6

Asyiknya Membuat Media Belajar Sejarah Berbasis Android (+1)

Rusdi Mustapa May 14, 2017

Melek Teknologi, Sebuah Keniscayaan

Guraruer….

Pesatnya  perkembangan  teknologi  pada  saat  ini  sangat  cepat  dan hampir  menyeluruh  di semua  kalangan  dan semua  bidang.  Salah  satu  bidang yang  tidak  dapat  terlepas  dari  teknologi  adalah  bidang  pendidikan. Dengan adanya  perkembangan  teknologi  di  bidang  pendidikan  akan  menjadikan pendidikan  pada  saat  ini  bisa  lebih maju  dan  berkembang  sehingga masyarakat  bisa  hidup  lebih  kreatif  dan  berpendidikan.  Akan  tetapi permasalahan yang sering muncul adalah bagaimana memanfaatkan teknologi yang ada disekitar kita untuk menunjang pendidikan yang ada.

Telepon  genggam  atau  bisa  disebut  dengan  handphone  merupan salah  satu  teknologi  yang  tidak  dapat terlepas  dari  kehidupan  sehari-hari. Selain mudah di dapat, telepon genggam juga mudah digunakan kapan saja, di mana saja dan hampir semua kalangan masyarakat pada saat ini sudah bisa mengoperasikan  telepon  genggam. Pada  saat  ini,  banyak  sekali  telepon genggam  yang  berteknologi  canggih  yang  beredar  pada  masyarakat, mulai dari  yang  berbasis  java,  Symbian,  Blackberry,  Windows phone,  Iphone  dan yang paling populer adalah Android. Maka  dari  itu,  telepon  genggam  merupakan  media  pembelajaran yang sangat efektif bagi masyarakat saat ini.

Media  pembelajaran  yang  memanfaatkan  teknologi  telepon genggam  disebut  dengan  mobile  learning  (m-learning).  Mobile  learning merupakan  salah  satu  alternatif  pengembangan  media  pembelajaran mengunakan smartphone  yang  memungkinkan  untuk melakukan  komunikasi  (seperti  menelpon  atau  sms), juga  di  dalamnya terdapat  fungsi  PDA  (Personal  Digital  Assistant)  dan  berkemampuan  seperti layaknya komputer.

Selain  itu,  suatu  telepon  genggam  dapat  di katakan smartphone  juga  harus  memiliki  sistem  operasi  di dalamnya.  Sistem  operasi pada  saat  ini  yang  sangat  popular  adalah  sistem  operasi  Android.  Banyak sekali vendor  atau  perusahaan-perusahaan  elektronik,  khususnya  dalam bidang telepon genggam yang  membenamkan sistem android pada produk-produk yang dikeluarkannya.  Kebanyakan siswa sekarang ini sudah memiliki perangkat mobile yang bersistem operasi Android dan menggunakannya setiap saat kapan pun dimana pun untuk mengakses media informasi dan sebagainya. Oleh  karena  itu,  sebagai guru sejarah penulis termotivasi untuk mengembangkan media belajar sejarah berbasis android.

Pembelajaran melalui media telepon genggam akan  lebih mudah  dilakukan  di  mana  saja  dan  kapan  saja sehingga  dapat  memotivasi pengguna  untuk  selalu  giat  belajar.  Dengan  adanya  aplikasi  ini,  diharapkan agar pengguna akan lebih terpacu dan bersemangat untuk belajar.  Sebagai guru sejarah, penulis selalu berusaha untuk selalu mengembangkan kompetensi dalam pembelajaran sejarah. Perkembangan teknologi informasi saat ini juga menjadi salah satu hal yang harus diikuti. Salah satunya adalah menyajikan media belajar sejarah berbasis android. Sedikit flash back, teman guru IPA penulis pernah menunjukkan sebuah media pembelajaran berbasis android, sangat menarik dan ingin rasanya bisa membuat sendiri. Namun saat itu baru sebuah keinginan namun bingung harus mulai dari mana.

Mengapa Membuat Media Belajar Sejarah Berbasis Android ?

Telah menjadi kesan umum di kalangan siswa, sejarah dianggap pelajaran yang kurang menarik, membosankan, bahkan dianggap tidak penting.  Hal ini salah satunya di sebabkan oleh penyajian pembelajaran yang dianggap ketinggalan jaman. Sejarah identik dengan ceramah, mencatat dan cerita. Hal inilah yang membuat siswa menjadi kurang antusias mengikuti pembelajaran. Karena itu perlu ditempuh langkah yang revolusioner agar siswa bisa antusias dalam belajar sejarah.

Selain itu perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut kita selaku guru untuk juga ikut berpacu. Salah satunya adalah dengan menguasai kemampuan membuat media pembelajaran yang interaktif. Media belajar berbasis android dewasa ini sudah semakin berkembang. Siswa yang memiliki perangkat android seyogyanya bisa memanfaatkan androidnya untuk belajar. Tidak hanya sekedar untuk chatting, WA nan atau sekedar memutar video atau lagu. Maka, membuat media belajar sejarah berbasis android adalah sebuah kebutuhan.

Untuk mewujudkan media belajar sejarah berbasis android, satu-satunya cara adalah dengan membuat sendiri.

Ya…membuat sendiri !

Lalu bagaimana caranya ?

Padahal penulis tidak memliki pengetahuan tentang cara membuat media belajar berbasis android. Hal inilah yang kemudian membuat penulis kemudian mencari informasi seputar cara membuat media ajar berbasis android. Setelah sekian lama mencari info tersebut, akhirnya muncullah satu nama yang kemudian menjadi solusi bagi penulis untuk bisa membuat media belajar berbasis android, nama itu adalah SAGUSANOV….

SAGUSANOV kepanjangan dari Satu Guru Satu Inovasi, sebuah gerakan yang bertujuan memberikan motivasi bagi guru untuk bisa menghasilkan inovasi berupa media belajar berbasis android. Gerakan ini di inisiasi oleh Abdul Kholiq ( sering di panggil dengan nama Kholiq Sagusanov ), yang memberikan pelatihan daring melalui aplikasi telegram.  Harapannya agar guru-guru Indonesia mau dan mampu membuat media belajar berbasis android. Dalam pelatihan ini peserta akan dibimbing secara intensif, mulai dari mempersiapkan rancangan media belajar berbasis android, membuat script HTML, memasukkan teks-teks, gambar hingga suara. Bimbingan dilakukan secara daring dengan berbekal modul yang sangat aplikatif serta mudah dipahami oleh semua peserta.

Lalu, apa yang penulis dapatkan setelah mengikuti pelatihan ini ?

Wah…banyak sekali, yang jelas pengetahuan serta pengalaman bisa membuat dan menghasilkan media belajar berbasis android yang nantinya bisa di upload ke play store. Keren khan…!!

Untuk membuat media belajar berbasis android ini, menggunakan software Intel XDK dan Bracket.

Nah…di sini akan penulis memaparkan proses pembuatan media belajar sejarah berbasis android yang telah dilakukan.

Langkah Pertama : Membuat Rancangan Media Belajar Android

Dalam kesempatan ini penulis mengangkat materi “Proklamasi Kmerdekaan Indonesia” kelas XI semester genap. Langkah awal adalah membuat rancangan media. Bahan belajar yang digunakan yaitu smartphone. Mengapa ? karena handphone memiliki keterbatasan pada ukuran layar yamg digunakan, untuk mensiasati kekurangan tersebut tampilan pada media mobile learning di desain sedemikian rupa untuk memanfaatkan space layar secara efisien. Adapun rancangan tampilan bahan ajar sejarah berbasis Android disajikan sebagai berikut :

android

Langkah kedua : Membuat Rancangan Halaman Utama

Halaman utama merupakan jendela bagi siswa yang akan memberikan gambaran tentang materi yang akan dipelajari. Berdasar pada rancangan media ajar yang telah dibuat, maka selanjutnya adalah membuat script html untuk halaman utama yang terdiri dari :

1. Judul Aplikasi

2. Menu sub bab yang terdiri dari 3 yaitu Masa Penjajahan Jepang, Akhir Penjajahan Jepang, dan Proses Proklamasi. Di masing-masing menu sub bab juga dilengkapi dengan soal latihan

3. Menu Soal Latihan

4. Menu Daftar Pustaka

5. Menu Profil

Berikut ini adalah  tampilan di halaman utama

halaman utama

Langkah Ketiga : Membuah Tampilan Menu Sub Bab 

Setelah selesai membuat tampilan halaman utama, saatnya membuat sub bab materi yang terdiri dari :

1. Sub bab materi 1 : Masa Penjajahan Jepang beserta soal latihan

2. Sub bab materi 2 : Akhir Penjajahan Jepang beserta soal latihan

3. Sub bab materi 3: Proses Proklamasi beserta soal latihan

Sama di langkah sebelumnya, maka kita perlu membuat script html dari masing-masing sub bab, sebagai berikut :

A. Sub Bab Materi 1. Masa Penjajahan Jepang

script html sub bab materi 1

script jepang

Tampilan yang sudah jadi

script jepang1

script html untuk soal latihan sub bab 1

script jepang2

Tampilan yang sudah jadi

script jepang3

B. Sub Bab Materi 2 : Akhir Kekuasaan Jepang

script html sub bab materi 2

script Jepang4

script jepang5

Script html untuk soal latihan sub bab 2

script jepang6

Tampilan yang sudah jadi

script jepang7

B. Sub Bab Materi 3 : Proses Proklamasi

script html sub bab materi 3 adalah sebagai berikut:

akhir jepang

Tampilan yang sudah jadi

akhir jepang script

Script html untuk soal latihan sub bab 3

script jepang11

Tampilan yang sudah jadi
script jepang12

Langkah Keempat : Membuat Tampilan Soal Latihan 

Soal latihan dibuat dalam bentuk TTS (Teka-teki sejarah) yang dibuat dengan software Eclipse Crossword selanjutnya disimpan dalam format html. Berikut adalah script html untuk soal latihan dalam bentuk TTS.

script jepang 11

script jepang13

Langkah Kelima : Membuat Tampilan Daftar Pustaka 

Script html yang dibuat

script jepang 13

Tampilannya…

script jepang14

Langkah Keenam : Membuat Tampilan Profil

script html untuk profil

script jepang 15

Tampilan yang sudah jadi

script jepang16

Pengin lihat tampilan yang sudah jadi dan terinstall ?

Silahkan lihat di bawah ini….

Bagaimana Pemanfaatannya ??

Agar bisa memanfaatkan media belajar sejarah berbasis Android, penulis meng-upload di GooglePlay. Penulis telah mendaftar sebagai pengembang (developer) di GooglePlay. Selanjutnya media belajar sejarah bisa di download  dan di install di android siswa.

proklamasi

DSCF6857

Dalam pembelajaran di kelas aplikasi belajar sejarah berbasis android ini bisa digunakan sebagai media ajar pendamping. Siswa bisa memanfaatkan untuk lebih mendalami materi yang telah disampaikan guru.  Bisa juga guru menjadikan media ajar ini sebagai referensi bagi siswa untuk menjawab pertanyaan. Yang penulis lakukan agar ada semacam ikatan antara media ajar yang telah dibuat dengan siswa adalah memberikan ulangan harian yang sumbernya dari media ajar sejarah berbasis android.

Rasanya bahagia ketika melihat siswa / siswi menunjukkan di android mereka aplikasi belajar sejarah yang penulis buat. Apalagi mereka bercerita bahwa ada teman dari lain sekolah yang menanyakan “siapa yang membuat media sejarah ini ?” Dengan bangganya siswa/siswi menjawab “Guru sejarahku, pak Rusdi!”. Kebahagiaan tersendiri juga ketika siswa/siswi mulai memanfaatkan media ajar sejarah sebagai salah satu rujukan belajar sejarah. Rasanya inilah “balasan” yang bisa penulis rasakan, mengubah paradigma siswa dalam memanfaatkan android untuk belajar, bukan hanya untuk sekedar bermain. Penulis berharap dengan memanfaatkan media belajar sejarah berbasis android diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa sekaligus memberikan pengalaman yang berbeda dan bermakna kepada siswa.

Maju terus pendidikan Indonesia..!!

——————————————————-

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru

1,168 total views, 4 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (6)

  1. Avatar of Rusdi Mustapa

    Iya pak Mister Nuel, saya sebenarnya juga kurang familiar dengan script, namun karena keinginan yang besar untuk bisa membuat aplikasi sejarah berbasis android, maka semua kerumitan itu saya nikmati saja dengan senang. Bahagia rasanya ketika melihat siswa saya bisa menginstall aplikasi belajar sejarah yang saya buat. rasanya bahagia sekali

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!