2

Peran Teknologi dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini (+2)

Gegap Putri Gempita May 26, 2017

Teknologi di masa sekarang adalah suatu kebutuhan. Hampir semua orang membutuhkan teknologi, baik itu di bidang pendidikan, ekonomi, sosial maupun budaya sekalipun. Pada artikel ini, saya ingin membahas mengenai peran teknologi di bidang pendidikan khususnya dalam proses belajar mengajar di masa kini.

Jika pendidikan masa kini dan masa lampau dibandingkan akan sangat terlihat perbedaannya. Bagaimana tidak? Untuk masa sekarang ini, bidang pendidikan sudah menggunakan teknologi yang sangat canggih. Seorang pengajar dengan yang diajar bisa melakukan proses belajar mengajar tanpa harus berada di satu tempat yang sama.

Bermodalkan gadget dan jaringan internet yang baik, proses belajar mengajar dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Bukan berarti seorang guru disarankan untuk menggunakan teknologi terus-menerus tanpa harus hadir di kelas. Namun, teknologi yang dimaksud disini adalah membantu memaksimalkan proses belajar mengajar seorang pengajar dengan yang diajar.

Saat didalam kelas, apabila seorang pengajar sedang menjelaskan apa yang sedang dipelajari mungkin akan terasa sangat membosankan jika seorang pengajar tersebut hanya berbicara saja seolah-olah sedang bercerita. Berbeda halnya jika seorang pengajar menjelaskan materi sambil menunjukan gambar atau video pendukung materi tersebut dengan bantuan LCD ataupun internet. Tentu akan lebih menarik dan mudah diserap oleh otak bukan? Tidak melulu penjelasan secara lisan seperti sedang bercerita, tetapi memberikan contoh nyata berupa gambar atau video sehingga yang diajar tidak harus membayangkan terus menerus apa yang dijelaskan oleh pengajar.

Disini peran teknologi sangat dibutuhkan untuk menunjang proses belajar mengajar agar proses tersebut tidak terkesan membosankan. Peran penting teknologi dalam proses belajar mengajar juga akan sangat terlihat apabila seorang pengajar berhalangan untuk hadir dan mengajar secara langsung.

Tidak ada pengajar bukan berarti tidak bisa belajar. Cukup dengan mengirimkan materi dan tugas melalu email serta menambahkan e-book ataupun video penunjang materi tersebut dapat dilakukan oleh seorang pengajar apabila benar-benar berhalangan hadir.

Tidak sedikit, pengajar yang melakukan hal tersebut dan memberikan tugas yang dikumpulkan secara online dengan deadline waktu yang telah ditentukan oleh pengajar. Pengajar pun bisa kapanpun dan dimanapun memeriksa pekerjaan yang diajar. Tentu saja, berhalangan hadir tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak melakukan proses belajar mengajar.

Dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini, belajar bisa dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi di masa kini merupakan suatu kebutuhan tanpa terkecuali di bidang pendidikan. Sekarang, bagaimana pintarnya si pengguna teknologi untuk memanfaatkan teknologi tersebut.

[ Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru ]

788 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

  1. Bermodalkan gadget dan jaringan internet yang baik, proses belajar mengajar dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Bukan berarti seorang guru disarankan untuk menggunakan teknologi terus-menerus tanpa harus hadir di kelas. Namun, teknologi yang dimaksud disini adalah membantu memaksimalkan proses belajar mengajar seorang pengajar dengan yang diajar.

    setuju dengan paragaraf ini mbak

    artikelnya sudah sy VOTE UP dan like fiacebook
    semoga sukses Gegap Putri
    bisa lihat juga inovasi pembelajaran berikut ini
    http://guraru.org/guru-berbagi/peningkatan-motivasi-belajar-siswa-saat-liburan-dengan-game-bom-whatsapp/?replytocom=43267#respond

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar