11

Pengendali Lampu Pijar menggunakan Limit Switch (+3)

tutuk jatmiko September 25, 2013

limit_switch
Sobat GURARU, bagaimana kabarnya ? Semoga tetap semangat….

Berikut adalah materi praktikum pengendali mekanik yang diaplikasikan  untuk pengendali lampu penerangan ruangan.Pengendali mekanik sederhana ini menggunakan komponen mekanik yaitu Limit switch.

Limit switch merupakan salah satu jenis saklar yang berfungsi sebagai penyambung dan pemutus arus listrik. Limit switch umumnya digunakan sebagai saklar untuk membatasi gerakan suatu benda. Misalnya pada palang pintu kereta api, pagar, crane, pengangkat barang dan sejenisnya.

saklar4

Bentuk fisik Limit Switch yang digunakan praktikum

saklar3

Skema hubungan kontak

 

Cara kerja limit switch adalah bekerja berdasarkan tekanan atau sentuhan benda kerja. Misalnya pada saat pintu pagar bergeser, pada saat pagar sudah mencapai titik tertentu atau menyentuh batas yang diinginkan akan menekan pelat pemicu yang menyebabkan kontak limit switch membuka.

Perhatikan gambar diatas .

Pada posisi awal, kontak C-B menutup atau disebut kondisi NC (Normally Close) dan kontak C-A terbuka atau NO (Normally Open). Pada saat saklar limit switch mendapat tekanan pada kaitnya, maka kontak C-B akan membuka dan kontak C-A akan menutup.

Contoh aplikasi 1 :

aplikasi 1

Kontak C disambung ke tegangan listrik 220VAc, dan kontak B disambung ke lampu pijar.Pada aplikasi ini, lampu pijar akan menyala jika pada kait tidak ada tekanan. Dan akan padam jika ada tekanan. Contoh aplikasi pada lampu ruangan yaitu lampu akan menyala jika pintu dibuka.Dan lampu akan padam jika pintu ditutup.

 

Contoh aplikasi 2.

aplikasi 2

Kontak C disambung ke tegangan listrik 220VAc, dan kontak A disambung ke lampu pijar.Pada aplikasi ini, lampu pijar akan menyala jika pada kait mendapat tekanan. Contoh aplikasi pada lampu kamar mandi yaitu lampu akan menyala jika pintu ditutup.Dan lampu akan padam jika pintu dibuka.

Contoh pemasangan pada aplikasi 1

11092013456

Pemasangan Limit switch pada kusen pintu

11092013457

Pemasangan Limit switch pada kusen pintu

11092013454

Lampu padam saat pintu ditutup

11092013455

Lampu menyala saat pintu dibuka

Artikel bisa juga dibaca disini

Semoga bermanfaat

Salam Perubahan,

tutuk jatmiko

http://tutukjat.blogspot.com

 

 

 

 

 

 

16,636 total views, 3 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (11)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar