2

Peranan Personal Blog Dalam Proses Pembelajaran (+2)

Lulus Margiati May 29, 2017

Dampak globalisasi terlihat begitu pesat dengan semakin maraknya informasi dalam bentuk elektronik maupun non elektronik. Dalam kondisi saat ini, teknologi informasi dan komunikasi pun juga sangat berpengaruh pada semua bidang kehidupan dan tidak terkecuali dunia pendidikan. Beberapa hal yang sudah mengalami pergeseran dari dunia pendidikan saat ini adalah : (1) pendidikan berorientasi pada peserta didik. (2) maraknya pendidikan dan pelatihan jarak jauh / online. (3) pendidikan sepanjang hayat (life long learning).

Teknologi informasi dan komunikasi sangat memudahkan kita mengakses segala informasi dengan cepat. Di dunia pendidikan pun perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dirasa mulai berdampak positif karena banyak sekali perubahan yang cukup signifikan, salah satunya adalah tidak adanya jarak dan waktu untuk belajar atau mendapatkan ilmu dengan berbagai fasilitas aplikasi.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seharusnya berbanding lurus dengan peningkatan kualitas SDM tenaga pendidik sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan dan peserta didik. Tetapi pada kenyataannya masih banyak tenaga pendidik yang belum menyadari bahwa dalam proses belajar mengajar yang dilakukan dapat terbantu oleh berbagai aplikasi dari dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Dalam hal ini, penulis ingin membahas beberapa hal yang terkait dengan dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada dunia pendidikan. Diantaranya adalah : (1) apa yang dimaksud dengan teknologi informasi dan komunikasi; (2) peran guru dalam teknologi informasi dan komunikasi; (3) peranan teknologi informasi dan komunikasi pada dunia pendidikan; (4) manfaat dan dampak teknologi informasi; (5) manfaat dan pengaruh personal blog untuk proses pembelajaran

Teknologi informasi adalah teknologi pengolah data untuk menghasilkan informasi yang akurat dan relevan untuk digunakan pada berbagai macam keperluan untuk mengambil keputusan. Pernyataan tersebut dikuatkan dengan adanya Kementerian Negara Riset dan Teknologi, 2006;6 yang menyatakan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran dan penyajian informasi.

Kehidupan yang dikenal dengan e-life atau kehidupan yang telah dipengaruhi oleh semua kebutuhan elektronik dipacu oleh perkembangan teknologi informasi dan hal itu sangat memudahkan kita untuk belajar dan mendapat informasi apa saja, dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Namun pada kenyataannya, di negara berkembang seperti Indonesia, dimana penyebaran teknologi komunikasi dan informasi masih belum merata karena keterbatasan infrastruktur mengakibatkan banyak beberapa daerah terpencil yang masih minim memperoleh manfaat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut.

Guru sebagai salah satu sumber informasi berperan juga sebagai manajer pembelajaran dan bukan hanya sekedar sebagai pemberi informasi. Guru diharapkan menguasai teknologi informasi dan komunikasi serta mampu memfasilitasi pembelajaran anak menggunakan teknologi tersebut mengingat dalam proses pembelajaran akan ditemukan dengan berbagai karakter dan kondisi yang berbeda pada siswa. Dengan media internet, dunia pendidikan dapat menerapkan metode distance learning sebagai salah satu alternatif usaha pemerataan belajar dan mendapatkan infirmasi. Metode distance learning juga mampu mengatasi beberapa masalah dikarenakan tenaga pengajar yang berkompeten di beberapa bidang ilmu sangatlah kurang. Setiap orang yang ahli di bidangnya mampu mengirim, meng-upload data kemudian di publikasikan untuk dapat di unduh. Selain metode distance learning, ada beberapa metode lain yang dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, salah satunya adalah personal blog yang dapat di manfaatkan tenaga pendidik untuk berinteraksi dengan siswa dalam proses pembelajaran.

Screenshot at May 28 22-33-44

www.lulusmargiati.com

Teknologi informasi dan komunikasi berperan penting dalam dunia pendidikan karena banyak memberi manfaat para pelaku pendidikan. Sebagai siswa atau mahasiswa terbantu mengerjakan tugas-tugasnya, mencari bahan tugas melalui internet. Sebagai guru juga mempunyai ruang yang luas untuk memberikan materi pelajaran dan disiplin ilmu lainnya untuk dapat di akses siswa atau mahasiswa, karena tidak hanya terbatas pembelajaran dalam kelas.

Sebagai pengaruh dari globalisasi, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tentunya mempunyai dampak positif dan negatif. Beberapa dampak positif dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi antara lain : (1) segala informasi yang membantu dalam dunia pendidikan dapat di akses dengan mudah dan cepat. (2) dapat melakukan diskusi online dengan berbagai kalangan dan para ahli yang berkompeten. (3) guru tertantang untuk berinovasi dalam membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dengan e-learning. Sedangkan dampak negatif yang muncul karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi antara lain : (1) semakin sering terjadi pelanggaran Hak Atas Kekayaan Intelektual dengan banyaknya orang yang melakukan plagiat. (2) siswa akan terbiasa berpikir pendek dan bertahan dalam waktu relatif singkat untuk berkonsentrasi (short span of attention).

Dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memanfaatkan personal blog sebagai wadah untuk menyampaikan materi dan memberi tugas pada siswa dengan harapan dapat di akses kapanpun dan di manapun. Dalam proses pembelajaran menggunakan personal blog, tentunya ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh guru dan siswa. Sebagai seorang guru yang di tuntut untuk selalu meningkatkan kualitas diri dalam mengajar, maka guru tersebut akan tertantang untuk meng-upgrade ilmu nya setiap saat khususnya dalam ilmu teknologi informasi dan komunikasi yang sudah sangat dekat dengan dunia pendidikan. Sebagai siswa juga akan terbantu dengan cara belajar tanpa batas ruang, waktu, dan tempat.

Selain SDM yang berkualitas, tentunya guru juga harus mempunyai sarana prasarana yang mampu mendukung proses belajar mengajar menggunakan teknologi informasi dan telekomunikasi. Akses internet adalah salah satu yang harus ada di lingkungan sekolah sehingga guru dan siswa bisa leluasa untuk mengakses segala informasi dengan cepat. Selain itu perangkat laptop juga dibutuhkan untuk mempermudah guru mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan mengaplikasikan pembelajaran yang sudah di rancang oleh guru untuk siswanya.

Acer-Chromebook-14-tahan-lama

Pilihan menggunakan Acer Chromebook 14 untuk segala keperluan dalam keseharian proses belajar mengajar adalah sangat tepat karena selain bodi yang dilapisi dengan gorilla glass 3, tahan terhadap air, tahan banting, dan mampu menahan beban hingga 60 kg, Acer Chromebook 14 juga memiliki baterai yang mampu bertahan hingga 12 jam lamanya. Dengan demikian tentu saja tidak perlu terlalu sering untuk mencharge baterai laptop saat digunakan.

Tuntutan pembelajaran yang dilakukan guru di masa mendatang akan semakin bersifat terbuka, beragam, dan semakin kompetitif. Dengan demikian sudah semestinya sebagai guru kita harus memegang sebuah kalimat “Didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup bukan di jamanmu” (Ali Bin Abi Thalib), agar dunia pendidikan khususnya di Indonesia semakin berkualitas.

 

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

 

407 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

  1. Avatar of Lulus Margiati

    @Bapak Mokhamad Subakri_ Salam kenal.
    Iya pak. Selain bisa dimanfaatkan untuk proses pembelajaran dan memanfaatkan kemajuan teknologi, blog bisa juga buat menyalurkan hobi menulis kita.
    Terima kasih pak untuk dukungannya, saya masih harus banyak belajar.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!