton, itu-itu saja. Sangat tidak mungkin jika saya hanya mengajar siswa dengan menjelaskan angka mulai dari one, two, three, dan seterusnya. Kalau hanya itu pasti sangat mudah. Masalahnya, bagaimana number ini bisa mereka terapkan dalam konteks yang lebih kompleks, seperti menghitung puluhan ribu, ratusan ribu, atau yang lebih tinggi, selain keinginan agar materi ini bisa terintegrasi dengan speaking dalam bentuk conversation antar teman. Dan mengingat siswa-siswa saya mayoritas adalah anak-anak, maka monopoli pun saya jadikan sebagai medianya. Ada beberapa alasan kenapa saya memutuskan menggunakan monopoli ini;

  1. Penerapan materi number akan lebih kompleks.
  2. Menstimulus siswa untuk dengan secara tidak langsung menggunakan bahasa Inggrisnya selama permainan berlangsung. Misalnya, dalam bentuk transaksi, sewa dan bayar.
  3. Pembelajaran akan lebih bersifat otentik karena siswa tidak hanya membayangkan, tapi juga secara langsung mengalaminya.
  4. Dan yang terakhir, tapi mungkin yang sangat penting, adalah keyakinan saya bahwa language is a habit. Selama permainan berlangsung, siswa akan terbiasa menggunakan materi number ini terutama untuk menghitung jumlah-jumlah yang besar yang kompleks.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, maka kotak monopolinya pun saya buat sendiri sesuai dengan kebutuhan. Saya hanya mengadaptasi konsep permainannya saja. Perubahan pertama, saya berikan pada kotak-kotak properti. Jika biasanya kotak properti berupa hotel, stasiun, perusahaan, atau tempat wisata, di sini properti-properti itu berubah menjadi gambar aktifitas (seperti main bola basket, memasak) atau kata benda (noun). Perubahan ini bertujuan untuk building vocabulary (pengayaan kosakata)para siswa. Perubahan kedua terjadi pada dana umum dan kesempatan yang berubah menjadi Watch Out! dan Snack Shack. Dan satu lagi yang menjadi tambahan adalah kartu khusus yang memuat kata ganti (pronoun) yang nanti harus diambil oleh seorang pemain ketika kebetulan ia berhenti di kotak properti pemain lain. Inilah lembar monopoli yang sudah saya adaptasi itu.

Lembar Monopoli

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

kartu-kartu yang digunakan untuk transaksi sebagai ganti kartu properti

 

kartu Snack Shack dan Watch Out sebagai ganti dari Dana Umum dan Kesempatan

Lalu, bagaimana cara mainnya?

  1. Saya harus memastikan bahwa siswa saya bisa dan mampu mengucapkan bilangan ratusan, ataupun ribuan. Mereka tidak harus lancar karena dalam permainan ini kelancaran mereka akan terasah.
  2. Seperti permainan monopoli pada umumnya, saya membagi siswa kedalam beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa, dimana 4 siswa menjadi pemain dan 1 siswa menjadi bankir.
  3. Selama permainan berlangsung, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi siswa;

a. Mereka harus selalu menggunakan bahasa inggris saat berinteraksi.

b. Ketika seorang pemain tiba di petak yang telah di beli oleh temannya, maka siswa tersebut harus mengambil kartu “hukuman” dan membuat sebuah kalimat berdasarkan gambar yang ada dengan subjek sesuai yang tertera dalam kartu. misalnya, They are playing basketball.

kartu

c. Ketika seorang siswa tiba pada petak “Say it!”, maka dia harus mengucapkan gambar tersebut dalam bahasa Inggris, misalnya cave

Say it!

Selama permainan ini berlangsung, setidaknya ada beberapa ungkapan atau kalimat yang secara tidak sengaja mereka ucapkan. Misalnya;

How much should I pay?

Whose is this property?

Do you want to buy?

One thousand and five hundred dollar

They are playing basketball.

Dan begitu seterusnya.

Untuk memastikan bahwa aturan permainan ini dikerjakan oleh siswa, saya berjalan-jalan mengamati dari satu kelompok ke kelompok yang lain, memberikan koreksi ketika mereka membuat kesalahan, atau terkadang ikut nimbrung bermain.

Dan, durasi 1,5 jam terasa begitu cepat. Sebelum kelas berakhir, saya mereview hasil pembelajaran, baik yang secara langsung berhubungan dengan number atau bahasa-bahasa yang mereka gunakan selama permainan berlangsung. Monopoli pun menjadi media yang cukup efektif menjadikan proses pembelajaran berjalan menyenangkan, learning while playing.
 

452 total views, 1 views today



Harap login untuk Vote UP postingan ini.


  1. Avatar of Sigit Suryono

    tulisan yang sangat menarik, jika guru bahasa inggris menciptakan suasana yang menyenangkan maka siswa tidak akan takut saat belajar bahasa inggris…dan siswa pun bisa menerima pelajaran dengan baik…. sukses…

    Silahkan kritik, komentari, dan kasih saran pada artikel saya:
    http://guraru.org/news/2012/06/04/724/tips_and_trik_mudah_cepat_dan_akurat_membuat_penskoran_untuk_evaluasi_dengan_microsoft_powerpoint.html

    Sigit Suryono Komentar pada June 8, 2012 4:02 pm

  2. Avatar of Anastasia Putriandi Juwana

    seru yah :) pasti anak-anaknya semakin semangat dalam belajar :)

    Anastasia Putriandi Juwana Komentar pada June 8, 2012 6:10 pm

  3. Avatar of Mulyono

    @pak Sigit, terima kasih pak

    Mulyono Komentar pada June 8, 2012 11:50 pm

  4. Avatar of Mulyono

    Iya bu, seru sampai teriak-teriak kalo menang

    Mulyono Komentar pada June 8, 2012 11:51 pm

  5. Avatar of Fitta A.

    Menarik pak! boleh tau cara pembuatannya pak? Gambar monopoli diatas tdk terlalu jelas. Trima ksh.

    Fitta A. Komentar pada June 9, 2012 12:19 am

  6. Avatar of Mulyono

    kotak-kotak monopoli yang biasanya kita ubah bu, kita kasih gambar-gambar seperti memasak, memancing, dll, tapi tetap aja kita buat kelompok2 tertentu sama kayak monopoli pada umumnya. Intinya, semua perangkat permainan kita adaptasi menjadi materi. Maaf bu, upload gambarnya agak sulit, jadi harus saya perkecil.

    Mulyono Komentar pada June 9, 2012 12:54 am

  7. Avatar of Pengelola Guraru

    Menarik pak @mutiarabirusamudra :). Selain pelajaran geografi dan ekonomi, monopoli juga bisa dimanfaatkan untuk pelajaran bahasa inggris :)

    Pengelola Guraru Komentar pada June 9, 2012 2:18 am

  8. Avatar of Pak Sukani @gurumelekIT

    Artikel menarik pak..!! Permainan monopoli untuk pembelajaran bahasa inggris. Semoga memacu guru2 lain untuk berinovasi dan berkreatifitas.

    Silahkan kritik dan komentar juga di artikel saya pak :
    1. Pembelajaran berbasis E-learning di
    http://www.guraru.org/news/2012/05/20/536/klinik_matematika_online.html

    2. Cara praktis memasukkan video pembelajaran dari youtube ke powerpoint di http://goo.gl/GCAyv
    http://www.guraru.org/news/2012/06/03/720/bagaimana_cara_memasukkan_video_pembelajaran_dari_youtube_ke_powerpoint_untuk_presentasi.html

    3. Cara praktis mendownload video pembelajaran di Youtube dengan Video Dowbload Helper di
    http://guraru.org/news/2012/06/03/716/bagaimana_cara_mendownload_video_pembelajaran_di_youtube_dengan_menggunakan_video_downloadhelper

    4. Memanfaatkan Youtube sebagai bahan pembelajaran di
    http://www.guraru.org/news/2012/05/31/639/memanfaatkan_youtube_sebagai_media_pembelajaran_yang_interaktif_menarik_dan_menyenangkan.html

    Maturnuwun…!!!

    Pak Sukani @gurumelekIT Komentar pada June 9, 2012 2:38 am

  9. Avatar of Ramdhan Hamdani

    Belajar menggunakan monopoli memang menyenangkan

    Ramdhan Hamdani Komentar pada October 5, 2013 8:16 pm

  10. Avatar of Pak Sukani @gurumelekIT

    Iya betul sekali, Permainan monopoli sebagai media belajar bahasa inggris memang menyenangkan.

    Pak Sukani @gurumelekIT Komentar pada October 6, 2013 12:27 pm

You must be logged in to post a comment.

Panduan

Mari bergabung dengan Guru Era Baru! Baca panduan disini.

Panduan Bergabung

Klik Disini
Dr. Acer

Punya pertanyaan seputar komputer dan produk Acer lainnya?

Tanya Dr. Acer

Submit