2

Pengembangan Media Ajar Sejarah Berbasis IT (+1)

Rusdi Mustapa May 24, 2017

Salam Guraruers….

Perkembangan teknologi merupakan kebutuhan mutlak yang harus diikuti oleh segenap guru, tak terkecuali penulis yang mengampu mata pelajaran sejarah. Sejarah adalah salah satu mata pelajaran yang menuntut guru untuk kreatif dan inovatif mengemas materi pembelajaran yang menarik, karena seperti telah menjadi rahasia umum bahwa sejarah adalah mata pelajaran yang banyak mengedepankan aspek kognitif. Jika guru sejarah hanya berkutat pada materi semata tanpa memikirkan tampilan yang menarik, maka siswa akan cepat bosan. Sehingga ungkapan bahwa sejarah adalah pelajaran yang “membuat mengantuk”, “banyak hafalan” dan lain sebagainya akan disematkan kepada sejarah. Penulis tentu tidak akan tinggal diam dengan kondisi seperti ini. Karenanya perlu ada terobosan yang revolusioner agar sejarah tidak jadi mata pelajaran yang “dihindari” siswa.

Berdasar pada kenyataan di atas, maka penulis mencoba untuk menampilkan pembelajaran sejarah dengan tampilan yang berbeda, dalam hal ini media pembelajaran sejarah. Pendekatan teknologi dan informasi (IT) menjadi sebuah keniscayaan yang harus diikuti. Kebetulan penulis sering menggunakan media PowerPoint dalam menyampaikan pembelajaran. Tapi jika tampilan media PowerPoint hanya sekedarnya saja, maka siswa juga tidak akan menarik.

Kata kuncinya adalah ” INOVASI”

Ya…inovasi dalam membuat media pembelajaran sejarah yang menarik dan ditunggu-tunggu siswa. Karenanya penulis banyak mencari sumber referensi bagaimana cara membuat media pembelajaran yang interaktif. Bergabung dengan komunitas yang aktif dalam pengembagan media pembelajaran interaktif merupakan langkah strategis yang penulis lakukan agar bisa mendapat pengetahuan baru tentang membuat media pembelajaran interaktif. Sehingga penulis memiliki banyak referensi dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis IT. Penulis bergabung dengan FORMULASI ( Forum Multimedia dan Edukasi ) kota Surakarta dalam upaya mengembangkan diri. Alhamdulillah, banyak ilmu dan pengalaman yang penulis dapatkan selama bergabung bersama FORMULASI.

Berikut diantara media pembelajaran sejarah berbasis IT yang telah penulis kembangkan

1. Media Pembelajaran Sejarah Interaktif Kelas X Materi “Masa Kerajaan Majapahit”

Dibuat dalam format powerpoint yang dikombinasikan dengan IT, terdiri dari video, suara, dan soal latihan interaktif. Juga dilengkapi dengan video interaktif yang dibuat dengan Sparkol.

2. Media Pembelajaran Sejarah Interaktif  dalam format Focusky

3. Media Pembelajaran Sejarah Interaktif  dengan tema “Facebook”

4. Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Android

Demkianlah diantara media pembelajaran sejarah interaktif dengan pendekatan IT. Insha Allah ke depan akan lebih dikembangkan lagi dengan mengombinasikan dengan unsur-unsut IT yang lain. Kesemuanya merupakan ikhtiar penulis agar pembelajaran sejarah bisa lebih menarik dan tentu saja prestasi belajar siswa juga meningkat.

Sekali lagi, teknologi merupakan keniscayaan di era global seperti saat ini. Menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi saat ini merupakan keharusan agar kita (para guru) bisa selangkah lebih maju dan tentu saja semua demi keberhasilan belajar siswa/siswi kita.

Maju terus pendidikan Indonesia..!!

——————————————————–

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

1,292 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar