0

Perbedaan RAM dan ROM Di Smartphone dan PC (+1)

Wendy Novianto March 13, 2017

Di jaman yang semakin berkembang ini akan kemajuan teknologinya, siapa sih yang sehari-harinya tidak menggunakan PC atau smartphone. Pasti kamu semua menggunakan smartphone dan PC bukan? Maupun di pakai dalam kegiatan belajar ataupun kerja. Tapi pernah tidak kamu mendengar kata RAM dan ROM pada smartphone dan PC ?

Bila kamu pernah mendengar kata RAM dan ROM pada smartphone kamu atau pada PC kamu, tahu tidak apa perbedaanya? Apa kamu semua menganggap itu sama saja?

Bila kamu belum tahu apa perbedaan RAM dan ROM, maka kali ini saya akan buat artikel mengenai perbedaan RAM dan ROM pada smartphone ataupun pada PC kamu. Kalau kamu tidak sabar, mari yuk simak ulasannya dibawah ini ya!

Perbedaan RAM dan ROM Di Smartphone dan Di PC

Pasti selama ini banyak di antara kamu yang menganggap RAM dan ROM itu sama tidak ada perbedaan, maka buat kalian yang penasaran dengan perbedaan RAM dan ROM, saya akan bahas dibawah ini:

  • RAM (Random Access Memory)

Kalau untuk ini, pasti dari sebagian kamu sudah ada yang tahu pengertiannya, tapi apabila kamu belum tahu apa itu RAM? RAM itu adalah Random Access Memory, suatu bagian dari perangkat pada PC atau smartphone kamu untuk menjalankan program dan data yang ada pada RAM hanya memiliki sifat yang sementara. Jika kamu mematikan PC atau smartphone kamu, maka data-data pada RAM akan hilang.

Seperti yang kita ketahui, bila kita ingin menjalankan suatu program dengan lancar dan baik, sebaiknya kamu memiliki RAM dengan ukuran yang besar. Supaya dapat berjalan dengan baik. Dan kamu juga bisa menjalankan banyak program pada perangkat kamu.

  • ROM (Read Only Memory)

Bila kamu belum tahu apa itu ROM? ROM adalah Read Only Memory bertugas sebagai pengendali atau penggerak pada setiap proses saat perangkat PC atau smarphone kamu sedang dihidupkan. Maka memory yang ada pada di ROM akan di tuliskan secara permanen dan tidak bisa dihapus, dan juga tidak dapat digunakan kembali walaupun dalam kondisi mati.

Bila kamu punya smartphone atau PC yang mempunyai kapasitas ROM yang besar, maka kamu akan bisa menginstal banyak aplikasi dan software pada perangkat smartphone dan PC kamu.

Dan pada intinya adalah RAM berfungsi untuk menulis dan membaca, sedangkan ROM berfungsi untuk membaca saja.

Nah itulah informasi yang saya bagikan mengenai perbedaan RAM dan ROM di smartphone dan PC kamu. Jadi sekarang jangan anggap sama lagi ya perbedaan dan pengertiannya. Jika kamu punya informasi lainnya bisa kamu bagikan atau kamu ada pertanyaan untuk saya, kamu juga bisa bagikan pada kolom komentar dibawah ini ya, senang rasanya bisa berbagi informasi dengan kamu semua. Semoga dapat bermanfaat ya. Terimakasih dan sampai bertemu.

5,397 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!