5

Penggunaan Alat Peraga (Buret) dalam Proses Belajar Mengajar Kimia (+1)

travenska June 9, 2012

Apa yang dimaksud dengan alat peraga?
Alat peraga adalah suatu alat yang dapat di serap oleh mata dan telinga dengan tujuan membantu guru agar proses belajar mengajar lebih efektif dan efisien (Sudjana,2002 :59). Ada beberapa contoh alat peraga yang digunakan dalam mengajar yaitu gambar,peta,papan tulis dan lain-lain.
Alat peraga yang digunakan hendaknya memiliki karakteristik tertentu,seperti tahan lama, bentuk dan warnanya menarik,sederhana dan mudah digunakan, sesuai dengan konsep pembelajaran, serta dapat memperjelas konsep.
Salah satu contoh penggunaan alat peraga pada pelajaran kimia adalah penggunaan buret pada pokok bahasan analisis kimia sangat membantu guru dalam hal menjelaskan analisa kimia secara kuantitatif,dibandingkan dengan penggunaan alat kimia lain seperti spektrofotometri, penggunaan buret sebagai alat peraga dirasa cukup mudah dan murah untuk diperagakan.
Pada pembelajaran ini guru menerangkan proses penetapan kadar suatu zat dengan menggunakan metode titrasi, yaitu penetapan kadar vitamin C atau asam askorbat secara titrasi iodimetri. Vitamin C merupakan salah satu vitamin larut dalam air yang banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan terutama jenis sitrus. Vitamin ini mempunyai kemampuan sebagai antioksidan.
Iodimetri adalah salah satu metode titrasi langsung dengan menggunakan metode larutan titer iodium, Iodium ini memiliki sifat sebagai oksidator,oleh karena itu reaksi yang terjadi pada iodimetri merupakan reaksi redoks. Karena iodium merupakan oksidator lemah, maka yang dapat dioksidasi adalah reduktor-reduktor kuat seperti asam askorbat atau vitamin C.(Basset,1994:442)

Adanya alat peraga ini minat belajar siswa akan tumbuh karena pelajaran akan lebih menarik, selain itu makna bahan pelajaran akan lebih jelas sehingga siswa lebih mudah memahaminya, adanya alat peraga juga akan membuat metode belajar akan lebih bervariasi sehingga siswa tidak akan mudah bosan serta membuat siswa menjadi lebih aktif.
Pada proses pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dalam hal ini buret tidak selamanya dapat membuahkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan, bahkan tidak tertutup kemungkinan membuat anak binggung terutama dalam menentukan titik ekuivalen, kesalahan dalam pembacaan titik ekuivalen menyebabkan data yang hasilkan menjadi tidak akurat.
Dapat disimpulkan bahwa alat peraga merupakan salah satu komponen dalam sumber pembelajaran yang dapat menyebabkan proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien, tetapi dalam penggunaannya diperlukan persiapan yang cukup matang,semoga dengan adanya alat peraga kita dapat meningkatkan mutu pendidikan sekolah kita.Maju terus dunia pendidikan indonesia!!!
 

877 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (5)

  1. Avatar of Sri Nisfia

    Ibu Travenska, sangat inspiratif sekali.. Banyak siswa tidak menyukai pelajaran kimia tapi dengan adanya alat peraga semoga pelajaran menjadi lebih menarik dan menjadi pelajaran yang paling menyenangkan.. Tetap Berkarya, majukan pendidikan Indonesia menjadi pendidikan yang berkualitas.. Kalo bukan kita sebagai guru siapa lagi..

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!