14

Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa (+8)

Pak Sukani @gurumelekIT October 22, 2013

Animasi Belajar membaca

Sumber Gambar : http://aanpict.blogspot.com/2013/03/kumpulan-animasi-bergerak-belajar.html

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi Guraru, bagaimana kabarnya? Semoga guraru dalam keadaan sehat dan dalam limpahan rahmad dari Allah SWT. Amin ya Ra.

Pada kesepatan kali ini saya akan sharing tentang “Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa”. Guraru yang saya hormati, peran guru dalam meningkatkan minat baca siswa adalah sebagai creator, motivator, dinamisator, supervisor, counselor dan evaluator seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini :

Peran Guru by Pak Sukani

1) Peran Guru Sebagai Creator

Paran guru sebagai creator karena seorang guru harus lebih kreatif untuk merangsang minat baca para siswanya. Kreativitas dalam diri seorang guru terbentang dari kreatifitasnya dalam proses pembelajaran. Guru yang kreatif terkadang malah tidak merasa dirinya “kreatif” karena yang ada ia dalam keseharian selalu merasa “haus” untuk memberikan strategi mengajar yang terbaik. Cara terbaik merasakan diri kreativitas dalam diri seorang guru adalah jika siswa senang dan fokus saat seorang guru sedang mengajar. Ciri lainnya siswa katakan “yaaaa…” saat guru mengakhiri pembelajaran. Ini menandakan bahwa sebenarnya mereka masih enjoy belajar. Kreatif membutuhkan antusiasme dan guru menempatkan diri dalam diri siswa.

2) Peran Guru sebagai Motivator

Paran guru sebagai motivator karena guru harus menjadi seseorang yang selalu mendorong dan memotivasi anak untuk mewujudkan minat baca yang tinggi.

3) Peran Guru sebagai Dinamisator

Paran guru sebagai dinamisator karena guru mengatur dan mengelola semua kegiatan membaca anak dengan mendinamiskan seluruh bacaan yang ada.

4) Peran Guru sebagai Supervisor

Paran guru sebagai supervisor karena guru mengawasi proses membaca anak, baik dalam jarak dekat maupun jarak jauh agar anak selalu merasa ada yang mengawasinya.

5) Peran Guru sebagai Counselor

Paran guru sebagai counselor karena guru memberikan petunjuk-petunjuk untuk menciptakan suasana psikologis yang kondusif demi terwujudnya jiwa, semangat dan motivasi dalam membaca yang optimal.

6) Peran Guru sebagai Evaluator

Paran guru sebagai evaluator karena guru memberikan respon terhadap seluruh kegiatan membaca anak dan menilai hasil bacaan anak dengan memberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil pemahaman terhadap yang dibacanya.

Demikianlah sharing saya pada kesempatan pagi hari ini, mudah-mudahan dapat memberikan manfaat.

pak Sukani

Salam persahabatan,

 

Pak Sukani

SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan.

2,850 total views, 1 views today

Tagged with: ,

Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Avatar of Pak Sukani @gurumelekIT
Pak Sukani @gurumelekIT

Pak Sukani @gurumelekIT merupakan guru matematika di SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan. Beliau merupakan seorang trainer, motivator dan pembicara dalam diklat maupun seminar-seminar di Indonesia. Passionnya adalah menulis dan mengembangkan IT untuk pembelajaran. Pak Sukani aktif mendorong guru-guru Indonesia agar melek IT dan memanfaatkannya untuk pendidikan. Kunjungi blognya di http://trainergurumelekit.wordpress.com atau 085695685815

View all posts by Pak Sukani @gurumelekIT →

Comments (14)

  1. Avatar of Bu Etna @gurutematik

    Kita kan ingin bangsa kita serba bisa, jadi pendidiknya juga serba bisa donk, hehehe. Sip sharingnya. Terima kasih pak Sukani, sangat bermanfaat. Itulah yang selalu kita upayakan agar bisa menjadi guru yang profesional. Selamat berjuang Guraru, saya tetap mendampingi, tidak pensiun kok, belajar juga sepanjang hayat. Salam.

  2. Avatar of Pak Sukani @gurumelekIT

    Terimakasih pak Rochimudin atas kunjungan dan komentarnya. Iya pak, guru harus super sehingga guru dituntut harus serba bisa. Sebagai panutan dan teladan maka guru harus memberikan yang terbaik dan harus bisa. Kemampuan dan kompetensi guru harus terus ditingkatkan agar menjadi guru yang profesional. Salam super.., (ngikut pak Qoim). he..he..he..

  3. Avatar of Pak Sukani @gurumelekIT

    Terimakasih bunda Etna Rufiati atas komentar dan kunjungannya. Betul ibu bahwa guru dituntut harus serba bisa. Guru harus terus meningkatkan kompetensinya sehingga menjadi guru yang profesional, salah satunya adalah dengan belajar. Iya, belajar sepanjang hayat bu.

    Salam perjuangan,

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!