31

Pengalaman Luar Biasa Dalam Membuat Digibook (+9)

Bu Etna @gurutematik June 17, 2014

Alhamdulillah diklat IT online angkatan I untuk membuat media pembelajaran terpadu telah selesai. Ternyata proses pembuatannya tak sulit dan hasilnya menakjubkan. Insya Allah secara bertahap semua guru akan melek IT dan memanfaatkan fasilitas software yang sesuai untuk melayani bangsa di era digital ini. Sungguh sayang sekali apabila IT yang telah berkembang demikian canggihnya tak dimanfaatkan dengan optimal. Melalui pemanfaatan IT terkini, Insya Allah hasil layanan bangsa sesuai dengan tuntutan keadaan pasar dunia.

Salah satu tugas diklat IT, membuat bahan ajar Digibook (Digital Book). Terus terang hampir seluruh proses pembuatan digibook ini baru bagi saya. Langkah-langkah penting yang diperlukan sama sekali belum pernah saya lakukan. Katakanlah saya belajar di diklat ini mulai dari nol. Saya harus merancang jadwal diklat pribadi dengan baik, agar sebelum deadline tugas demi tugas dapat saya selesaikan. Saya harus mandiri, tak bertanya kepada siapa pun, hanya fokus pada semua fasilitas yang tersedia. Fasilitas ini luar biasa, lengkap dan amat jelas panduannya. Ada modul, video tutorial, dan software “Flipbook Maker Pro”. Selain itu, kita dapat diskusi dengan teman-teman peserta diklat dan fasilitator. Kalau saya bertanya kepada guru pandai IT yang bukan peserta diklat, tentulah di akhir diklat saya tak dapat membanggakan hasil karya. Apalagi kalau guru tersebut dengan mudah dan cepatnya membuatkan kita. Tidak, saya tak melakukan itu. Alhamdulillah, saya telah berhasil membuat seluruh tugas terpadu dengan baik. Subhanallah, diklat ini telah membuat saya makin melek IT dan memperoleh pengalaman yang luar biasa hanya dalam 12 hari.

Digibook harus menarik agar siswa lebih menyukainya dibanding membaca buku. Kemasan digibook minimal harus ada teks, gambar, animasi, audio, dan video. Software telah menyediakan berbagai fitur dan mengoperasikannya juga mudah. Kita tinggal memilihnya satu demi satu dan menerapkan pada digibook kita. Karena hal ini baru, terlebih dahulu saya harus membaca panduan dari modul dan video tutorial.

Pertama menyiapkan bahan ajar, cover, gambar, animasi, audio, dan video. Sofware juga menyiapkan animasi. Kedua mengubah format file menjadi PDF. Ternyata mudah, hanya Save As ke PDF saja, hehehe. Bagi pemula hal ini amat menyenangkan. Kita download software “Flipbook Maker Pro”, install ke komputer dan buka. Berikut tampilannya.

32 (2)

Kita buka dokumen PDF, import ke Flipbook maker pro, pilih “Auto” kemudian klik OK.

digibook 02

Dokumen PDF akan tampak di Flipbook melalui “Add File”. Halaman dokumen harus diurutkan. Geser Page PDF jika ingin dipindahkan.

digibook 03

digibook 04

Klik “Page Edit”. Di dalam “Page Edit” terdapat fasilitas element, clipart, dan effect. Misalnya untuk element, saya pilih add text, image, (video) youtube, dan audio. Kita add satu demi satu pada halaman yang sudah ditentukan.

digibook 05

Fasilitas Page edit “Clipart” terdiri atas beberapa kategori yang berisi gambar animasi maupun gambar biasa. Kita tinggal memilih sesuai keinginan.

digibook 06

Fasilitas Page Edit “Effect” juga terdiri dari beberapa effect. Misal saya memilih gelembung-gelembung udara, hujan air (gambar pertama).

digibook 07

Sekarang kita dapat mendesain digibook. Ketika “Design” diklik, tampak beberapa pilihan. “Advanced Setting” untuk melakukan setting pada digital book. Dalam “Advanced Setting” terdapat 2 fasilitas “Style dan Language”. “Style” memiliki beberapa macam pilihan setting sehingga tampilan digibook makin bagus. Setelah setting selesai, kita pilih bahasa.

digibook 12

Alhamdulillah, selesailah sudah digibooknya. Sekarang kita mempublishnya dengan klik “publish”. Terdapat 5 pilihan output publish, meliputi format HTML, EXE, ZIP, APP dan ScreenSaver. Saya memilih format EXE dan klik “Start”.

digibook 10

Ketika publish berhasil, munculah kata-kata seperti pada gambar berikut. Sebaiknya untuk pertama membuat digibook, animasi dll secukupnya saja, agar saat publish tidak terlalu lama. Digibook yang saya buat ini terdiri atas 32 halaman, sebab sekaligus satu bab yang cukup besar. Banyak sekali gambar dan box. Video 2, animasi beberapa.

digibook 11

Sungguh luar biasa hasil digibooknya. Insya Allah saya akan membuatnya lagi, agar pembelajaran makin menarik. Berikut ini digibook saya sebagai salah satu tugas diklat online angkatan I.

digibook 13

digibook 14

arah Download Digibook karya saya, DISINI

Alhamdulillah banyak variasi menarik yang telah saya terapkan ke digibook ini. Video pembelajaran saya letakkan pada halaman pengantar setelah cover. Insya Allah digibook ini bermanfaat dan menginspirasi.

52,651 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (31)

  1. Terimakasih ibu atas sharing pengalamannya. Ibu sangat luar biasa dan sangatlah pantas untuk diteladani, dijadikan contoh. Mudah-mudahan apa yang didapatkan selama diklat dapat memberikan edit value terhadap peningkatan kompetensi guru dan sangat diharapkan untuk dikembangkan. Semoga menjadi motivasi buat kita semua bahwa jika kita memiliki kemauan, niat dan tekat mau maju dan belajar maka semuanya akan terasa mudah. Tidak ada yang sulit jika kita mau belajar dan memulai.

    Saya berikan Vote +1 dan salam hormat bu.

  2. Amin ya rabbal alamin. Terima kasih banyak atas bimbingan bpk yg total dlm diklat online ini. Insya Allah saya dpt mengembangkn dan memanfaatkannya utk melayani generasi penerus yg bgt antusias meraih cita2nya. Semoga membawa berkah. Amin. Salam perjuangan.

  3. Terimakasih Bunda kami semua perlu belajar, sekali lagi sangat berterimaksih atas mutivasi bunda saya menjadikan GURARU ini tempat untuk belajar dan juga terimakasih kepada pak sukani,tapi maaf kalau di pelosok perlu gocek guru untuk yiapan LCD PROYEKTOR apalagi kaseknya nya tak mut bu …….aduh saya jadi malu awalnya tapi tak apalah mungkin sebagai perjuangan , malah bingung mau mutasi……… karena saya di rasani terlalu……….

  4. Terima kasih responnya pak Saleh. Sabarlah pak, tugas guru itu mulia, kita terus belajar untuk layani anak bangsa secara optimal. Saya pernah mengalami seperti yg bpk alami, namun saya tetap berjuang dengan anak-anak. Saya tak pernah lagi cerita tentang peningkatan pembelajaran yg dianggap ideal atau terlalu … hingga saya menang beberapa lomba inovasi dan menjadi instruktur. Nah barulah semua memerlukannya dan menerapkannya, alhamdulillah. Salam perjuangan.

  5. Amin ya rabbal alamin. Thx pak Rasyid atas responnya. Bpk turut diklat ini kan? Angkatan ke 3 ya? Bpk bisa belajar bertahap, wkt 12 hari itu cukup kok pak. Ya seadanya materi yg kita miliki saja. Insya Allah dpt digunakan. Semoga contoh ini bermanfaat. Halaman sedikit gpp kok, misal 4 hal. Salam takzim.

  6. Alhamdulillah pak Rasyid, saya senang mendengarnya. Laksanakan pak, Insya Allah walau usia tinggal setegak, mgkn semangat juang kita ini dpt menginspirasi bangsa. Senyampang bln suci Ramadhan adalah puncak pendidikan terpenting dlm hdp kita. Amin. Salam perjuangan.

  7. sepertinya sy terakhir menulis sekitar 2 bulan lalu….kangen dengan artikel-artikel di guraru bu…apalagi baca artikel-artikel bu Etna yg bagus2…… baru sempat buka guraru lagi… 🙂

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar