0

Peranan Teknologi dalam Dunia Pendidikan (+1)

Antok Ardianto May 14, 2017

Di zaman modernisasi seperti sekarang, manusia sangat bergantung pada teknologi. Hal ini membuat teknologi menjadi kebutuhan dasar setiap orang. Dari orang tua hingga anak muda, para ahli hingga orang awam pun menggunakan teknologi dalam berbagai aspek kehidupannya.

Teknologi di masa kini telah berkembang dengan pesat. Tak seperti waktu dulu, Teknologi sangatlah berpengaruh dalam aspek kehidupan manusia dan ikut berperan dalam kehidupan masyarakat luas khususnya peran teknologi di bidang pendidikan. Dalam pendidikan sendiri teknologi kini memiliki peranan tersendiri dalam proses belajar mengajar.

Peran Teknologi dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini,  Banyak sekali peran yang dimiliki teknologi dalam proses belajar mengajar pada masa kini, sama halnya pada zaman dahulu dalam dunia pendidikan meiliki metode-metode dan media dalam proses belajar mengajar. Namun pada zaman sekarang dengan semakin berkembangnya teknologi, dunia pendidikan pun memiliki metode dan media baru dalam penerapan proses belajar mengajar dengan menerapkan peranan penting teknologi dalam proses belajar mengajar.
Sebagai contoh peran teknologi dalam proses belajar mengajar yaitu adanya penerapan metode penyampaian materi dengan menggunakan teknologi seperti halnya pemakaian LCD PROJECTOR untuk metode penyampaian materi kepada murid dalam proses mengajar.

infocus proyektor untuk pembelajaran

Contoh lainya saat seorang guru menyampaikan pengumuman materi yang harus dipelajari kepada murid dengan menggunakan teknologi microphone atau pengeras suara  speaker, agar pengumuman materi yang disampaikan oleh seorang guru menjadi lebih terdengar dengan jelas.

DSC_4662--------444

Untuk kelas kesenian atau pembelajaran seny budaya para guru menggunakan teknologi sound system digunakan untuk pengeras suara lagu jawa ataupun lagu daerah lainya  yang digunakan untuk mengajar kelas seni tari pada saat pembelajaran seni.

Selain guru , teknologi juga memiliki peran tersendiri terhadap siswa siwi , Sebagai contoh peranan teknologi untuk siswa dan siswi :

  1. Sebagai media pembelajara daring(online)
  2. Sebagai media belajar online dengan cangkupan yang lebih luas sebagai pengganti buku dan digantikan teknologi buku elektronik.
  3. Sebagai media belajar kelompok , Karena teknologi smartphone yang dilengkapi aplikasi messenger seperti whatsap dapat membuat grub antar siswa agar lebih mudah dalam melakukan diskusi berkelompok tanpa harus berkumpul.
  4. Dengan adanya teknologi untuk metode belajar siswa akan memiliki pengetahuan yang lebih luas sebagai contoh mesin penulusur google yang memiliki banyak sekali artikel dan ilmu didalamnya yang dapat kita akses secara gratis.
  5. Peran teknologi terhadap siswa lainya sebagai media untuk mendapatkan pengumuman dari seorang guru atau ketua kelas jika ada PR ataupun pengumuman untuk libur memalui smartphone via sms ataupun online messenger atau whatsap
  6. Lebih ringkas dalam pembelajaran karena materi yang tertera pada teknologi mesin telusur google menunjukan apa yang sedang kita cari dan sangat memudahkan kita dalam menemukan suatu jawaban tanpa memakan waktu lama dan dapat mempersingkat waktu dalam pencarian artikel atau wacana untuk para siswa siswi belajar.

Di tahun ajaran 2015 dan 2016 teknologi sangat berperan penting dalam proses belajar mengajar dan juga dalam ujian nasional sekolah telah bergantung pada teknologi, tak seperti dahulu siswa dan siwi melakukan ujian nasional hanya menggunakan kertas soal ,lembar jawaban dan pensil untuk mengisi lembar jawaban. Pada tahun ajaran 2015 dan 2016 teknologi sangat berperan penting dalam dunia pendidikan, Dengan adanya UNBK (ujian nasional berstandart komputer) mengandalkan teknologi komputer untuk melakukan ujian nasional , hal ini  sangat efisien untuk menghindari kecurangan yang sering dilakukan para siswa pada saat ujian nasional.

DKI-Jakarta-targetkan-UNBK-2017-untuk-seluruh-SMP

Namun selain memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan, Teknologi juga memiliki dampak buruk.

  • Terutama para siswa dan siswi pengguna smartphone yang canggih , akan menjadi malas membaca buku karena terlalu bergantung pada smartphone dan artikel yang ada di mesin telusur google.
  • Para murid akan kurang bersosialisasi setelah jam sekolah usai dikarenakan mereka lebih memilih berkomunikasi dengan menggunakan teknologi smartphone.
  • Meningkatnya kecurangan saat ujian dikarenakan mereka mudah mencakup informasi dengan teman yang lainya
  • Penggunaan teknologi smartphone yang terlalu lama dapat menyebabkan mata  para siswa dan siswi menjadi minus
  • Para murid lebih cenderung mengetik daripada menulis.
  • Dapat membuat  semakin malasnya para murid berpikir kritis saat belajar karena merasa dapat menyelesaiknya hanya dengan browsing pada mesing telusur google yang ada pada teknologi smartphone maupun laptop komputer.

Peran teknologi dalam dunia pendidikan memiliki dampak positif dan negatif tergantung para guru dan orang tua murid itu sendiri dalam menjaga atau mendidik para murid agar terhindar dari dampak negatif peran teknologi dalam dunia pendidikan itu sendiri.

Kesimpulanya kita harus menggunakan sebaik mungkin teknlogi yang semakin berkembang pesat di masyarakat luas agar teknologi itu sendiri tidak memiliki kesan negatif di mata manusia, yang dikarenakan kesalahan kita sendiri yang tidak bisa mengontrol diri kita saat memanfaatkan teknologi itu sendiri.

 

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru

3,409 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar