2

Peran Guru Melek Teknologi dalam Digital Citizenship untuk Menciptakan Keefektifan Kelas dan Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (+3)

Anggi Perdana May 29, 2017

Seiring dengan perkembangan zaman, kemajuan ilmu teknologi pun semakin pesat. Ini yang kemudian menjadi tantangan khususnya bagi para pendidik untuk selalu melek teknologi. Apabila tidak, sudah dapat dipastikan akan tertinggal jauh dengan adanya perkembangan-perkembangan terbaru. Namun, jika pendidik dalam hal ini adalah guru melek teknologi maka akan tercipta inovasi baru yang nantinya bisa diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah. Dengan demikian, proses pembelajaran akan berjalan lebih efektif dan menyenangkan. Sudah dapat dipastikan dengan proses pembelajaran yang seperti itu, motivasi siswa juga akan ikut meningkat.

Sekarang ini, guru memang dituntut untuk terus melek teknologi. Kenapa demikian? Karena jika tidak maka guru akan tertinggal dan tergilas oleh pesatnya perkembangan teknologi di zaman yang sudah serba canggih seperti sekarang ini. Terlebih lagi ketika sudah memasuki abad ke-21, dimana pada Era ini perkembangan ilmu pengetahuan terutama di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi semakin cepat dan dapat diakses dengan mudahnya oleh siapapun.

Nah, dengan demikian apabila seorang guru masih tetap menutup diri dengan adanya perkembangan teknologi dapat dibayangkan nanti di abad ke-21 akan menjadi seperti apa? Untuk itu, perlulah kiranya dipersiapkan dari sekarang paling tidak tanamkan dulu kemauan pada diri untuk mau melek teknologi.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan oleh guru agar terus melek teknologi.

  1. Mempelajari Komputer

Bagi seorang guru yang ada di era saat ini, ketrampilan menguasai komputer itu penting. Sekarang hampit semuanya sudah serba menggunakan komputer, begitu juga dalam proses pembelajaran. Terkecuali bagi sekolah-sekolah yang ada di pedalaman sana. Meskipun demikian, untuk menjawab tantangan guru di abad ke-21 keahlian komputer ini memang perlu dikuasai oleh semua guru.

  1. Memanfaatkan Gadget dan Internet

Gadget adalah salah satu alat teknologi canggih yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi dan mencari berbagai informasi. Tapi sayangnya, belum banyak yang memanfaatkan gadget untuk mencari informasi terkait dengan materi pendukung mata pelajaran yang diajarkan. Masih banyak yang hanya memanfaatkan gadget untuk bersosial media dan chattingan.

  1. Mengikuti Pelatihan ICT dan Blog

Mengikuti pelatihan-pelatihan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh guru agar terus melek teknologi. Adapaun macam pelatihannya bisa berupa pelatihan Information Communication and Technology (ICT), internet, website, maupun blog. Melaui pelatihan-pelatihan seperti ini, skill dan kompetensi guru akan semakin meningkat.

  1. Mengikuti Kelas Online di Seamolec

Terakhir, dapat juga dengan mengikuti pelatihan-pelatihan melalui kelas online seperti yang sering diselenggarakan oleh Seamolec. Biasanya dalam 1 materi pelatihan, membutuhkan waktu 1 bulan untuk selesainya. Selain teori, ada praktek dan tugas mandirinya juga yang nantinya akan diberikan sebuah sertifikat bagi yang lulus dalam pelatihan tersebut. Kebetulan saya pernah mengikuti dua kelas, pertama pelatihan blog dan kedua pembuatan game.

Rangkaian Kegiatan Melek Teknologi

dok. pribadi. (rangkaian kegiatan melek teknologi)

Nah itu tadi beberapa cara yang dapat ditempuh oleh para guru untuk terus melek teknologi. Sehingga nantinya apa yang telah didapat dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Dengan demikian, proses pembelajaran akan semakin inovatif, kreatif, dan juga menyenangkan. Dalam hal ini, saya sendiri sudah menerapkan pembelajaran interaktif dengan siswa melalui blog PKnPedia. Blog ini saya kelola sendiri untuk menunjang pelajaran yang saya ampu, yakni Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan Produktif Mutimedia. Adapun untuk tampilan blognya dapat dilihat pada gambar berikut.

blog pembelajaran

dok. pribadi. (tampilan blog PKnPedia)

Di dalamnya berisi materi pelajaran, buku sumber, soal-soal, kuis, dan perangkat guru lainnya. Dengan cara atau metode pembelajaran seperti ini teryata antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran PKn khususnya, menjadi meningkat.

Proses KBM

dok.pribadi. (Proses KBM)

Setelah melakukan berbagai cara yang telah dijabarkan di atas, guru dapat menciptakan ide-ide segar untuk melakukan sebuah inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang telah tersedia. Hal tersebut tidak hanya bermanfaat bagi guru saja tapi juga untuk siswa dan lingkungan sekitarnya. Jika gurunya sudah melek teknologi duluan maka siswanya pun akan terbawa untuk melek teknologi, sehingga dapat mengikuti perkembangan di dunia luar yang berubah dengan sangat cepat.

Namun perlu kiranya untuk diperhatikan bersama, bahwa dalam penggunaan teknologi ini tidak serta merta semuanya akan berdampak positif. Ada sisi lain yang akan bedampak negatif, apabila dalam hal ini tidak digunakan sebagaimana mestinya. Sebagaimana yang kita ketahui bersama dalam dunia maya interaksi dan komunikasinya hapir sama dengan di dunia nyata. Akan tetapi interaksi dan komunikasi yang terjadi di dunia maya tidak mempertemukan antar individu tersebut secara langsung. Hal ini yang kemudian dapat mengakibatkan hilangnya sopan santun, rasa tanggung jawab, moral dan etika dalam berkomunikasi. Tidak terkecuali juga dengan apa yang dilakukan siswa dalam dunia maya.

Oleh sebab itu perlu adanya dukungan dan kerjasama dari semua pihak agar siswa bisa memanfaatkan teknologi secara positif dan bijak. Tentunya dengan memperhatikan nilai-nilai karakter bangsa seperti kesopanan, toleransi, beretika, dan mematuhi aturan atau norma, serta memiliki rasa tanggung jawab terhadap apa yang telah dilakukan.

Jadi, sebagai seorang guru melek terhadap teknologi itu harus. Hal ini penting bagi guru, supaya kelak pada abad ke-21 tidak tergilas oleh pesatnya perkembangan teknologi. Satu hal yang terpenting, siswa pun perlu diberikan pengetahuan terkait dengan hal tersebut. Selain itu, dalam penggunaan teknologi harus ditanamkan juga etika dalam penggunaannya. Sehingga mereka dapat memanfaatkan teknologi dengan bijak dan positif. Apabila hal tersebut semuanya terpenuhi, dapat dipastikan dalam prosesnya akan berjalan lancar. Sehingga dapat terciptanya suasana yang efektif dengan semangat belajar siswa yang tinggi.

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

 

710 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!