3

Teknologi dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini (+1)

Amirudin Wabula May 19, 2017

Media sebagai salah satu komponen yang harus diciptakan dalam strategi pembelajaran memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut. Penggunaan media pembelajaran di dalam kelas sangat membantu guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Dengan menggunakan media pembelajaran siswa akan lebih mudah terangsang pemikirannya, selain itu media pembelajaran mampu memberikan gambaran yang lebih jelas kepada siswa tentang materi yang sedang dipelajari. karena itu, hal utama yang harus dilakukan guru dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan meningkatkan minat belajar siswa terlebih dahulu.

Guru sebagai pendidik dan pengajar harus mampu menciptakan pembelajaran yang menarik di dalam kelas sehingga para siswa mampu berkonsentrasi dan menaruh minat pada proses pembelajaran. olehnya itu, Di era modern ini, sangat tepat jika disediakan media pembelajaran yang sesuai dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) karena pada dasarnya siswa sekarang adalah generasi yang tidak lepas dari perkembanga teknologi. Anak-anak zaman sekarang tergolong sebagai generasi digital native, oleh karena itu, media pembelajaran yang tepat untuk anak zaman sekarang adalah media pembelajaran yang berbasis digital.

Sparkol Videoscribe merupakan sebuah media pembelajaran video animasi yang terdiri dari rangkain gambar yang disusun menjadi sebuah video utuh. Dengan karakteristik yang unik, sparkol videoscribe mampu menyajikan konten pembelajaran dengan memadukan gambar, suara, dan desain yang menarik sehingga siswa mampu menikmati proses pembelajaran. Fitur yang disediakan oleh software ini sangat beragam sehingga mampu menjadi media pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan mata pelajaran yang diinginkan. Selain menggunakan desain yang telah disediakan di dalam software, pengguna dapat membuat desain animasi, grafis, maupun gambar yang sesuai dengan kebutuhan kemudian di- import ke dalam software tersebut.

Siswa lebih senang menikmati pembelajaran yang berbasis digital, serta akan tergiur dengan materi-materi yang menantang. Guru merasa senang dan menyenangkan kalau siswanya semua dapat memahami materi yang akan di ajarkan. Anak akan semakin menantang dan merasa menarik dengan tampilan media pembelajaran yang begitu menarik. Seperti apa yang sudah saya laksanakan di kelas saya, pada saat kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung. Sebelumnya kalau saya mengajar menggunakan media gambar-gambar yang ditempelkan pada selembar manila karton, lama kelamaan siswa merasa  bosan dan mulai mengalihkan perhatiaannya ke teman yang lain  atau megganggu teman yang lain. Setelah saya mengetahui Sparkol Videoscribe melalui pelatihan online yang diselenggarakan oleh Seamolec, saya mulai mencoba menerapkan media digital tersebut kepada siswa. Hasilnya luar biasa, siswa lebih senang dan cepat memahami pelajaran yang di berikan guru. Semua materi yang disampaikan bisa tercapai dengan sempurna.

Sparkol Videoscribe bisa di desain sesuai keinginan kita, dan di buat menurut mata pelajaran yang akan di ajarkan. Siswa merasa menarik karena materi pada media akan bergerak sendiri seperti tangan  seseorang sedang menulis di papan tulis, serta menampilkan  gambar-gambar yang ditayangkan dan bergerak dengan sendirinya. Dengan adanya gambar-gambar yang bergerak dapat menarik perhatian siswa untuk lebih fokus pada materi yang di sampaikan. Dengan demikian peran teknologi dalam proses pembelajaran sangat di perlukan dalam kemajuan teknologi sekarang.

510 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!