3

Pengaruh Penggunaan Handphone Berbasis Android Sebagai Media Presentasi Dalam Pembelajaran (+3)

Deddy Krisyanto May 26, 2017

Pengaruh Penggunaan Handphone Berbasis Android Sebagai Media Presentasi Dalam Pembelajaran

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. Latar Belakang Masalah

Apa yang diinginkan  masyarakat Indonesia terhadap sekolah adalah agar dapat menciptakan generasi yang diharapkan sebagaimana yang menjadi tujuan pendidikan nasional yang tertuang di UU Sisdiknas No.20 Tahun 2003 diantaranya berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Sedangkan  menurut UU No. 14 Tahun 2005 adalah peran seorang guru yang berposisi sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, penilai dan pengevaluasi dari peserta didik. Salah satu hal yang diperhatikan  disini adalah cara guru dalam melakukan proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang semakin lama semakin berkembang.

Perkembangan dan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat. Sehingga  manusia dapat menciptakan alat-alat , sarana dan prasarana serta perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan sehingga dalam kegiatan hidupnya tersedia berbagai kemudahan yang memungkinkan kegiatannya lebih efektif serta efisien.  Dalam  proses  pembelajaran,  seorang  guru  memiliki  peranan penting  demi  tercapainya  kegiatan  pembelajaran  di  sekolah.   Guru  menjadi  ujung  tombak  terciptanya  proses  pembelajaran.  Meskipun  guru  mempunyai  kecerdasan  tanpa  didukung  dengan  media  pembelajaran  yang  baik  maka proses  pembelajaran itu akan menjenuhkan dan kurang menarik minat siswa.

Handphone (Hp) / mobile phone/telepon selular/smartphone sebagai salah satu produk alat telekomunikasi terkini dan ter update di tengah kemajuan era globalisasi teknologi komunikasi dan informasi memiliki fenomena tersendiri bagi dunia pendidikan khususnya bagi guru dan siswa. Kehadirannya yang begitu memberikan kemudahan dan kecanggihan untuk dapat mengakses dan mendapatkan segala informasi lintas dunia dengan sangat cepat, mudah dan murah sering dijadikan merosotnya moral/budi pekerti bangsa. Hal ini mungkin benar adanya, akan tetapi tentu tidak sepenuhnya benar jika ada anggapan/persepsi bahwa kehadiran telepon selular bagi siswa  lebih membawa dampak negatif dari pada positif.

Android awal mula memang di berikan kepada merek yang tidak terlalu terkenal pada waktu dahulu produsen  asal korea yang merupakan pelopor pertama operating system Android. Salah satu pengguna Android pertama kali hingga akhirnya saat ini Android berkembang cepat sekali hingga keluarlah operating system terbaru yang dinamakan Kit Kat. Operating system Android selalu mengambil nama mereka dari makanan, seperti Donut, Eclair, Yogurt, Ice Cream Sandwich, Ginger Bread, dan sekarang Kit Kat.

Memang smartphone akhirnya sangat kita butuhkan sendiri karena keperluan kita pasti akan bertambah dan sudah pasti keadaan sekitar juga pasti akan berkembang. Jadi memang sudah sangat perlu untuk kita memiliki dan menggunakan smartphone.

 

  1. Permasalahan

Berdasarkan situasi di atas, kondisi yang ada saat ini adalah

  1. Pembelajaran yang kurang efektif dan belum fokus terhadap materi yang diberikan
  2. Rendahnya tingkat aktivitas dan partisipasi siswa dalam
  3. Rendahnya tingkat konsentrasi siswa dalam presentasi
  4. Guru belum kreatif dan cenderung mempertahankan tradisi mengajar konvensional serta cenderung mengabaikan integrasi teknologi dalam pembelajaran.

 

  1. Rancangan Pemecahan Masalah

Berdasarkan identifikasi permasalahan di atas, maka perlu dicarikan  segala solusi permasalahan tersebut di atas. Ada banyak inovasi presentasi dalam pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mendorong terciptanya pembelajaran yang berkualitas yang berangkat dari pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Diantaranya adalah pemanfaatan Handphone berbasis Android yang dapat digunakan sebagai media presentasi yang akurat dan efektif sehingga terciptalah sebuah bentuk  pembelajaran yang sangat menarik,.

 

  1. Tujuan
  2. Meningkatkan aktivitas & partisipasi siswa dalam presentasi
  3. Meningkatkan tingkat konsentrasi siswa dalam pembelajaran.
  4. Meningkatkan hasil evaluasi belajar siswa dalam pembelajaran.
  5. Menjadikan guru lebih kreatif dalam membuat presentasi

 

  1. Manfaat

Pemanfaatan HP berbasis Android ini dapat dimanfaatkan di bidang pendidikan dan media ini juga berguna untuk terciptanya:

  1. Meningkatnya aktivitas & partisipasi siswa dalam pembelajaran.
  2. Meningkatnya tingkat konsentrasi siswa dalam pembelajaran.
  3. Meningkatnya hasil evaluasi belajar siswa dalam pembelajaran.
  4. Guru menjadi lebih kreatif dalam membuat presentasi

 

 

 

 

  1. Pembahasan
  2. Media Presentasi Pembelajaran
  3. Media Pembelajaran

Media adalah bentuk jamak dari medium, istilah bahasa latin yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar bisa juga di definisikan sebagai alat, sarana, atau wahana. Dalam dunia pendidikan, biasa disebut media pendidikan atau media pembelajaran. Oemar Hamalik (1980 : 23) menyatakan bahwa media pendidikan atau media pembelajaran adalah alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah.

Menurut Association for Education and Communication Tecnology (AECT), media adalah segala bentuk yang digunakan untuk menyalurkan informasi. Media diartikan sebagai benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca, atau dibicarakan beserta instrumen yang digunakan untuk kegiatan tersebut. Jelasnya media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan dan kemauan siswa sehingga terdorong terjadinya proses belajar pada dirinya. Demikian menurut definisi yang disampaikan oleh National Education Association (NEA) (Arief Sidharta, 2006:5). Sedangkan Software adalah rancangan, instrumen dan bahan cetak lainnya yang diperlukan untuk operasi komputer atau media otomatis (The Contemporary Englih-Indonesia Dictionary, 1988 : 1856).

Dengan demikian, media pembelajaran software dimaksudkan sebagai bahan pembelajaran yang disusun sedemikian rupa  serta disampaikan dengan menggunakan komputer sebagai perangkat kerasnya yang digunakan  untuk menyampaikan materi pelajaran agar siswa dapat belajar dalam suasana yang lebih menarik dan menyenangkan.

 

 

  1. Media presentasi

Media presentasi adalah pesan atau materi yang akan disampaikan dikemas dalam sebuah program komputer dan disajikan melalui perangkat alat saji atau proyektor.biasanya materi yang disajikan berupa teks,gambar,animasi dan video yang digabung dalam kesatuan yang utuh.

Bekat keefektifannya dalam penyajian pesan,maka saat ini media presentasi banyak diaplikasikan untuk keperluan pendidikan dan pembelajaran.Tentu saja ini bukan berarti bahwa media presentasi merupakan media paling cocok untuk semua materi dan topik pembelajaran.

  1. Aplikasi yang digunakan.

Sekarang sudah banyak penggunaan presentasi multimedia.contohnya perangkat lunak software yang digunakan untuk membuat media presentasi dan banyak jenis software yang harus dibeli atau didapat misalnya:program visual basic,makromedia flash, direktor, authorware, dream weaver dan masih banyak lagi. Dari sekian banyaknya  jenis software tersebut, salah satunya biasa digunakan dikalangan pendidik khususnya guru adalah microsoft powerpoint.

  1. Prinsip pengembangan media presentasi untuk pembelajaran.

Beberapa prinsip berikut perlu anda pertimbangkan ketika akan mengembangkan media presentasi:

–          Harus dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan instruksional.

–          Harus diingat bahwa media presentasi berfungsi sebagai alat bantu mengajar.

–          Pengembangan media presentasi seyokyanya mempertimbangkan atau menggunakan secara maksimal segala potensi dan karakteristik yang dimiliki oleh jenis media presentasi itu.

–          Prinsip kebenaran materi dan kemenarikan sajian.Materi yang disajikan harus benar  substansinya dan disajikan secara menarik.

  1. Teknis penulisan naskah pada media presentasi.

Kegiatan yang kita lakukan pada saat menulis naskah media presentasi adalah mengurangi materi-materi pokok sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.Agar materi tersebut dapat dituangkan kedalam media presentasi dengan baik,adapun beberapa teknis yang harus diperhatikan antara lain:

–          Tetukan topik sesuai dengan materi yang disampaikan.

–          Siapkan materi yang sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.

–          Identitas bahan-bahan tersebut untuk diseleksi mana yang sesuai dengan karakteristik media presentsi.

–          Tuangkanlah pesan-pesan yang akan disajikan dalam bentuk teks(kata-kata), gambar, animasi dan lain-lain.

–          Pastikan bahwa materi yang ditulis telah cukup lengkap,jelas dan mudah dipahami oleh peserta.

–          Sajikan isi materi secara berurut dan sistematis agar mempermudah penyajian dan pesan mudah dipahami.

 

Ada 2 pemanfaatan HP berbasis Andoid : 1) HP tersebut bisa rnenjadi Remote pengendali Laptop yang terhubung dengan focus / LCD Projector dengan Teknologi Teamviever 2) Presentasi tanpa menggunakan laptop dengan memanfaatkan teknologi Ezcast

  • Teknologi Teamviewer

Teknologi ini bisa di dapat dengan mengunduh gratis di Internet untuk software PC / Laptop, serta Playstore untuk Smartphone. dan Kegunaannya adalah mempermudah presentasi dengan membawa Smartphone kita sebagai remote control mengendalikan Laptop / PC yang terpasang dengan Infocus / LCD Projector  yang sedang aktif . Kita tidak perlu pakai operator lagi untuk membantu presentasi kita, itu dikarenakan kita bisa mengendalikan Laptop / PC kita pada jarak jauh ( maks. 15 m ).

 

 

 

team

Gambar 1. HP dapat mengendalikan Laptop / PC kita pada jarak yg cukup jauh

2)             Teknologi Ezcast

Untuk teknologi yang satu ini, yaitu layar ponsel kita muncul di layar Infocus / LCD Projector sehingga fitur – fitur di HP kita terlihat jelas pada layar. Sehingga memunculkan ide – ide dan gagasan untuk menyajikan materi yang akan disampaikan.   Gambar – gambar penggunaan teknologi Ezcast dalam kegiatan pembelajaran :

 

14224776_10205430261714342_5456113730252931273_n

Gambar 2. Bu Herawati, S.Pd, guru IPS SMP N 17 Depok presentasi materi IPS kelas 7

 

14212591_10205444907760484_1121475987267588882_n

 

 

 

Gambar 3. Siswa kelas IX SMP N 17 Depok dengan bersemangat dan bereksplorasi melakukan presentasi materi IPA – Biologi  kelas 9

 

14364630_10205482210253023_465341150194417397_n

Gambar 3. Desiminasi MGMP IPA Depok bulan september 2016 tentang Sosialisasi pemanfaatan Smartphone sebagai media presentasi di SMP N 19 Depok

Pada gambar – gambar tersebut baik guru maupun siswa sangat menikmati dan memanfaatkan teknologi presentasi ini dengan sebaik – baiknya. Media yang mereka gunakan sangat nyaman dan mudah digunakan serta memiliki manfaat yang cukup besar dan luar biasa dalam proses kegiatan Pembelajaran.

Media presentasi inilah yang terus dikembangkan dan digunakan di beberapa sekolah kami, di depok , jawa barat. Sehingga pembelajaran menjadi lebih asyik dan menyenangkan. Selain itu media tersebut bisa digunakan sebagai Quiz interaktif dan evaluasi pembelajaran.

 

  1. Masalah Dan Hambatan Dalam Penggunaan Media Presentasi Selular

Teknologi Smartphone   membawa  banyak manfaat yang luar biasa khususnya dunia informasi,  kehadiran Smartphone juga dapat  membawa                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               negatif.  Khususnya penggunaan Internet,  penyebaran  informasi  yang  tidak mungkin  terkendalikan  telah  membuka  akses  terhadap  informasi  yang  tidak bermanfaat  dan  merusak  moral.  Oleh karena,  penyiapan  etika  siswa  juga  perlu dilakukan. Masalah  lain  yang  muncul terkait  tidak seimbangnya  akses  .  Hal  ini  akan  menjadikan kesenjangan digital (digital divide) semakin lebar antara siswa atau sekolah dengan dukungan sumberdaya yang kuat dengan siswa atau sekolah dengan sumberdaya yang terbatas.

Masalah  lain  yang  muncul  adalah penggunaan HP lebih ke aplikasi sosial media.Banyak siswa – siswa yang lebih menyukai facebook, whatts app , twitter dan lainnya ketimbang aplikasi ke arah pendidikan. Untuk itu kita sebagai guru berupaya keras untuk mengarahkan siswa – siswa kita memanfaatkan HP sebagai salah satu sumber belajar serta sebagai media presentasi yang menyenangkan.

 

  1. Solusi untuk mengatasi masalah penggunaan HP bagi pelajar
  2. Profesionalisme guru di dalam pembelajaran

Profesionalitas guru merupakan kunci dalam proses pembelajaran. Ini dikarenakan kemampuan dan kecerdasan guru dalam mengelola kelas serta menyampaikan materi-materi pembelajaran dengan menggunakan teknik-teknik, metode dan strategi sehingga pembelajaran tidak membosankan dan monoton sehingga pelajar menjadi bersemangat dan bersungguh – sungguh dalam mengikuti materi-materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Dengan demikian, dapat meningkatkan prestasi belajar pelajar.

  1. Adanya pelarangan penggunaan handphone pada jam – jam tertentu

Pelarangan pemakaian handphone pada saat proses belajar mengajar sedang berlangsung sangatlah efektif karena pelajar tidak dapat dengan leluasa tukar menukar jawaban bilamana guru memberikan quiz  pelajar mempunyai kesadaran untuk meningkatkan kualitas dirinya melalui proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Penggunaan Handphone dalam kegiatan pembelajaran di kelas bisa dilakukan atas kesepakatan bahwa HP yang di gunakan untuk kesuksesan dan ketercapaian materi di kelas.

 

  1. Peran serta orang tua dan masyarakat

Kepedulian orang tua dan masyarakat pada aktivitas anak-anaknya di luar lingkungan sekolah sangat memengaruhi pembentukan mentalitas anak. Hal ini perlu dicermati karena keberadaan anak di lingkungan sekolah. Sehubungan dengan itu, perlu kiranya di jalin hubungan kerjasama yang harmonis dengan pihak keluarga dan masyarakat sekitar sehingga pelajar dengan penuh kesadaran tidak mengakses gambar-gambar yang berbau pornografi yang akhirnya dapat merusak mentalitas dari pelajar tersebut.

  1. Kesadaran dari setiap pelajar

Timbulnya kesadaran dari setiap pelajar untuk memiliki handphone untuk hal-hal yang bersifat positif bukan untuk berlomba-lomba memiliki handphone yang bermerk demi meningkatkan status sosial pelajar sehingga timbul hal-hal yang tidak diinginakan seperti pencurian handphone di lingkungan sekolah yang dapat meresahkan lingkungan sekolah dan pelajar itu sendiri.

  1. Pengetahuan pelajar tentang efek penggunaan handphone

Adanya pengetahuan pelajar mengenai efek penggunaan handphone sangat membantu setiap pelajar dalam menggunakan handphone. Hal ini dikarenakan semakin sering pelajar menggunakan handphone untuk hal-hal yang kurang bermanfaat maka radiasi yang dipancarkan oleh handphone ke dalam tubuh semakin meningkat dan dapat menyebabkan perubahan-perubahan pada tubuh mulai dari tingkat molekuler, susunan atom-atomnya bahkan sampai pada perubahan sistem yang ada pada tubuh seperti sistem hormonal, enzim dan metabolism tubuh sampai perubahan struktur DNA. Untuk tingkat molekuler misalnya dapat menimbulkan gangguan pada sistem syaraf pusat, gangguan pada pengaturan fungsi kelenjar buntu oleh syaraf dan perubahan permeabilitas pembuluh darah yang pada akhirnya memengaruhi kesehatan dan berdampak pada prestasi belajar pelajar.

  1. Kami guru – guru depok membuat komunitas GUKETIK

GUKETIK disini kepanjangan dari Guru Kreatif  TIK.. Gerakan ini muncul dikarenakan keperdulian kita yang menginginkan agar guru dan siswa dapat memanfaatkan teknologi IT, khususnya dalam dunia pendidikan.  Saya beserta rekan – rekan guru yang peduli akan pendidikan berbasis IT merintis gerakan ini mulai pertengahan tahun 2016. Berikut ini adalah visi dan misi kami :

Visi GUKETIK

  • Guru Kreatif adalah gerakan. Usaha untuk mengajak para guru untuk kreatif dalam perannya memajukan pengajaran dan pendidikan di Indonesia.
  • Bercita-cita untuk terlibat secara aktif, kreatif dan inovatif bersama berkarya membuat inovasi mengajar dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.
  • Indonesi akan dipenuhi oleh guru-guru yang kreatif dan memiliki dedikasi tinggi untuk setulus hati memajuakan generasi bangsa melalui pengajaran yang

berkualitas.

Misi GUKETIK

  • Menciptakan dampak yang berkelanjutan dari guru-guru yang kreatif melalui karyakarya inovatif di bidang pendidikan.
  • Membangun jejaring guru kreatif dan inovatif yang memiliki keterampilan dan

dedikasi yang tinggi di bidang pengajaran inovatif.

  • Membangun gerakan sosial pendidikan melalui kiprah guru untuk pendidikan di Indonesia.
  • Menghimpun, melatih dan memfasilitasi guru-guru kreatif dalam mengembangakan diri dan berkarya. Melejitkan potensi sebagai guru kreatif dan menggerakkan perubahan di tempatnya mengajar.

Tim Kerja

  • Konsorsium Gerakan Guru Kreatif
  • Founder dan Co Founder
  • Taufik
  • Subhan
  • Ali Wartadinata
  • Deddy Krisyanto
  • Rudi Malau
  • Rahma Dzaelani
  • Project Eksekutif
  • Erwin Setiawan

Berikut ini adalah contoh – contoh bentuk gerakan GUKETIK :

 

guketik2

Gambar 5. Undangan Workshop gratis untuk pembuatan kuis dan media pembelajaran

iklan guketik1

Gambar 6. Undangan Workshop gratis optimalisasi smartphone untuk pembuatan kuis dan media pembelajaran

 

  1. Kesimpulan dan Harapan

Kesimpulannya dengan media pembelajaran berbasis android di harapkan guru dan siswa dapat memanfaatkan teknologi selular dengan baik dan tepat guna sesuai apa yang di harapkan. Guru dan siswa hendaknya saling kooperatif dan bekerja sama bahu  membahu untuk menciptakan suatu pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan dengan berbasis Teknologi Informasi ( PAKEMATIK )..

Harapan kami dengan adanya gerakan GUKETIK nantinya akan membawa dampak yang lebih positif tentang kemajuan pendidikan berbasis IT di Indonesia. Serta memunculkan inovasi – inovasi terbaru tentang media, metode, model pembelajaran yang sangat kita perlukan untuk Pendidikan di Indonesia ini ke arah yang lebih baik lagi.

Pembangunan teknologi IT di Indonesia di harapkan ada pemerataan dan percepatan dari sabang sampai merauke, sehingga masyarakat Indonesia dapat menikmati dan merasakan kemajuan teknologi IT terebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

Hamalik, Oemar. 1980. Media Pendidikan. Bandung: Transito Alumni.

Sidharta, Arief. 2006. Media Pembelajaran. Depdiknas Dirjen PMPTK PPPG IPA.

http://p3laj4r.blogspot.com/2012/04/dampak-handphone-terhadap-prestasi.html

http://teknologi-mu.blogspot.com/2012/09/sejarah-handphone-dan-perkembang     annya.html

http://www.anneahira.com/sejarah-handphone.htm

7,159 total views, 16 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (3)

  1. salam kenal mas Dedy,
    melihat gambar awalnya sy kira ini artikel mas Taufiq Ibrahim, beliau guraru tulen heeeeeee……
    lihat atrikel di dalamnya juga ada mas Subhan heeee… beliau juga guraru tulen heeeeeeee……

    pingin juga melakukan Smart Phone untuk media presentasi mas … semoga bisa menular ilmunya

    artikelnya sudah sy VOTE UP
    semoga sukses mas Dedy
    bisa lihat juga inovasi pembelajaran berikut ini
    http://guraru.org/guru-berbagi/peningkatan-motivasi-belajar-siswa-saat-liburan-dengan-game-bom-whatsapp/?replytocom=43267#respond

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar