2

Peran Teknologi Dalam Proses Belajar Mengajar Kini (+2)

Usuddin Almandary May 29, 2017

Kemajuan suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh dunia pendidikan, semakin besar biaya investasi yang dikeluarkan di bidang pendidikan maka semakin besar pula harapan dan cita-cita yang dicapai di sektor tersebut. Bukan tanpa alasan, keberangsungan dan kualitas sebuah bangsa dimasa mendatang sangat dipengaruhi dengan kondisi pendidikan kini dan nanti. Jika ingin merewiew dari bangsa lain, Jepang pasti akan menjadi teladan yang patut dicontoh. Konon, pasca perang dunia kedua, Jepang merupakan negara yang kalah telak oleh sekutu yang dibuktikan dengan uluh lantahnya Heroshima dan Nagasaki yang menjadi simbo kedigdayaan ekonomi Jepang saat itu. Melihat kondisi tersebut, Kaisar Jepang langsung mengultimatum kepada seluruh warganya mengirimkan guru-guru yang masih tersisa untuk belajar di Eropa dan Amerika saat itu. Hasilnya, saat ini Jepang salah satu negara imperium yang berhasil mengembalikan kedigdayaan ekonomi atas bangsa lainnya.

Metode pengajaran dalam dunia pendidikan saat ini harus diakui jika memang belum merata ke semua daerah, ada masih banyak daerah di Indonesia yang masih memiliki keterbatasan akses alat peraga pendidikan yang memadai untuk bisa bersaing dengan perkembangan pola pengajaran kekinian yang seharusnya sudah mereka adopsi. Ini pula alasa yang bisa dikemukakan mengapa ujian nasional yang harus ditolak sebab ada standar nasional yang ingin diberlakukan sedangkan alat peraga dan kelengkapan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah belum merata secara nasional. Tentu akan jadi boomerang jika ingin memaksakan sebuah standar pendidikan yang sama rata sedangkan persoalan sarana pendidikan saja masih belum merata bukan???

Di kota-kota besar, pengguna media teknologi sudah lebih baik. Hal ini bisa dilihat dari angka pengguna laptop untuk siswa di sekolah juga setiap saat selalu bertambah seiring dengan laju perkembangan teknologi dan semakin menjamurnya komputer jinjing yang murah dan memudahkan para siswa. Di ruang-ruang kelas pun di beberapa sekolah unggulan juga sudah memiliki gantungan LCD Proyektor yang bisa dinikmati sebagai tambahan dalam media pembeajaran dan jalm belajar sedang berlangsung. Penggunaan media tersebut sudah pasti akan mempengaruhi minat dan cara siswa memperhatikan sebab ada nuansa baru yang bisa dimanfaatkan dalam ruang kelas mereka. Dengan LCD tersebut, banyak hal yang dilakukan misalnya pemutaran video-video edukasi lainnya yang bisa memudahkan para guru untuk menjelaskan mata pelajaran tertentu yang kadang masih susah dipahami siswa jika hanya penjelasan manual.

Terkait dengan keaktifan dan ketertiban siswa saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, para guru saat ini juga sudah memantau dengan kamera CCTV yang ditempatkan di ruang kelas yang juga sudah dimiliki oleh sekolah-sekolah favorit di perkotaan. Dengannya, guru bisa lebih leluasa dalam mengontrol perkembangan siswa saat jam pelajaran berlangsung. Salah satu contohnya di Makassar saat ini ada website yang bisa dimanfaatkan oleh semua stakeholder pendidikan untuk mengawasi jalannya proses kegiatan belajar siswa di sekolah dengan memanfaatkan teknologi. Bahkan para orang tua bisa leluasa memonitor perkembangan kecerdasan anaknya di sekoah tertentu, bahkan bisa mengetahui para siswa yang mungkin saja tidak disampaikan secara langsung tapi langsung terbaca dengan otomatis di aplikasi tersebut. Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan menamakan program tersebut dengan istilah e-panrita.com. Dengan aplikasi ini segala hal tentang kegiatan-kegiatan di sekolah bisa terpantau, bahkan kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler juga bisa diketahui.

IMG_20170318_054012

 

Kehadiran teknologi seperti ini juga sudah pasti bisa menekan angka kekerasan dan tindak asusila yang marak terjadi di lingkungan sekolah, baik yang melibatkan antar siswa maupun siswa dengan guru yang beberapa saat lalu juga pernah menghiasi layar-layar pemberitaan di berbagai media. Tentu saja perlakuuan seperti ini juga menjadi catatan fatal yang harus segera diselesaikan agar “generasi porno” tersebut bisa tereduksi dari awal tanpa harus melibatkan banyak korban dikemudian hari.

Indonesia, dengan segala potensi yang dimiliki tentu saja membutuhkan para generasi-generasi muda yang terdidik dan cerdik cendekia agar bisa menjadi lokomotif pelanjut generasi di kemudian hari. Tentu saja tantangan yang akan menghalangi di masa depan akan jauh lebih berat dari yang ada saat, sehingga juga membutuhkan tingkat kecerdasan yang jauh lebih tinggi agar bisa mengalahkan semua potensi tantangan tersebut dari sekarang. Semoga generasi millenial Indonesia saat ini bijak menggunakan perkembangan teknologi agar betul-betul bisa bermanfaat untuk perkembangan prestasi di sekolah dan masa depan yang lebih baik. Amin…

988 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

  1. jika diikutkan lomba jangan lupa menulis artikel ini diikutkan lomba guru era baru mas …
    terima kasih ilmunya salam kenal mas Udin

    akhirnya bisa masuk juga ya mas nur cholis heeeee……
    pembelajaran yang kreatif nih,
    selamat juga buku papan dan kapurnya, sy belum sempat gabung heeeee….

    artikelnya sudah sy VOTE UP dan like fiacebook
    semoga sukses
    bisa lihat juga inovasi pembelajaran berikut ini
    http://guraru.org/guru-berbagi/peningkatan-motivasi-belajar-siswa-saat-liburan-dengan-game-bom-whatsapp/?replytocom=43267#respond

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar